ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan realme 13+ 5G, Bukan Sekadar HP Gaming!

Gadgetren – Meskipun difokuskan untuk aktivitas bermain game, realme 13+ 5G tetap bisa menjadi salah satu pilihan saat kita memerlukan sebuah ponsel yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan.

Perangkat baru tersebut soalnya tidak hanya mengantongi dapur pacu berkinerja tinggi, melainkan juga berbagai dukungan dan fitur penunjang yang dapat meningkatkan pengalaman pemakaian.

Tim Gadgetren pun sudah pernah menjajal berbagai keunggulan dari realme 13+ 5G sendiri. Secara khusus, hasil uji coba pemakaian kami pun dapat diringkas ke dalam beberapa kelebihan dan kekurangan berikut.

Kelebihan realme 13+ 5G

1. Kinerja Bertenaga

Sebagai ponsel yang difokuskan untuk bermain game, realme 13+ 5G mempunyai dapur pacu yang sangat kuat di kelasnya. Perangkat tersebut sudah menggunakan MediaTek Dimensity 7300 Energy.

Untuk memaksimalkan kemampuannya, realme memadukan chipset ini bersama dengan RAM 12GB. Terdapat juga opsi untuk menggunakan tambahan memori virtual sampai 14GB dengan meminjam sebagian penyimpanan perangkat yang mana berkapasitas sebesar 256GB.

Dengan kombinasi ini, Tim Gadgetren dapat memainkan beberapa game dengan lancar. Genshin Impact dengan pengaturan grafis Low dapat berjalan stabil di kisaran 29 sampai 30fps. Honor of Kings rata-rata dapat menyentuh hingga 120fps meski disetel maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan realme 13+ 5G - Gaming

Secara teknis, kemampuannya juga dapat terlihat dari tingginya skor pengujian yang dihasilkan. Perangkat tersebut misalnya mampu menembus angka 736.617 poin pada aplikasi AnTuTu atau 1.049 untuk single-core dan 2.963 untuk multi-core pada Geekbench.

Berbagai capaian di atas sebenarnya juga tidak terlepas dari hadirnya GT Mode pada perangkat tersebut. Fitur ini soalnya dapat meningkatkan kemampuan perangkat sehingga bisa menjalankan game secara lebih optimal.

Dipakai bermain game dalam durasi lama, realme 13+ 5G juga hanya terasa hangat. Peningkatan suhunya cukup terjaga karena perangkat tersebut sudah menggunakan Stainless Steel Vapor Chamber berukuran 6.050 mm².

Misalnya saat digunakan untuk memainkan Genshin Impact selama setengah jam, suhu realme 13+ 5G terukur hanya mencapai sekitar 39°C di bodi bagian atas dan 37°C di sisi bawah.

2. Daya Tahan Baterai Sangat Baik

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, realme 13+ 5G bisa menjadi opsi pas buat kita yang memerlukan ponsel dengan daya tahan baterai lama. Kita pun dapat menggunakannya tanpa perlu berulang kali mengisi daya.

Berdasarkan klaim dari pihak realme, perangkat menengah tersebut bahkan dapat digunakan untuk bermain game secara terus-menerus hingga selama 9 jam saat baterainya terisi penuh.

Ketahanan baterai realme 13+ 5G pun juga terbukti lewat skor mengesankan pada aplikasi PCMark. Perangkat tersebut dapat menyentuh 17 jam 10 menit dengan tingkat kecerahan 50 persen dan refresh rate 60Hz. Bahkan, hanya turun menjadi 16 jam 27 menit saat setelan diubah ke 120Hz.

3. Pengisian Daya Mumpuni

Meskipun sudah dibekali dengan ketahanan baterai yang baik, realme 13+ 5G menariknya masih dilengkapi dengan dukungan pengisian yang sangat cepat. Kita pun tidak perlu menunggu lama saat mengisi daya.

Dalam hal ini, realme 13+ 5G sudah dilengkapi dengan fitur 80W Ultra Charge. Tim Gadgetren hanya memerlukan waktu sekitar 56 menit saat mencoba mengisi daya perangkat tersebut dari kapasitas 10 persen hingga penuh.

4. Desain Menarik

Seperti pendahulu-pendahulunya, realme 13+ 5G juga mempunyai bodi dengan tampilan yang menarik. Perangkat tersebut secara khusus menggunakan desain bernama Victory Speed Design.

Kelebihan dan Kekurangan ealme 13+ 5G - Desain

Desain realme 13+ 5G masih mempertahankan tonjolan modul kamera melingkar. Hanya saja, penutup bodi perangkat kini terbagi menjadi dua corak lapisan dengan pemisah yang serasi dengan lingkarannya.

Dalam hal ini, bagian di sekitar modul kamera dibuat matte sedangkan setengah bodi sisanya memakai corak unik yang terlihat menyerupai tekstur sambaran kilat. Desainnya pun diterapkan untuk varian warna Victory Gold maupun Dark Purple.

Di sisi lain, realme 13+ 5G juga mengusung bodi belakang yang dibuat sedikit melengkung di bagian samping. Ini membuat perangkat tersebut cukup nyaman untuk digenggam.

Kekurangan realme 13+ 5G

1. Kamera Kurang Lengkap

Dukungan kamera yang digunakan oleh realme 13+ 5G sebenarnya sudah tergolong baik. Dalam uji pemakaian Tim Gadgetren, lensa depan maupun belakangnya mampu menghasilkan foto yang terbilang memuaskan.

Kelebihan dan Kekurangan ealme 13+ 5G - Kamera

Hanya saja jika dibandingkan beberapa perangkat dengan harga serupa, sistem kamera realme 13+ 5G terlihat kurang lengkap. Perangkat tersebut belum membawa lensa ultrawide apalagi telefoto.

Sistem kamera utama realme 13+ 5G hanya mengandalkan Sony LYT-600 yang mampu menangani pengambilan gambar sampai 50MP. Sensor ini di atas kertas memang sudah sangat bisa diandalkan.

2. Aplikasi Kamera Kurang Sempurna

Mendukung perekaman sampai resolusi 4K pada 30fps, sisi peranti lunak dari kamera realme 13+ 5G terasa belum sempurna. Aplikasinya terasa kurang optimal ketika digunakan merekam video.

Aplikasi kamera bawaan realme 13+ 5G kadang-kadang mengalami lag saat digunakan untuk merekam video. Ini paling terasa terutama saat Kami menggunakan mode perekaman 4K.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar