ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 Pro 5G, Ponsel Tangguh untuk Beraktivitas!

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 Pro 5G - Header

Gadgetren – Selain versi standar yang tersedia dengan harga lebih terjangkau, OPPO Reno12 Pro 5G juga turut diluncurkan di Indonesia. Perangkat jagoan baru besutan OPPO ini membawa spesifikasi yang lebih menarik.

Dengan spesifikasi yang lebih menarik, OPPO Reno12 Pro 5G tentunya dapat menjadi pilihan pas untuk menemani beragam aktivitas. Perangkat tersebut bakalan cocok buat mereka yang memerlukan ponsel untuk sekadar menikmati hiburan hingga bekerja.

Banderol harganya memang lebih mahal di mana mencapai Rp8.999.000. Namun dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang diusungnya, perangkat OPPO Reno12 Pro 5G tetap layak untuk dipertimbangkan oleh para pengguna.

Kelebihan OPPO Reno12 Pro 5G

1. Keandalan Pemakaian Tinggi

OPPO Reno12 Pro 5G bahkan bisa menjadi pilihan ideal bagi mereka yang memerlukan sebuah ponsel dengan keandalan tinggi. Perangkat tersebut mempunyai bodi yang tangguh untuk berbagai kondisi pemakaian.

Dalam hal ini, OPPO Reno12 Pro 5G secara khusus dirancang dengan ketahanan tinggi terhadap tekanan, penuaan, hingga percikan debu dan air. Perangkat tersebut menggunakan desain dan material dengan teknologi baru untuk memastikan keandalan pemakaiannya.

Berdasarkan keterangan yang diterima oleh Tim Gadgetren, OPPO Reno12 Pro 5G bahkan diklaim mampu menangani tekanan yang setara dengan terlindas mobil berbobot hingga 3,2 ton saat perangkat diposisikan menghadap ke bawah.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 Pro 5G - Bodi

Lolos pada pengujian suhu dan kelembaban ekstrem, perangkat tersebut diklaim tahan terhadap penuaan. Kita dapat memakainya tanpa khawatir dalam berbagai kondisi mulai dari tempat yang sangat panas hingga dingin sekalipun.

Secara khusus, OPPO Reno12 Pro 5G menggunakan Sponge Bionic Cushioning. Perangkat tersebut dilengkapi dengan peredam guncangan dan bantalan komponen untuk melindungi bagian dalam.

Bingkai bodinya mengandalkan material yang disebut High-strength Alloy. Dengan campuran bahan yang dirancang mempunyai keandalan tingkat aerospace ini, OPPO Reno12 Pro 5G tidak akan mudah penyok atau bengkok ketika terkena benturan berkat material yang digunakan lebih kuat.

Di bagian layarnya, OPPO Reno12 Pro 5G sudah memakai Corning Gorilla Glass Victus 2. Lapisan proteksi ini tidak hanya akan memastikan perangkat tahan terhadap goresan melainkan juga melindungi perangkat saat terjatuh atau tertekuk.

Melengkapi ketangguhan bodinya, OPPO Reno12 Pro 5G juga sudah mengemas fitur tahan percikan air dan debu. Perangkat tersebut tersertifikasi dengan IP65 yang sudah cukup aman saat kehujanan, tersiram minuman, atau tercelup ke kolam.

2. RAM dan Penyimpanan Mumpuni

Tersedia dalam satu varian, OPPO Reno12 Pro 5G hadir dengan konfigurasi memori yang sangat mumpuni. Perangkat tersebut sudah mendukung RAM dan penyimpanan berkapasitas sangat besar yang mampu menangani berbagai kebutuhan pengguna di era modern ini.

Di Indonesia, perangkat tersebut menggoda para pengguna dengan RAM LPDDR4x berkapasitas sebesar 12GB. Media penyimpanannya mengandalkan teknologi UFS 3.1 yang mampu menangani sampai 512GB.

Yang sangat menarik, perangkat yang dipasarkan sebagai perangkat menengah ke atas tersebut masih dilengkapi dengan dukungan untuk memasang kartu MicroSD. Hal ini menjadi satu keunggulan yang sudah mulai ditinggalkan oleh ponsel sekelasnya.

3. Baterai dan Pengisian Daya Bisa Diandalkan

Dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh, OPPO Reno12 Pro 5G tentu dapat digunakan seharian penuh tanpa perlu mengisi daya berulang kali. Kita pun bisa lebih tenang untuk beraktivitas meskipun jauh dari terminal listrik.

Baterai OPPO Reno12 Pro 5G bahkan diklaim mampu bertahan hingga selama 25 hari saat dibiarkan menyala dalam mode siaga. Tentu saja bisa menjadi lebih sigap saat digunakan secara intensif, apalagi tanpa jeda secara terus menerus.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 Pro 5G - Supervooc

Kalaupun kehabisan daya di tengah-tengah aktivitas, kita pun tidak perlu khawatir perangkat akan terisi sangat lama. OPPO Reno12 Pro 5G soalnya dilengkapi dengan teknologi 80W SUPERVOOC FlashCharge dalam hal fitur pengisian cepat.

Teknologi ini memungkinkan baterai yang dimiliki oleh OPPO Reno12 Pro 5G terisi penuh hanya dalam kurun waktu sekitar 46 menit. Kalau terburu-buru, pengisian selama 10 menit pun sudah dapat digunakan untuk melakukan panggilan sampai 8,67 jam.

Meskipun dilengkapi dengan pengisian sangat cepat, OPPO menariknya menjanjikan baterai yang memungkinkan kita mempunyai masa pakai perangkat sangat panjang. Kesehatan baterainya bahkan disebut-sebut tidak akan berkurang dari 80 persen setelah pemakaian selama empat tahun.

4. Kamera Lengkap

Berbeda dari versi standar, sistem kamera yang digunakan oleh OPPO Reno12 Pro 5G terbilang sangat lengkap. Perangkat tersebut tidak hanya mempunyai lensa utama dan depan yang mampu menangani pengambilan gambar sampai resolusi 50MP saja.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 Pro 5G - Kamera

Sebagai penunjang, OPPO Reno12 Pro 5G dilengkapi dengan kamera telefoto beresolusi 50MP. Kita dapat memakainya untuk mengambil foto dengan obyek yang jauh di mana bahkan mampu menangani hingga 2x optical zoom.

Selain itu, terdapat juga lensa ultrawide yang memungkinkan kita mengambil foto dengan sudut pandang lebih lebar. Lensa yang disematkan mempunyai resolusi 8MP dengan cakupan sudut penglihatan hingga 112 derajat.

5. Tersedia Fitur AI

Mengikuti jejak ponsel mutakhir di masa sekarang, OPPO Reno12 Pro 5G juga menawarkan berbagai fitur cerdas. Perangkat tersebut dilengkapi dengan sejumlah fungsi Generative AI yang dapat membantu pengguna dalam beraktivitas.

Termasuk di antaranya meliputi AI Eraser 2.0 yang dapat digunakan untuk menghapus obyek mengganggu di dalam sebuah foto hingga AI Clear Face atau AI Best Face untuk menghasilkan foto wajah yang lebih sempurna.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 Pro 5G - AI Portrait Studio

Untuk pengeditan, OPPO Reno12 Pro 5G juga mempunyai fitur AI Smart Image Matting 2.0 yang bisa digunakan untuk menambahkan obyek tanpa perlu keluar aplikasi kamera atau AI Studio untuk membuat gambar kreatif berdasarkan foto yang dimiliki pengguna.

Fitur AI juga tersedia untuk membantu pengguna yang ingin lebih produktif seperti AI Recording Summary dengan kemampuan meringkas isi sebuah rekaman suara, AI Clear Voice yang bisa meredam kebisingan saat telepon, hingga AI Toolbox untuk mengelola tulisan.

Kekurangan OPPO Reno12 Pro 5G

1. Dukungan Pembaruan Standar

Salah satu hal yang sangat disayangkan adalah OPPO Reno12 Pro 5G hanya mempunyai jaminan pembaruan sistem cukup standar. Perangkat tersebut kabarnya hanya akan memperoleh hingga dua kali update mayor dimana kini mulai banyak vendor yang memberikan jaminan update sistem operasi lebih dari itu.

OPPO untungnya masih berbaik hati memberikan jaminan peningkatan keamanan hingga selama empat tahun. Jadi secara teknis, perangkat tersebut masih dapat digunakan secara nyaman dengan durasi sedikit lebih lama.

2. Chipset Masih Menegah

Dibanderol dengan harga mendekati angka Rp9 juta, OPPO Reno12 Pro 5G sayangnya masih menggunakan chipset yang tergolong dalam kelas menengah. Perangkat tersebut dalam hal ini masih mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 Pro 5G - Kinerja

Secara teknis, chipset ini memang sudah cukup mumpuni untuk pemakaian di masa sekarang. Namun jika dibandingkan dengan chipset yang digunakan perangkat dengan harga serupa, Dimensity 7300-Energy kemungkinan akan kalah bertenaga.

Pasalnya label Energy yang ada pada chipset tersebut mengartikan konsumsi daya yang digunakan lebih rendah sebagai ganti dalam memastikan masa pakai yang lebih panjang.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.