ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 14T, Bukan Hanya Kamera!

Gadgetren – Xiaomi 14T merupakan perangkat yang sangat menarik. Dengan banderol harga yang relatif terjangkau, perangkat tersebut sudah mengemas berbagai dukungan dan fitur unggulan.

Di Indonesia, perangkat baru tersebut tersedia dalam dua varian memori yang dapat dipinang mulai dari Rp6.499.000. Kita dapat mempertimbangkannya jika memerlukan sebuah ponsel dengan paket komplit.

Xiaomi 14T dilengkapi mulai dari dapur pacu mumpuni, layar berspesifikasi tinggi, pengisi daya cepat, hingga kamera kelas atas. Semuanya pun terangkum sebagai keunggulan dari perangkat tersebut.

Kelebihan Xiaomi 14T

1. Layar Menawan

Pada sektor layar, Xiaomi 14T sebenarnya membawa spesifikasi yang tidak banyak berubah dari pendahulunya. Perangkat tersebut masih menggunakan panel AMOLED berukuran 6,67 inci yang menawarkan tampilan sangat menawan.

Layar Xiaomi 14T sudah beresolusi tinggi yang mana secara teknis bahkan mampu menangani sampai 2712 x 1220 piksel. Pengaturan refresh rate-nya juga mendukung tayangan animasi hingga 144Hz.

Perpaduan spesifikasi layarnya tentu mampu menghadirkan tayangan-tayangan yang memanjakan mata. Belum lagi, dukungan tingkat kecerahan puncaknya juga sangat tinggi di mana sampai 4.000nits.

Dengan tingkat kecerahan puncak yang tinggi, layar Xiaomi 14T bakalan mampu menayangkan konten HDR secara lebih baik. Perlu diingat bahwa perangkat tersebut sudah mendukung teknologi HDR10+ maupun Pro HDR Display.

Untuk memastikan tayangan konten dapat terlihat semakin sempurna, Xiaomi juga membekali perangkat tersebut dengan teknologi Dolby Vision. Kenyamanan mata pengguna juga dijamin dengan beberapa sertifikat dari TÃœV Rheinland seperti Cahaya Biru Rendah, Bebas Kedip, dan Penyesuaian Ritme Sirkadian.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 14T - Header

2. Konfigurasi Mesin Menjanjikan

Konfigurasi mesin yang digunakan oleh Xiaomi 14T juga terlihat menarik. Perangkat tersebut menggunakan beberapa dukungan kelas flagship untuk menunjang kemampuan pemrosesan datanya.

Salah satu di antaranya, Xiaomi 14T kini sudah membawa RAM berkapasitas 12GB. Perangkat tersebut secara khusus menggunakan teknologi LPDDR5x yang menawarkan kecepatan transfer data dan efisiensi sangat tinggi.

Penyimpanan Xiaomi 14T di sisi lain juga sudah menggunakan jenis UFS 4.0. Untuk kapasitasnya, Xiaomi menawarkan konfigurasi antara 256GB atau 512GB yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

RAM dan penyimpanan yang besar ini digunakan sebagai penunjang MediaTek Dimensity 8300-Ultra. Dengan begitu, chipset yang bisa disetarakan dengan Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 itu mampu bekerja secara lebih optimal.

3. Kamera Memakai Lensa Leica

Kembali berkolaborasi dengan Perusahaan Leica, Xiaomi menghadirkan sistem kamera profesional yang bisa diandalkan dalam berbagai kebutuhan pengambilan gambar pada perangkat buatannya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 14T - Kamera

Dalam hal ini, perangkat Xiaomi 14T hadir dengan kamera utama berlensa LEICA VARIO-SUMMILUX generasi baru yang dikombinasikan bersama sensor Sony IMX906 beresolusi 50MP.

Dukungan pengambilan gambar yang ditawarkan oleh perangkat tersebut pun semakin lengkap dengan hadirnya kamera telefoto 50MP dan ultrawide 12MP. Terlebih lagi, keduanya juga sudah memakai teknologi dari Leica.

Yang tak kalah menarik, kamera depan Xiaomi 14T juga mendapat peningkatan. Perangkat tersebut kini menggunakan sensor beresolusi 32MP dan mendukung perekaman video sampai 4K pada 30fps.

4. Baterai Besar dengan Pengisi Daya Cepat

Dirancang untuk menemani berbagai aktivitas para pengguna, Xiaomi 14T menawarkan dukungan daya yang tak kalah mumpuni. Baterainya sudah berkapasitas besar dengan dukungan pengisian yang sangat cepat.

Secara teknis, baterai yang disematkan pada Xiaomi 14T berkapasitas sebesar 5.000mAh. Ketahanan dayanya diklaim sangat panjang di mana bahkan mampu bertahan hingga selama 15 jam saat digunakan secara terus-menerus.

Sebagai penunjang, Xiaomi 14T dilengkapi dengan dukungan pengisi daya 67W HyperCharge. Teknologi ini memungkinkan kita mengisi baterai perangkat tersebut dengan durasi waktu yang lebih singkat.

Berdasarkan klaim dari Pihak Xiaomi, teknologi pengisian daya yang digunakan Xiaomi 14T ini hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

Meskipun menggunakan teknologi berdaya tinggi, kita menariknya tidak perlu takut kesehatan baterai Xiaomi 14T cepat menurun. Pihak Xiaomi telah menjamin bahwa kapasitasnya tidak akan berkurang hingga di bawah 80 persen setelah 1.600 kali siklus pengisian.

5. Ditunjang AI Khas Flagship

Selaras dengan perkembangan teknologi di masa sekarang, Xiaomi 14T juga menghadirkan berbagai fitur berbasis sistem kecerdasan buatan. Perangkat tersebut mempunyai beberapa dukungan cerdas selayaknya ponsel-ponsel kelas flagship.

Termasuk di antaranya, perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan Circle to Search, Google Gemini, AI Recorder, AI Note, AI Film, AI Portrait, AI Image Editing, hingga AI Subtitles. Beberapa fitur akan ditambahkan melalui pembaruan.

6. Pembaruan dan Garansi Panjang

Mengikuti jejak berbagai ponsel di masa sekarang, Xiaomi turut menghadirkan jaminan pembaruan yang panjang untuk Xiaomi 14T. Perangkat tersebut dijanjikan akan memperoleh pemutakhiran hingga empat generasi Android dan peningkatan patch keamanan selama lima tahun.

Selain itu, masa garansi untuk Xiaomi 14T juga lebih panjang. Perangkat tersebut akan memperoleh jaminan kualitas hingga 24 bulan pemakaian seperti kebanyakan ponsel flagship Xiaomi secara umum.

Kekurangan Xiaomi 14T

1. Slot MicroSD Absen

Kekurangan dari Xiaomi 14T mirip seperti kebanyakan ponsel menengah ke atas yang lain. Salah satunya, perangkat tersebut tidak dilengkapi dengan dukungan untuk memasang kartu MicroSD.

Untungnya, media penyimpanan yang ditawarkan oleh Xiaomi 14T sudah sangat besar. Kita pun hanya perlu mengelola berkas dan aplikasi secara lebih baik supaya tidak cepat penuh.

2. Jack Audio Tidak Ada

Jack audio 3,5mm juga turut absen pada perangkat tersebut. Kita yang ingin memasang perangkat suara berbasis kabel memerlukan konektor tambahan yang mendukung teknologi USB pada Xiaomi 14T.

Agar lebih praktis, kita pun dapat mempertimbangkan untuk memakai perangkat suara nirkabel seperti Headphone Bluetooth atau TWS. Hanya saja memang suaranya kemungkinan akan sedikit terjeda karena tingkat latensinya lebih besar.

3. Bloatware Lumayan Ada

Mengusung antarmuka sistem HyperOS, Xiaomi 14T juga masih membawa sejumlah bloatware atau aplikasi bawaan yang kemungkinan tidak semuanya akan kita gunakan dalam rutinitas sehari-hari.

Kabar baiknya, berbagai bloatware yang diusung oleh Xiaomi 14T umumnya dapat dihapus dengan mudah. Kita pun hanya perlu meluangkan waktu untuk memilah-milah aplikasi mana yang masih atau sudah tidak digunakan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar