ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

7 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Jangan Sampai Salah!

Gadgetren – WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi chat populer yang digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi baik itu lewat pesan atau panggilan suara.

WhatsApp pun selalu mengalami peningkatan fitur untuk tetap bersaing dan tidak ketinggalan dengan aplikasi lainnya. WhatsApp pun kini punya banyak fitur yang mendukung komunikasi, termasuk stiker.

Namun ada kalanya tiba-tiba WhatsApp tidak bisa dibuka yang mana tentunya merepotkan jika terjadi karena kamu jadi tidak bisa melihat chat yang masuk. Ada beberapa alasan hal tersebut bisa terjadi dan solusi yang bisa kamu lakukan sebagai berikut.

1. Error Sementara

Setelah digunakan secara terus menerus dalam waktu yang lama, terkadang aplikasi WhatsApp bisa saja mengalami error atau crash yang membuatnya tidak dapat bekerja dengan baik.

Kamu pun dapat melakukan restart ponsel untuk menyegarkan sistem dan aplikasi WhatsApp sekaligus untuk membuatnya kembali dapat bekerja dengan normal.kembali.

2. Memori Internal Hampir penuh

Memori internal yang hampir penuh bisa menyebabkan berbagai masalah pada ponsel, termasuk sistem berjalan agak lambat atau bahkan terkadang bisa terjadi freeze.

Sementara itu aplikasi seperti WhatsApp pun menjadi sering Force Close atau tidak dapat dibuka. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu menambahkan ruang kosong pada memori internal setidaknya 10 GB atau lebih supaya segala aplikasi dapat bekerja optimal.

3. Aplikasi Terpasang Bermasalah

Pada saat kamu mengunduh aplikasi WhatsApp, tidak menutup kemungkinan ada kesalahan pada proses pemasangan sehingga menyebabkannya tidak dibuka secara normal.

Kamu pun bisa coba menghapus aplikasi WhatsApp terlebih dulu dan mengunduhnya ulang dari Google Play Store atau Apple Store untuk mendapatkan versi terbaru secara resmi.

4. Jaringan Internet Sedang Bermasalah

Kita ketahui bersama bahwa WhatsApp menggunakan koneksi internet untuk bisa menggunakan layanan yang ditawarnya baik itu chat maupun video call dengan pengguna lain. Jaringan internet yang lambat pun bisa membuat WhatsApp jadi bermasalah.

Dengan begitu, pastikan koneksi yang kamu gunakan sudah stabil atau sebaiknya menggunakan WiFi agar WhatsApp dapat terbuka dengan lancar.

5. Cache atau Data Rusak

  • Pilih menu Apps atau App Management.
  • Pilih WhatsApp.
  • Pilih Storage.
  • Kamu dapat memilih Clear Cache atau Clear Data.

Clear Data akan membuat aplikasi WhatsApp menjadi seperti awal dipasang atau seperti reset sementara Clear Cache hanya akan menghapus data sementara saja.

Data dan Cache dari suatu aplikasi akan bertambah seiring dengan penggunaan sehingga kalau ada masalah akan membuat sistem kesulitan untuk membuka aplikasi tersebut. Penyebabnya bisa beragam mulai dari bug hingga kesalahan pemuatan sehingga kamu bisa coba untuk membersihkannya.

6. Aplikasi Masih Versi Lama

Meta mengharuskan pengguna selalu melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp ke versi terkini agar fitur, peningkatan keamanan, dan perbaikan bugs diterima secara merata.

Server WhatsApp akan membaca apakah versi sudah sesuai atau belum. Apabila masih versi lama, maka secara otomatis biasanya akan langsung ditolak untuk dibuka karena WhatsApp ingin menjamin seluruh pengguna mendapatkan pengalaman yang sama.

Untuk itulah sebaiknya kamu memastikan aplikasi WhatsApp yang digunakan sudah versi terbaru. Jika belum, maka kamu dapat mengunduhnya dari Google Play Store maupun Apple App Store.

7. Sistem Operasi Sudah Tidak Didukung

Meta sering memberi kabar minimal versi sistem operasi mana yang bisa mendukung untuk menjalankan aplikasi WhatsApp. Hal ini cukup wajar untuk memastikan kompatibilitas dan keamanan tidak ada masalah.

Pada halaman informasi resmi WhatsApp, setidaknya ponsel harus menjalankan sistem operasi Android versi 5.0 atau di atasnya dan sistem iOS 12 atau versi di atasnya untuk iPhone.

Oleh karena itu kamu perlu memastikan untuk selalu melakukan pembaruan sistem operasi pada ponsel. Namun jika ponsel kamu memang sudah tergolong lama, sayangnya tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain membeli ponsel lebih baru.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar