ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Handphone

Review realme 13+ 5G – Gaming Lancar dan Baterai Tahan Lama

Review realme 13+ 5G - Gaming Lancar dan Baterai Tahan Lama

Review realme 13+ 5G
  • Rating
4

Kesimpulan

Handphone ini unggul di sektor performa untuk kategori kelas menengah terjangkau terutama dalam bermain game. Meskipun demikian, ada pengorbanan di sektor fotografi yang untungnya untuk lensa utamanya sudah cukup mumpuni untuk keperluan foto sehari-hari.

Yang Disukai

  • Performa mumpuni untuk gaming
  • Daya tahan baterai lama
  • Pengisian baterai super cepat
  • Desain menarik

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada lensa ultrawide / telefoto
  • Viewfinder perekaman video suka nge-lag

Gadgetren – Setelah meluncurkan versi Pro dari seri realme 13, kini realme kembali menghadirkan model terbaru dari seri yang sama yaitu realme 13+ 5G.

Handphone ini tampaknya lebih ditujukan untuk penggemar gaming, terutama karena adanya kolaborasi dengan game populer Honor of Kings. Meskipun begitu, realme 13+ 5G tetap menawarkan kamera berkualitas dan desain elegan yang serupa dengan pendahulunya.

Tak hanya itu, handphone ini juga dibekali dengan baterai yang tahan lama serta teknologi pengisian daya super cepat menjadikannya pilihan yang menarik untuk berbagai kebutuhan.

Desain

realme 13+ 5G

realme kembali menghadirkan desain menawan pada seri number mereka, termasuk realme 13+ 5G. Handphone ini masih mempertahankan ciri khas tonjolan kamera berbentuk lingkaran besar, namun kini bodi belakangnya tampil dengan dua jenis finishing yakni matte dan bertekstur.

Lebih dari setengah bodi belakangnya dihiasi dengan tekstur unik menyerupai sambaran petir yang semakin memukau berkat varian warna Victory Gold yang saya gunakan.

Setiap sisi bodi belakangnya dibuat sedikit melengkung untuk meningkatkan kenyamanan saat digenggam tetapi bagian samping dan depan mengusung desain datar.

Menariknya lagi, realme 13+ 5G telah mendapatkan sertifikasi IP65 dan masih dilengkapi dengan headphone jack di bagian atas. Bagi para gamer yang ingin bermain sambil menggunakan headset gaming, ini jelas kabar baik.

Layar

realme 13+ 5G

Untuk layar, realme 13+ 5G mengusung panel AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi 2400 x 1800 piksel, refresh rate 120Hz, dan kecerahan maksimal hingga 2.000 nit.

Meskipun kecerahan maksimal tersebut hanya tercapai dalam kondisi tertentu, selama penggunaan harian saya layarnya sudah terasa cukup terang terutama saat digunakan di bawah sinar matahari.

Yang lebih canggih, layar realme 13+ 5G memiliki touch sampling rate hingga 1.200Hz yang memastikan setiap sentuhan jari terdeteksi dengan responsivitas tinggi.

Fitur ini sangat berguna saat bermain game terutama pada judul-judul seperti Honor of Kings atau game battle royale di mana kecepatan dan akurasi sentuhan sangat diperlukan.

Performa

realme 13+ 5G

Meski realme 13+ 5G menggunakan chipset yang berbeda dari saudaranya yang lebih mahal yaitu MediaTek Dimensity 7300 Energy, performa handphone ini tetap mumpuni untuk penggunaan sehari-hari.

Chipset ini dipasangkan dengan RAM 12 GB yang terbilang sangat besar di kelas harganya. Bahkan beberapa handphone flagship masih belum menawarkan kapasitas RAM sebesar itu.

Selain itu ada fitur perluasan RAM virtual hingga total 26 GB yang memanfaatkan sebagian dari penyimpanan internal 256 GB miliknya.

Tak ketinggalan, realme 13+ 5G sudah menjalankan sistem operasi Android 14 dengan antarmuka realme UI 5.0 yang dilengkapi fitur-fitur ekstra seperti AI Smart Loop untuk memudahkan sharing gambar dan AI Clear Voice yang membuat suara lebih jelas saat panggilan telepon.

Dalam pengujian menggunakan AnTuTu, realme 13+ 5G mencatat skor yang cukup baik untuk kategori handphone kelas menengah terjangkau, yakni 736.617. Sementara itu, dalam pengujian GeekBench, handphone ini memperoleh skor 1.049 untuk single-core dan 2.963 untuk multi-core.

Performa handphone ini juga cukup stabil saat saya menjalankan stress test menggunakan 3DMark Wild Life, dengan tingkat kestabilan mencapai 99,2%. Skor tertingginya tercatat di angka 3.169 sedangkan skor terendahnya hanya sedikit turun di 3.143.

Ketika memainkan Genshin Impact dengan pengaturan grafis Low, saya mendapatkan frame rate yang stabil di kisaran 29-30 FPS. Suhu handphone pun tetap terjaga, hanya terasa hangat setelah setengah jam bermain dengan suhu berkisar antara 37° di bagian bawah dan 39° di bagian atas.

Tak ketinggalan, saya juga mencoba Honor of Kings, yang merupakan “Official Gaming Phone” di kompetisi Honor of Kings Championship 2024. Selama hampir satu jam bermain, suhu handphone tetap hangat.

Dengan pengaturan Overall Graphics Quality 4, FPS Max, Resolution Ultra, serta Anti Aliasing dan Water Reflection diaktifkan, saya mendapatkan rata-rata frame rate mencapai 120 FPS. Pengalaman bermain Honor of Kings sangat lancar bahkan saat banyak karakter muncul di layar.

Hal ini juga tidak terlepas dari fitur GT Mode di realme 13+ 5G yang memaksimalkan performa handphone untuk menghadirkan pengalaman gaming yang lebih optimal.

Kamera

realme 13+ 5G

Meski terlihat memiliki tiga lensa kamera di bagian belakang, kenyataannya hanya ada satu lensa yang benar-benar bermanfaat yaitu lensa utama 50MP Sony LYT-600. Sementara dua lensa lainnya adalah lensa mono 2MP dan sisanya sepertinya hanya berfungsi sebagai dekorasi.

Untuk kamera depannya, realme 13+ 5G dilengkapi dengan lensa 16MP. Meskipun tidak secanggih saudaranya, hasil jepretan dari kamera utama dan depan handphone ini terbilang memuaskan.

Sayangnya handphone ini tidak dilengkapi dengan lensa ultrawide yang tentunya bermanfaat untuk menangkap pemandangan yang lebih luas.

realme 13+ 5G - Hasil kamera

realme 13+ 5G - Hasil kamera

realme 13+ 5G - Hasil kamera

realme 13+ 5G - Hasil kamera

realme 13+ 5G - Hasil kamera

realme 13+ 5G - Hasil kamera

Selfie Portrait

realme 13+ 5G - Hasil kamera

Selfie Portrait

Salah satu kekurangan kamera handphone ini muncul saat melakukan perekaman video. Meskipun hasil videonya terbilang baik, saya merasakan viewfinder kamera mengalami lag terutama saat merekam dalam mode resolusi 4K.

Baterai

realme 13+ 5G

Untuk mendukung pengalaman gaming yang lebih lama, realme menyematkan baterai berkapasitas 5.000mAh di dalam realme 13+ 5G.

Dengan kapasitas tersebut, handphone ini mencatat skor ketahanan daya baterai yang mengesankan yakni 17 jam 10 menit saat diuji menggunakan PCMark dengan pengaturan kecerahan layar 50% dan refresh rate 60Hz. Pada refresh rate 120Hz, daya tahan baterainya tetap baik dengan skor 16 jam 27 menit.

Ketahanan daya baterai yang tinggi ini semakin diperkuat dengan dukungan pengisian daya 80W Ultra Charge yang memungkinkan pengisian dari 10% hingga penuh hanya dalam waktu 56 menit.

Kombinasi antara baterai tahan lama dan pengisian daya super cepat ini membuat realme 13+ 5G ideal untuk digunakan kapan saja tanpa perlu khawatir soal kehabisan baterai.

Kesimpulan

realme 13+ 5G

realme 13+ 5G memang unggul di sektor performa untuk kategori kelas menengah terjangkau terutama dalam bermain game. Meskipun demikian, ada pengorbanan di sektor fotografi yang untungnya untuk lensa utamanya sudah cukup mumpuni untuk keperluan foto sehari-hari.

Baterai handphone ini juga tahan lama dan dilengkapi dengan teknologi pengisian daya super cepat. Ditambah lagi, realme 13+ 5G dijual dengan harga yang sangat menarik, yakni hanya Rp4.599.000.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar