ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 9, Opsi Menarik di Kelas Entri!

Gadgetren – Bersaing di kelas entri kini tidak hanya bisa mengandalkan fitur esensial. Semakin banyak ponsel yang meluncur dengan spesifikasi lumayan tinggi dalam meramaikannya.

Termasuk di antaranya Infinix SMART 9 yang telah meluncur dengan banderol harga mulai dari Rp1.049.000 dan dilengkapi dengan berbagai fitur maupun dukungan mutakhir.

Kita pun dapat meliriknya sebagai salah satu kandidat saat memerlukan sebuah ponsel mumpuni untuk beraktivitas. Meskipun dalam hal ini, kita masih perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Infinix SMART 9

1. Spesifikasi Layar Menarik

Saat mempertimbangkan Infinix SMART 9, bagian layar menjadi keunggulan yang tidak boleh dilewatkan. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan panel yang mampu menampilkan animasi sangat mulus.

Bagi kamu yang belum tahu, layar perangkat tersebut sudah mendukung pengaturan refresh rate hingga 120Hz. Hal ini menunjukkan bahwa Infinix SMART 9 bakal mampu menampilkan konten dengan setelan animasi tertinggi yang didukung aplikasi atau video.

Layar Infinix SMART 9 di sisi lain juga sudah berukuran lumayan luas. Dengan resolusi gambar HD+ (1600 x 720 piksel), perangkat tersebut sudah mempunyai panel yang membentang hingga sampai 6,7 inci.

Meskipun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, panel milik Infinix SMART 9 menariknya sudah menggunakan tempat kamera depan berbentuk punch hole. Desain ini pun membuat layarnya terlihat lebih luas dan mutakhir.

2. Bawa Fitur Tahan Percikan Air dan Debu

Menyusul berbagai perangkat di kelas entri, Infinix SMART 9 turut meluncur dengan keandalan pemakaian yang tinggi. Ponsel tersebut sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 9 - 1

Tersertifikasi dengan IP54, fitur tahan percikan air dan debu yang diusungnya memang bukan yang terkuat. Hanya saja secara teknis sudah cukup untuk melindungi perangkat dari cipratan air.

Dengan hadirnya fitur tahan percikan air dan debu, kita pun dapat menggunakan Infinix SMART 9 secara lebih tenang. Kita tidak perlu takut untuk membuka pesan hingga melakukan navigasi di saat gerimis atau berada di pinggiran kolam.

Di sisi lain, Infinix SMART 9 apalagi menjanjikan pengoperasian yang tetap responsif meskipun layar dalam kondisi basah. Kita bisa memakai perangkat seperti biasa meskipun terkena gerimis atau cipratan air.

3. Baterai Berkapasitas Besar

Sektor baterai juga menjadi keunggulan Infinix SMART 9 yang selanjutnya. Perangkat tersebut mempunyai kapasitas penampungan daya yang besar untuk menemani pengguna dalam beraktivitas.

Secara teknis, baterai perangkat tersebut sudah berkapasitas sampai 5.000mAh. Kita sudah dapat memakainya untuk beraktivitas tanpa perlu khawatir ponsel akan cepat kehabisan daya.

Bahkan berdasarkan klaimnya, baterai Infinix SMART 9 sudah cukup untuk bermain game hingga selama 9,8 jam, berselancar di layanan TikTok selama 12,4 jam, membuka percakapan WhatsApp hingga 17,1 jam, atau melakukan navigasi di luar ruangan sampai 17,4 jam.

4. Dilengkapi Sejumlah Fitur Mutakhir

Keunggulannya semakin lengkap dengan adanya berbagai fitur mutakhir yang disematkan pada Infinix SMART 9. Meski harganya cuma Rp1 jutaan, perangkat tersebut tidak hanya mengandalkan dukungan esensial.

Perangkat tersebut salah satunya sudah dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari. Sensornya pun sudah diletakkan di sisi samping bersama tombol Power yang membuatnya terlihat semakin modern.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 9 - 2

Speaker stereo ganda juga termasuk salah satu fitur mutakhir yang ditawarkan oleh Infinix SMART 9. Di mana tak hanya menjanjikan pengalaman audio yang imersif, tetapi juga keluaran suara yang lebih keras dengan pengaturan volume sampai 300 persen.

Ditunjang dengan fungsi untuk memasang kartu penyimpanan eksternal, Infinix SMART 9 juga mempunyai slot kartu terdedikasi. Ini mengartikan bahwa perangkat dapat menampung MicroSD dan dua kartu SIM secara bersamaan.

Kekurangan Infinix SMART 9

1. Pengisian Standar

Berbeda dari Infinix HOT 50i yang turut meluncur bersamanya, Infinix SMART 9 sayangnya tidak dilengkapi dengan dukungan pengisian daya 18W. Perangkat tersebut hanya menawarkan teknologi 10W yang terbilang cukup standar dan ada kompetitornya yang menawarkan lebih tinggi.

Pemakaian teknologi pengisian 10W sebenarnya bisa cukup dimaklumi jika melihat banderol harganya. Namun, kita nanti perlu menyiapkan waktu khusus untuk mengisi baterai karena akan membutuhkan waktu yang lama.

2. Menggunakan Android Go Edition

Mencoba menghadirkan kelancaran pemakaian panjang di mana bahkan tersertifikasi oleh TÃœV SÃœD hingga 48 bulan, Infinix SMART 9 menggunakan sistem Android 14 yang dibalut antarmuka XOS 14.0.

Sayangnya, sistem yang digunakan merupakan Android Go Edition. Sistem ini bisa berjalan sangat ringan di sebuah ponsel berspesifikasi terbatas karena memangkas sejumlah dukungan. Jadi, pengalaman pemakaian pengguna mungkin akan kurang sempurna.

3. Tidak Semua Tersertifikasi TÃœV SÃœD 48-Month Fluency

Selain itu, sertifikat TÃœV SÃœD 48-Month Fluency yang ditawarkan oleh Infinix SMART 9 juga tidak hadir untuk semua varian. Hanya perangkat dengan RAM 4GB dan penyimpanan sebesar 128GB saja yang akan membawanya.

Perlu diingat bahwa Infinix SMART 9 meluncur dalam dua varian memori berbeda. Selain model yang sudah disebutkan, perangkat tersebut juga tersedia dengan RAM 3GB dan penyimpanan 64GB.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar