ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Paksa HP OPPO Ketika Error Freeze Atau Hang

Gadgetren – Ponsel OPPO masa kini sudah memiliki spesifikasi yang mampu menghadirkan performa lancar untuk menjalankan aplikasi maupun game.

Meskipun begitu, ponsel OPPO sama seperti ponsel merek lainnya yang mana bisa mengalami error ketika sudah digunakan dalam waktu lama bisa.

Hal tersebut tentunya akan mengganggu rutinitas harian yang kamu lakukan dan tidak jarang harus mematikan paksa ponsel OPPO agar bisa restart untuk mengembalikannya ke kondisi semula.

1. Pada HP OPPO Generasi Baru

  • Saat ponsel error, tekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan selama 10 detik atau lebih.
  • Apabila berhasil, ponsel akan mati otomatis.
  • Selanjutnya, tekan kembali tombol Power selama beberapa detik  untuk menyalakan kembali ponsel.
  • Setelah berhasil masuk Lock Screen, masukkan kode keamanan yang dibutuhkan
  • Kamu pun akan masuk ke Home Screen secara normal.

Kombinasi tombol Volume Atas dan Power bisa digunakan pada OPPO generasi baru atau ColorOS versi terbaru. Apabila ponsel OPPO kamu termasuk generasi lama, maka tombol yang perlu ditekan sedikit berbeda.

2. Pada HP OPPO Generasi Lama

  • Pada saat ponsel error, tekan tombol Power saja selama 10 detik atau lebih.
  • Ponsel akan mati otomatis.
  • Lalu nyalakan kembali ponsel dengan menekan tombol Power selama beberapa detik
  • Setelah muncul Lock Screen, maka masukkan kode keamanan untuk masuk.

Penggunaan metode dengan tombol fisik sangat dibutuhkan ketika ponsel OPPO sedang mengalami error karena fitur-fitur untuk mematikan perangkat sedang tidak berfungsi sehingga hanya dapat memberikan input lewat tombol saja.

Hal inilah yang membuat tombol Power perlu dijaga agar tidak rusak karena digunakan reset paksa ketika terjadi error yang tidak diinginkan. Selain itu tombol power juga untuk mengistirahatkan layar ponsel, screenshot, dan lainnya.

Untuk memastikan ponsel kamu tetap dalam kondisi prima dan menghindari terjadinya error, sebaiknya memastikan kapasitas penyimpanan internal ponsel tetap lega dengan setidaknya sebesar 10 GB masih tersisa.

Selain itu juga hati-hati dalam mengunduh aplikasi agar tidak memasang aplikasi berbahaya atau bahkan malware di ponsel yang mana dapat membuat sistem tidak dapat bekerja sebagai mana harusnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar