ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan vivo V40 Lite – Lebih Terjangkau Tapi Tetap Menarik

Gadgetren – Seri vivo V40 menghadirkan varian termurah mereka ke Indonesia. Diberi nama vivo 40 Lite, perangkat tersebut salah satunya hadir dalam versi 5G yang menawarkan dukungan lebih baik.

Perangkat tersebut pun dapat menjadi alternatif yang lebih terjangkau apabila kita ingin menjajal keunggulan seri vivo V40. Walaupun di sisi lain, terdapat beberapa penyesuaian yang diterapkan.

Di Indonesia, vivo V40 Lite 5G dapat dipinang dengan harga mulai dari Rp4.299.000 melalui berbagai saluran penjualan. Kita yang masih ragu-ragu pun dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan vivo V40 Lite 5G

1. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Meluncur ke pasar menengah, vivo V40 Lite 5G mengandalkan sektor baterai menjadi keunggulan utamanya. Perangkat tersebut hadir dengan kapasitas penyimpanan daya yang besar sekaligus teknologi pengisian yang sangat cepat.

Untuk baterainya, perangkat tersebut dilengkapi dengan kapasitas sebesar 5.000mAh. Kita secara teknis sudah dapat memakainya untuk mengerjakan rutinitas sehari-hari tanpa berulang kali mengisi daya.

Berdasarkan klaim dari pihak vivo, baterai yang digunakan pada vivo V40 Lite 5G pun dapat bertahan hingga selama 15 jam saat digunakan untuk menonton video secara daring di aplikasi YouTube yang mana cukup lama jika ingin digunakan dalam perjalanan.

Sementara untuk pengisian dayanya, perangkat tersebut sudah didukung dengan teknologi 80W FlashCharge. Dukungan ini memungkinkan ponsel terisi dari kosong hingga kapasitas 45 persen hanya dalam kurun waktu 15 menit sehingga tidak perlu terlalu menunggu lama.

Meskipun menggunakan teknologi pengisian daya sangat tinggi, kita pun tidak perlu khawatir kesehatan baterai perangkat akan cepat menurun. vivo 40 Lite 5G memakai berbagai dukungan yang akan menjaga kapasitasnya supaya tidak berkurang dari 80 persen selama empat tahun pemakaian.

2. Kamera Bisa Diandalkan

Sama seperti saudaranya, vivo V40 Lite 5G juga disokong dengan dukungan kamera yang sangat baik. Perangkat tersebut dilengkapi dengan lensa beresolusi tinggi baik untuk kamera utama maupun depannya.

Kelebihan dan Kekurangan vivo V40 Lite 5G dan 4G - Kamera

Pada kamera utamanya, perangkat tersebut sudah menggunakan sensor Sony IMX882 yang menawarkan dukungan pengambilan gambar hingga 50MP. Pihak vivo memadukannya bersama lensa ultrawide 8MP sebagai penunjang.

Yang tidak kalah menarik, sistem kamera pada perangkat tersebut juga masih dilengkapi dengan fitur AI Aura Light Portrait seperti lini keluarga vivo V40 pada umumnya. Dukungan ini menawarkan pencahayaan yang lebih baik untuk membantu pengambilan gambar.

Mengimbangi kemampuan kamera utamanya, vivo V40 Lite 5G juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi tinggi. Perangkat tersebut menggunakan lensa beresolusi 32MP untuk kebutuhan selfie untuk memastikan foto terlihat jelas dan tajam.

3. Penyimpanan Luas

Selaras dengan kemampuan kameranya, vivo V40 Lite 5G juga dilengkapi dengan dukungan penyimpanan yang sangat baik. Perangkat tersebut mempunyai memori internal berkapasitas besar yang dapat menampung banyak foto, video, maupun aplikasi.

Tersedia dalam dua varian memori, vivo V40 Lite 5G menawarkan penyimpanan internal yang dapat dipilih antara 256GB atau 512GB. Kita pun dapat memilihnya sesuai penggunaan yang akan dilakukan maupun dana yang tersedia.

Dilengkapi dengan internal yang sangat besar, vivo V40 Lite 5G menariknya masih mendukung pemasangan kartu media eksternal sampai kapasitas 1TB. Kita makanya tidak perlu khawatir apabila memerlukan ruang penyimpanan lebih luas.

4. Bodi Cantik Tahan Air

Mengikuti jejak saudara-saudaranya, vivo V40 Lite 5G tampil cantik dalam balutan warna Titanium Silver dan Carbon Black. Desain yang digunakan pun sangat berbeda dari kebanyakan ponsel menengah sehingga menambah kesan eksklusif.

Bodi perangkat tersebut juga tergolong tipis di mana ketebalannya hanya sekitar 7,79mm. Bobotnya pun cukup ringan untuk digunakan dengan satu tangan karena hanya seberat 188 gram. Dengan begitu, ponsel ini tidak hanya terlihat modern melainkan juga

Tak hanya sekadar cantik, bodi vivo V40 Lite 5G juga mempunyai keandalan pemakaian tinggi. Perangkat tersebut bahkan membawa fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi IP64 yang secara teori sudah cukup untuk hujan-hujanan.

Kekurangan vivo V40 Lite 5G

1. Kinerja Bisa Lebih Baik

Mengandalkan Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2, vivo V40 Lite 5G tentunya bukan ponsel dengan kinerja yang terbaik di kelasnya. Ada banyak perangkat dengan banderol harga serupa mempunyai chipset yang lebih bertenaga sehingga kamu yang sangat mementingkan performa perlu mempertimbangkan hal yang satu ini.

Walaupun begitu, Snapdragon 4 Gen 2 sebenarnya bukan chipset yang buruk. Kita masih dapat mengandalkannya untuk menangani berbagai kebutuhan harian mulai dari berkomunikasi, berselancar di media sosial, menikmati hiburan, hingga bermain game sekalipun.

Chipset ini apalagi dipadukan dengan konfigurasi RAM yang cukup tinggi. Bagi kamu yang belum tahu, perangkat vivo V40 Lite 5G tersedia dalam dua varian yang dapat dipilih antara 8GB atau 12GB yang seharusnya sudah mencukupi untuk kebutuhan aplikasi masa kini.

2. Slot Kartu Hibrida

Masih dilengkapi dengan dukungan untuk memasang kartu media eksternal, vivo V40 Lite 5G sayangnya menggunakan tipe slot hibrida. Ini mengartikan bahwa kita tidak bisa mengekspansi ruang penyimpanan sekaligus memakai dua nomor secara bersamaan.

Slot kartu hibrida pada vivo V40 Lite 5G hanya dapat menampung dua nomor secara bersamaan atau mengganti salah satunya dengan kartu media eksternal. Jadi, kita harus memilih saat memerlukan kedua fungsinya sekaligus.

3. Proteksi Layar Dipertanyakan

Dengan spesifikasi layar menarik khas ponsel di kelas menengah, vivo V40 Lite 5G sayangnya tidak mengungkapkan ketersediaan lapisan pelindungnya. Banyak perangkat sekelasnya padahal sudah dilengkapi dengan Panda Glass hingga bahkan Corning Gorilla Glass.

Ketersediaan lapisan pelindung layar bakal membuat pengoperasian menjadi lebih tenang. Apabila belum ada, kita tentunya perlu membeli screen guard, tempered glass, atau hydrogel sebagai alternatif untuk ketahanan tambahan.

Untuk Versi vivo V40 Lite 4G

Kelebihan dan Kekurangan vivo V40 Lite 5G dan 4G - versi 4G

Seri vivo V40 Lite juga hadir dalam versi 4G yang dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Perangkat tersebut bahkan sudah dapat dipinang hanya dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp3.299.000. Namun tentunya versi 4G memiliki perbedaan.

Secara umum, spesifikasi dan desain yang ditawarkan oleh vivo V40 Lite 4G tidak jauh berbeda dengan versi 5G karena memang masih satu lini. Perangkat tersebut bahkan masih dilengkapi dengan layar AMOLED ber-refresh rate hingga 120Hz meski harganya jauh lebih murah.

Perbedaan utamanya terletak pada bagian dapur pacu. Perangkat tersebut hanya mengandalkan Qualcomm Snapdragon 685 yang mana secara teknis juga bukan pilihan chipset paling kuat di rentang harganya. Sebagai ganti hanya mendukung jaringan 4G, chipset ini tentunya membawa nilai tawar yang cukup baik.

Berbeda dari versi 5G, vivo V40 Lite 4G juga hanya mempunyai varian dengan dukungan RAM berkapasitas 8GB. Pilihan media penyimpanan yang ditawarkan pun hanya tersedia antara 128GB dan 256GB. Sudah tergolong cukup seharunya untuk sekarang ini.

Sektor kamera juga mendapat sedikit penyesuaian. Meskipun mendukung resolusi 50MP, perangkat tersebut tidak menggunakan sensor Sony IMX882. Kamera ultrawide-nya pun diganti dengan lensa kedalaman 2MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar