ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tablet

Apple iPad Mini Gen 7 Resmi Dirilis, Kini Dukung Fitur Apple Intelligence

Apple iPad Mini Gen 7 Resmi Dirilis, Kini Dukung Fitur Apple Intelligence

Gadgetren – Apple telah merilis iPad mini generasi ke-7 yang ditenagai chipset A17 Pro dan hadir dalam warna biru, ungu, starlight, serta abu-abu.

Soal harganya, tablet ini dibanderol mulai dengan harga $499 untuk model Wi-Fi atau setara Rp7,7 jutaan dan seharga $649 untuk model Wi-Fi + Seluler atau setara Rp10 jutaan. iPad mini baru ini hadir dengan penyimpanan terendah 128 GB yang mana dua kali lipat penyimpanan generasi sebelumnya. Selain itu juga tersedia dalam konfigurasi 256 GB dan 512 GB.

iPad mini Gen 7 juga dapat dibeli dengan Apple Pencil (USB-C) tersedia dengan harga $79 atau Rp1,2 jutaan. Bicara mengenai hardware, iPad mini Gen 7 menggunakan chipset A17 Pro yang disebut dapat menghadirkan kinerja performa ngebut dan efisiensi daya.

Chipset A17 Pro menggunakan CPU 6 core yang menawarkan peningkatan kinerja CPU sebesar 30%. Kemudian juga dibekali GPU 5 core yang menghadirkan peningkatan 25% dibandingkan generasi sebelumnya. Chipset-nya juga didukung kekuatan Neural Engine 16-core untuk memberikan kemampuan akselerasi AI.

Tablet ini menunjang pekerjaan beragam kalangan profesi seperti desainer, pilot, dokter, dan masih banyak lagi termasuk pengguna dapat mengedit foto, menggunakan aplikasi AR yang imersif, dan lainnya.

Selain itu untuk menjalankan aplikasi game, iPad mini Gen 7 dapat memainkan game play yang sinematik dan realistik dengan ray tracing yang dipercepat oleh hardware sebanyak 4x lebih cepat dari ray tracing berbasis software.

 Apple-iPad-mini-Gen-7-game

Dengan kekuatan chipset A17 Pro, iPad mini Gen 7 juga mendapat dukungan fitur Apple Intelligence yang terhubung ke iPadOS 18 untuk menghadirkan model generatif buatan Apple yang dapat memahami dan membuat bahasa serta gambar, akselerasi tugas-tugas di aplikasi, dan lainnya.

Apple Intelligence disebut mampu memberikan pengalaman yang baru dan intuitif, serta mudah digunakan untuk pengguna yang dirancang khusus untuk membantu dan memudahkan pekerjaan pengguna.

Adapun fitur-fitur Apple Intelligence yang hadir dalam iPad mini Gen 7 mulai dari Writing Tools untuk menyempurnakan kata-kata mereka dengan menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks melalui Mail, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Disamping itu juga tersedia Siri yang tampil dengan desain baru dengan cahaya bersinar yang menyelimuti tepi layar saat aktif di iPad. Lalu pada aplikasi galeri, pengguna dapat menggunakan alat khusus untuk mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto tanpa mengubah subjek secara tidak sengaja.

 Apple-iPad-mini-Gen-7

Selain fitur di atas ada juga fitur-fitur Apple Intelligence tambahan yang kabarnya akan diluncurkan selama beberapa bulan ke depan, termasuk Image Playground yang memungkinkan pengguna dapat membuat gambar-gambar yang menyenangkan.

Selanjutnya ada Image Wand yang menjadi alat baru dalam palet Apple Pencil yang dapat mengubah sketsa kasar menjadi gambar yang halus. Lalu ada kemampuan membuat Genmoji asli hanya dengan mengetik deskripsi atau dengan memilih foto teman atau anggota keluarga.

Berikutnya Siri akan terintegrasi dengan ChatGPT yang memungkinkan pengguna dapat mengakses ChatGPT secara gratis tanpa membuat akun dan kebijakan penggunaan data ChatGPT berlaku bagi mereka yang memilih untuk menghubungkan akun mereka.

Untuk fotografi, iPad mini Gen menyediakan kamera belakang sudut lebar 12MP yang dilengkapi dengan Smart HDR 4 untuk menghadirkan foto menjadi lebih detail dan jelas.

 Apple-iPad-mini-Gen-7-S-Pen.

Di kamera depan tersedia lensa sudut lebar 12MP dalam orientasi portrait dengan dukungan Center Stage yang dapat memberikan panggilan video maupun video telekonferensi fokus pada wajah pengguna.

iPad mini Gen 7 juga mendukung Wi-Fi 6E yang memberikan kinerja hingga dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Sedangkan untuk model Wi-Fi + Seluler dengan 5G memungkinkan pengguna dapat mengakses file mereka, berkomunikasi dengan rekan, dan mencadangkan data mereka dengan cepat saat bepergian.

Model seluler iPad mini Gen 7 dapat diaktifkan dengan eSIM untuk pilihan lain tanpa kartu SIM fisik yang lebih aman sehingga pengguna dapat dengan cepat menghubungkan dan mentransfer paket yang ada secara digital, dan menyimpan beberapa paket seluler pada satu perangkat.

Terakhir, iPad mini Gen 7 juga menyediakan dukungan port USB-C yang disebut memiliki kecepatan hingga 2x dari generasi sebelumnya sehingga pengguna dapat transfer data hingga 10Gbps.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar