ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Perangkat Pintar

Ini 4 Kecanggihan TV Samsung yang Bisa Optimalkan Pengalaman Menonton Hiburan

Samsung OLED TV 2024 S90D / S95D

Gadgetren – Samsung Electronics Indonesia telah menghadirkan generasi baru TV pintarnya melalui model Neo QLED 8K, 4K, dan OLED TV di tahun 2024 yang memberikan pembaruan spesifikasi tak hanya dari segi desain yang semakin ramping tapi juga dukungan kemampuan AI yang lebih cerdas dan aman.

Semuanya menyuguhkan kecanggihan AI untuk meningkatkan pengalaman menonton hiburan bersama keluarga pengguna di rumah. Adapun ada empat kecanggihan yang ditawarkan TV pintar Samsung generasi terbaru mencakup prosesor mumpuni berkekuatan tinggi NQ8 AI Gen3 dengan kekuatan AI.

Kemudian dukungan fitur keamanan Samsung Knox Matrix, Konektivitas dengan SmartThings, dan fitur-fitur hemat energi. Mengenai empat kecanggihan fitur-fitur yang diberikan Samsung TV generasi terbaru bisa kamu simak di bawah ini.

Prosesor NQ8 AI Gen3 Lebih Bertenaga dan Cerdas

Pada Neo QLED 8K yang menjadi model TV Samsung paling canggih tahun ini, Samsung membekalinya dengan prosesor NQ8 AI Gen3 yang mendukung 512 neural network yang diklaim memiliki kecepata 8 kali lipat dari generasi sebelumnya.

Prosesor tersebut juga dilengkapi dengan NPU untuk melakukan pemrosesan AI yang dapat menghasilkan kualitas gambar dan suara lebih optimal. NPU pada prosesor tersebut disebut memiliki kecepatan dua kali lipat.

 Samsung-NQ8-AI-Gen3.

Berkat NPU ini pula, Samsung TV generasi baru menghadirkan fitur-fitur seperti AI Customization yang memungkinkan pengguna dapat menyeseuaikan pengaturan sesuai preferensi masing-masing.

Kemudian ada juga fitur AI seperti AI Auto Game Mode yang secara otomatis dapat mengoptimalkan tampilan saat bermain game dan AI Energy Mode yang dapat membantu menghemat energi sembari tetap menampilkan tontonan dengan kualitas tinggi.

Fitur Keamanan Privasi dan Data dengan Knox Matrix

Samsung Knox Matrix hadir pula pada deretan Samsung TV generasi baru. Fitur keamanan privasi dan data ini disebut dapat melindungi pengguna dari serangan malware dengan perlindungan berlapis.

Knox Matrix diketahui telah hadir sejak 2013 dan telah tersertifikasi Common Criteria dan diakui sebagai solusi keamanan yang teruji dan terbaik selama 10 tahun berturut-turut. Fitur keamanan ini disebut dapat melindungi TV Samsung dan data pengguna dengan menggunakan pendekatan perlindungan 3 lapis meliputi hardware, platform, dan service security.

Knox-Matrix.
Pada level hardware, Knox Matrix akan dapat memastikan sistem operasi menjalankan booting yang aman. Hardware chip Knox Matrix diklaim tidak bisa ditembus oleh serangan dari luar dan fungsi software tidak akan dapat dirusak saat melakukan perlindungan secara menyeluruh.

Selanjutnya pada level platform, Knox Matrix akan mengenkripsi dan memblokir aplikasi berbahaya saat menyimpan atau mengkomunikasikan data.

Data-data dan informasi penting pada Samsung Account milik pengguna seperti informasi biometrik, kata sandi, PIN, dan aplikasi pembayaran, dienkripsi dan diproses dalam suatu lingkungan tersendiri yang aman dan terisolasi, dengan level keamanan EAL6+.

Sementara pada level Service Security, Knox Matrix mampu memblokir situs phishing untuk melindungi data dan privasi pengguna serta memastikan koneksi yang aman. Untuk memperkuat keamanan, Samsung juga memberikan update keamanan secara otomatis per 3 bulan selama 3 tahun. ?

Konektivitas Lancar Melalui SmartThings

Menariknya deretan produk TV Samsung generasi baru dibekali konektivitas cerdas yang lancar tanpa pihak ketiga hanya melalui SmartThings Hub yang tersedia secara bawaan di TV. Pengguna juga dapat menambahkan perangkat baru dengan mudah melalui SmartThings untuk koneksi antar perangkat.

Tak hanya itu, dengan koneksi melalui SmartThings, pengguna juga dapat menghubungkan dan mengendalikan berbagai perangkat Samsung yang ada di rumah dalam satu ekosistem dengan mulus seperti AC, Air Purifier, Kulkas Bespoke, Mesin Cuci dan Pengering Bespoke, dan lain-lainnya.

Selain itu juga dapat menghubungkan perangkat Galaxy seperti Galaxy WAtch dan Galaxy Buds. Pengguna dapat mengatur dan melihat status semua perangkat dengan bebas di layar Samsung TV.

 SmartThings-360-audio-mode

Melalui aplikasi SmartThings, sebagai contoh pengguna dapat mengatur fitur 360 Audio Mode untuk menyesuaikan arah suara saat mereka menoleh (head tracking) ketika menonton TV dengan Galaxy Buds.

Fitur-Fitur Hemat Energi

Deretan TV Samsung generasi baru juga dibekali fitur-fitur yang memungkinkan pengguna dapat melakukan penghematan energi dan menjaga kelestarian hidup melalui fitur AI Energy Mode.

Fitur ini akan mengoptimalkan prosesor dan sensor untuk mendeteksi dan menganalisa kondisi sekitar dan melakukan penyesuaian level brightness berdasarkan pencahayaan sekitar dan konten untuk menghemat energi.

Selain itu, pengguna juga dapat meningkatkan kontras, brightnees di layar, dan menekankan outline gambar saat menonton film dengan menggunakan Relumino mode.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar