ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya Xiaomi 14T Vs Xiaomi 13T, Semakin Menarik!

Gadgetren – Xiaomi 14T hadir sebagai penerus dari Xiaomi 13T. Oleh karena itu, sangat wajar apabila perangkat tersebut membawa berbagai macam peningkatan menarik sebagai keunggulan.

Bukan hanya pada dapur pacu, Xiaomi 14T secara umum mempunyai spesifikasi dan dukungan yang lebih unggul dibandingkan pendahulunya. Perangkat tersebut bakalan cocok buat mereka yang ingin mencari pengganti Xiaomi 13T.

Berbagai macam peningkatan yang diusung oleh Xiaomi 14T umumnya dapat dilihat melalui perbedaan antara kedua perangkat tersebut. Termasuk di antaranya adalah sebagai berikut.

Perbedaan Xiaomi 14T Vs Xiaomi 13T

Seperti apa yang sudah disinggung, Xiaomi 14T mempunyai dapur pacu yang lebih kuat. Perangkat tersebut soalnya menggunakan MediaTek Dimensity 8300-Ultra yang mana adalah penerus dari MediaTek Dimensity 8200-Ultra milik Xiaomi 13T.

Pemrosesan data pada Dimensity 8300-Ultra diklaim mempunyai kinerja 20 persen lebih bertenaga dan 20 persen lebih efisien. Pemrosesan grafisnya pun 60 persen lebih kuat dengan konsumsi daya 55 persen lebih baik.

Dengan berbagai peningkatan ini, Xiaomi 14T tentu mempunyai kemampuan yang lebih baik. Perangkat tersebut apalagi juga sudah menggunakan RAM LPDDR5x tidak seperti Xiaomi 13T yang masih mengandalkan LPDDR5.

LPDDR5x disebut-sebut mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan LPDDR5. Namun berbanding terbalik dengan hal itu, konsumsi dayanya justru semakin rendah.

Xiaomi 14T Vs Xiaomi 13T - 1

Xiaomi 14T

Peningkatan di sektor dapur pacu juga diikuti dengan pemutakhiran teknologi penyimpanan yang digunakan. Xiaomi 14T kini menggunakan tipe memori yang lebih baru ketimbang Xiaomi 13T.

Xiaomi kini menggunakan penyimpanan berjenis UFS 4.0. Dalam klaimnya, teknologi ini menawarkan kemampuan transfer data lebih cepat dan konsumsi daya lebih rendah daripada UFS 3.1.

Membahas sektor penyimpanan, Xiaomi 14T juga hadir dengan pilihan kapasitas yang lebih besar. Perangkat tersebut turut menghadirkan varian 512GB buat kita yang memerlukan ruang penyimpanan lebih luas.

Spesifikasi layar yang digunakan juga sedikit ditingkatkan. Meski masih menggunakan panel AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi 2712 x 1220 piksel dan refresh rate hingga 144Hz, tingkat kecerahan pada Xiaomi 14T semakin tinggi.

Xiaomi 14T mempunyai tingkat kecerahan puncak hingga 4.000nits. Ini secara teknis memungkinkan produksi gambar HDR pada layarnya terlihat lebih baik ketimbang Xiaomi 13T yang hanya mampu menangani sampai 2.600nits.

Xiaomi 14T Vs Xiaomi 13T - 2

Xiaomi 13T

Meski terlihat tidak banyak berubah, sektor kamera juga mengalami sejumlah penyesuaian. Xiaomi 14T misalnya kini menggunakan sensor utama Sony IMX906 saat Xiaomi 13T sebelumnya mengandalkan Sony IMX707.

Perubahannya semakin terlihat jelas pada kamera depan. Saat Xiaomi 13T hanya mengandalkan sensor beresolusi 20MP, Xiaomi 14T mendukung pengambilan gambar sampai 32MP.

Tidak hanya kemampuan pengambilan gambarnya yang meningkat. Kamera depan Xiaomi 14T kini juga mendukung perekaman video sampai 4K pada 30fps saat pendahulunya hanya 1080p pada 30fps.

Selaras dengan chipset-nya, dukungan konektivitas pada Xiaomi 14T juga semakin mutakhir. Perangkat tersebut telah mendukung teknologi WiFi 7 yang menawarkan berbagai keunggulan jika dibandingkan WiFi 6 milik Xiaomi 13T.

Hadir dengan dapur pacu yang lebih bertenaga, Xiaomi 14T juga menawarkan berbagai fitur kecerdasan buatan secara bawaan. Termasuk di antaranya seperti Circle to Search, Interpreter, hingga berbagai alat cerdas lainnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar