ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Ini 8 Fitur Baru di iOS 18 yang Sudah Resmi Tersedia

Ini 8 Fitur Baru di iOS 18 yang Sudah Resmi Tersedia

Gadgetren – Akhirnya Apple telah merilis pembaruan iOS 18 yang mendukung perangkat iPhone terbaru dan juga lawas meliputi iPhone SE generasi kedua, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, seri iPhone 11, seri iPhone 12, seri iPhone 13, seri iPhone 14, serta seri iPhone 15.

Dalam keterangan resminya, Apple pun telah mengungkap fitur-fitur baru yang dapat dinikmati pengguna pada pembaruan iOS 18 mulai dari desain baru, bisa rekam dan buat transkrip telepon, aplikasi password baru, hingga Apple Intelligence.

Khusus untuk fitur-fitur Apple Intelligence sesuai dengan pengumuman Apple pada Apple Event kemarin dikabarkan baru akan hadir melalui pembaruan versi beta iOS 18.1 pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Lebih jauh, mengenai fungsi dari masing-masing fitur-fitur yang kini telah hadir di iOS 18 pada perangkat Apple yang mendukung bisa kamu simak melalui penjelasan secara detail di bawah ini:

Desain Baru

Fitur Baru iOS 18 - Apple UIDi iOS 18, pengguna dapat mengubah dan mengatur tampilan Layar Utama seperti ikon aplikasi dan widget, layar terkunci dan pusat kontrol atau control center. Di Layar Utama, pengguna dapat menempatkan ikon aplikasi dan widget untuk membingkai wallpaper atau membuat tata letak yang ideal di setiap halaman.

Kemudian juga dapat mengatur ikon aplikasi ditampilkan dengan suasana atau warna yang terang, gelap, atau bahkan dengan semburat warna serta ikon aplikasi dapat diatur menjadi tampak lebih besar untuk tampilan yang lebih ramping.

Aplikasi Photos dengan Tampilan Baru

Fitur Baru iOS 18 - Photos

Pada aplikasi Photos pengguna dapat mengakses semua kenangan dalam tata letak yang lebih sederhana melalui menu kategorisasi sehingga mudah untuk ditemukan. Setiap kenangan dapat pengguna rangkum melalui folder koleksi atau kategori seperti momen yang paling baru, orang, hewan peliharaan, perjalanan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Messages Kini Bisa Kirim Pesan RCS

 Aplikasi-Messages-iOS-18Saat mengirim pesan ke kontak yang tidak memiliki perangkat Apple, aplikasi Messages di iOS 18 sekarang mendukung RCS dan pengiriman pesan grup yang disebut lebih andal dibandingkan dengan SMS dan MMS.

Selain itu ketika koneksi seluler dan Wi-Fi tidak tersedia, aplikasi Messages kini bisa menggunakan via satelit untuk terhubung agar pengguna dapat mengirim dan menerima teks, emoji, dan Tapbacks melalui iMessage dan SMS.

Aplikasi Messages di iOS 18 juga menawarkan opsi baru pemformatan seperti cetak tebal, miring, garis bawah, dan coretan yang memungkinkan mereka dapat menyampaikan maksud pesan lebih sesuai konteks. Tersedia pula efek teks, emoji dan stiker Tapbacks baru untuk mengisi percakapan lebih menarik serta pengguna dapat membuat iMessage untuk disetel dikirim nanti.

Bisa Rekam dan Buat Transkrip Telepon

Aplikasi Telepon di iOS 18 kini dapat merekam dan menyalin panggilan langsung sehingga memudahkan pengguna mengingat detail penting dari panggilan telepon sebelumnya.

Saat telepon berlangsung, lawan bicara dalam panggilan akan diberi tahu sebelum rekaman dimulai dan transkrip disimpan dengan mudah ke aplikasi Catatan atau Notes sehingga pengguna dapat dengan cepat mencari dan meninjau apa yang dibahas.

Aplikasi Mail bisa Bikin Kategori dengan Pintar

Fitur Baru iOS 18 - MailPembaruan Mail di iOS 18 sendiri akan tersedia akhir tahun yang menawarkan tampilan baru dalam kategori agar pengguna dapat melihat pesan email yang penting. Kategori utama merupakan pesan yang baru masuk sehingga pengguna dapat tetap fokus.

Mail juga akan menyediakan kategori lainnya berupa Transaksi, Pembaruan, dan Promosi, semua dikelompokkan berdasarkan pengirim dalam tampilan ringkasan baru yang menyatukan semua email relevan dari suatu bisnis sehingga pengguna dapat dengan cepat memindai apa yang penting saat itu.

Browsing Bebas Distraksi di Safari

Fitur Baru iOS 18 - Safari

Browser Safari menawarkan kemampuan lebih cerdas dari sebelumnya. Pengguna dapat menikmati sorotan cerdas yang menampilkan informasi penting seperti alamat lokasi, ringkasan, atau informasi lebih lanjut tentang film, acara TV, atau lagu.

Selain itu, Reader didesain ulang agar pengguna dapat menikmati artikel dengan tampilan yang lebih ramping, ringkasan, dan daftar isi untuk artikel yang lebih panjang.

Di Safari iOS 18, pengguna juga dapat menggunakan fitur baru Distraction Control yang dapat menyembunyikan item di halaman web yang mungkin mereka anggap mengganggu penjelajahan mereka seperti banner iklan maupun konten-konten di dalam situs web.

Aplikasi Password Baru

Fitur Baru iOS 18 - Passwords

Dibangun di atas fondasi Keychain, aplikasi Passwords memudahkan pengguna mengakses kata sandi mereka dan melihat semua kredensial mereka di dalam satu tempat seperti kata sandi, kode sandi, dan kode verifikasi.

Apple menyebutkan aplikasi Passwords didukung enkripsi end to end yang sangat aman sehingga pengguna dapat menghubungkan dengan lancar di seluruh perangkat. Aplikasi ini juga dapat memberitahu pengguna ketika kata sandi dapat dengan mudah ditebak, telah digunakan beberapa kali, atau muncul dalam kebocoran data yang diketahui.

Aplikasi Bisa Dikunci

Fitur Baru iOS 18 - Privacy

Kini di iOS 18, pengguna dapat mengunci atau menyembunyikan aplikasi dan notifikasi mereka agar tidak bisa diakses oleh orang lain yang secara tidak sengaja maupun sengaja yang sedang mencoba masuk ke dalam tampilan iOS 18.

Sebagai contoh saat aplikasi pesan atau email dikunci atau disembunyikan, konten di dalam pesan atau email disembunyikan dari pencarian, notifikasi, dan tempat lain di seluruh sistem.

Apple Intelligence

 Apple-Intelligence-tampilan-antarmuka

Terakhir untuk Apple Intelligence, meskipun sudah terintegrasi ke dalam iOS 18, fitur-fiturnya baru akan tersedia bulan Oktober 2024 pada versi iOS 18.1. Hal ini dikarenakan Apple perlu mempersiapkan sistem yang kuat untuk dukungan iOS 18.1 di perangkat yang mendukung salah satunya seri iPhone 16, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Fitur-fitur Apple Intelligence yang akan hadir pada seri iPhone 16, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max sangat beragam. Namun yang menjadi sorotan ialah Writing Tools atau Alat Menulis yang dapat membantu pengguna merangkai kalimat dengan mudah dan cepat di aplikasi Mail, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Di aplikasi Photos, Apple Intelligence juga akan menyediakan fitur Memories yang memungkinkan pengguna bisa membuat film yang ingin mereka lihat hanya dengan mengetik deskripsi. Selain itu, dengan AI generatif dapat digunakan untuk mencari foto tertentu dan video.

Selanjutnya akan tersedia alat Clean Up yang dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto. Di aplikasi Notes dan Phone, pengguna dapat merekam, menyalin, dan meringkas audio.

Tak ketinggalan dukungan Siri juga akan tersedia dengan tampilan baru dan kinerja lebih intuitif. Dengan Siri di iOS 18.1 pengguna dapat mengetik ke Siri kapan saja di iPhone dan dapat beralih dengan lancar antara teks dan suara saat mereka menggunakan Siri untuk mempercepat tugas sehari-hari.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar