ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Elite, Chipset Premium dengan Kemampuan AI Canggih

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Elite, Chipset Premium dengan Kemampuan AI Canggih

Gadgetren – Dalam ajang Snapdragon Summit, Qualcomm secara resmi telah memperkenalkan chipset terbarunya bernama Qualcomm Snapdragon 8 Elite yang menawarkan performa bertenaga dan dukungan Neural Processing Unit (NPU) untuk menghadirkan kemampuan akselerasi AI untuk AI generatif dalam perangkat.

Chipset baru ini disebut dirancang khusus untuk menunjang perangkat handphone kelas atas. Snapdragon 8 Elite menggunakan arsitektur baru yaitu CPU Qualcomm Oryon generasi kedua yang sebelumnya memulai debutnya pada chip X Elite untuk laptop pada tahun lalu.

CPU Oryon menawarkan peningkatan single core dan multi core performa hingga 45% serta web browsing lebih cepat 62% dari generasi sebelumnya. CPU Oryon sendiri menggunakan 2 core dan 6 core dengan kecepatan maksimal mencapai 4,32GHz.

Oryon dibuat melalui proses 3nm TMSC dan juga mendukung cache L2 24MB dan RAM LPDDR5X 5300Mhz. Sementara GPU Snapdragon 8 Elilte menggunakan Adreno yang menawarkan performa bermain game diklaim hingga 40% dan ray tracing hingga 35% lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Selain performanya yang ngebut, chipset Snapdragon 8 Elite juga didukung efisiensi daya hingga 44% untuk CPU dan 40% untuk GPU. Menariknya lagi chipset juga mendukung Nanite Unreal Engine 5 yang memungkinkan video game dapat menghasilkan gambar rendering dengan piksel yang tinggi.

Dukungan NPU Hexagon disebut dapat berjalan 45% lebih cepat. NPU pada chipset ini memberikan sejumlah kemampuan AI berkat dukungan multi-modal AI generatif yang dapat menangani kompleksitas tugas-tugas AI dengan lancar sekaligus menyediakan privasi dan keamanan.

Dengan kemampuan NPU tersebut, Snapdragon 8 Elite memungkinkan menghadirkan asisten AI generatif langsung pada perangkat sehingga pengguna tidak lagi perlu menggunakan aplikasi asisten AI pihak ketiga seperti Gemini dan Chat GPT.

 Qualcomm-Snapdragon-8-Elite

Salah satu fitur-fitur AI yang disediakan ialah dukungan Qualcomm Smart Glasses yang memungkinkan pengguna bisa melakukan perintah suara untuk menanyakan obyek yang dilihatnya sehari-hari. Kemudian secara cepat asisten AI akan memberikan penjelasan terkait informasi secara detail dari obyek tersebut dalam bentuk audio melalui kacamata.

Fitur AI lainnya ialah dukungan pada kamera yang memungkinkan pengguna dapat memotret sebuah struk harga makanan di restoran dan dapat memerintah asisten AI untuk membuat ringkasan patungan biayanya dengan cepat tanpa membutuhkan kalkulator.

Selain itu tersedia fitur AI Pet Suite yang memungkinkan pengguna dapat memotret hewan peliharaan kesayangannya yang sedang bergerak cepat dan selanjutnya AI akan melakukan deteksi cepat melalui autofocus pada bagian mata untuk mempertajam wajah sehingga lebih fokus.

Dengan begitu memungkinkan hasil foto hewan peliharaan yang bergerak cepat dapat tertangkap dengan gambar dan warna yang detail. Snapdragon 8 Elite juga menyediakan software 3D modeling, Blender yang dibekali NPU Rendering. Software ini diberikan secara gratis dan sudah bisa diunduh saat ini.

Snapdragon-8-Elite-spek.

Snapdragon 8 Elite juga mendukung konektivitas WiFi 7, Fast Connect 7900, dan X80-Modem-RF System 5G yang dapat menjangkau jaringan 5G. Berikutnya memiliki dukungan teknologi audio Qualcomm XPAN 24bit dan 96KHz yang mampu menghasilkan suara lossless atau jernih dan lebih hidup.

Sebagai tambahan informasi, Snapdragon 8 Elite dikabarkan langsung oleh pihak Xiaomi melalui Adam Zeng selaku Senior VP dan Presiden Xiaomi pada presentasi Snapdragon Summit akan mendukung Xiaomi 15 Series pertama kali.

Tak hanya Xiaomi 15 Series yang akan mendukung chipset berperforma kencang ini, ada sejumlah produsen handphone pintar yang akan menggunakan chipset tersebut seperti ASUS, Honor, iQOO, OnePlus, OPPO, RealMe, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan masih banyak lagi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar