ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Mengenal Fitur Eye Tracking iOS 18 yang Dapat Memudahkan Pengoperasian!

Gadgetren – Pembaruan iOS 18 membawa berbagai fitur baru untuk perangkat iPhone. Termasuk salah satu di antaranya adalah Eye Tracking yang memungkinkan pengoperasian menjadi lebih fleksibel.

Dengan fitur baru tersebut, kita dapat mengoperasikan iPhone tanpa menggunakan kedua tangan. Kita tidak perlu mengusap layar untuk menggulirkan halaman atau mengetuk untuk memilih menu yang diinginkan.

Fitur baru dari iOS 18 tersebut kini ramai diperbincangkan di media sosial. Kemampuannya untuk membuat pengoperasian perangkat menjadi lebih fleksibel pun banyak menyita perhatian para penggemar iPhone.

Fitur Eye Tracking iOS 18

Seperti namanya, Eye Tracking merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kita mengoperasikan perangkat iPhone dengan menggunakan gerakan mata. Apple merancangnya untuk membantu para pengguna yang memiliki keterbatasan secara fisik.

Didukung dengan sistem kecerdasan buatan, fitur Eye Tracking dapat digunakan untuk mengarahkan pilihan ke menu dan aplikasi. Terdapat juga dukungan bernama Dwell Control yang dapat dipakai untuk menggulirkan layar hingga mengakses fungsi tambahan seperti tombol fisik, usapan, atau gesture lain.

Yang cukup menarik, fitur tersebut akan mengolah semua data yang digunakan secara lokal dengan menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat. Pengaturan maupun kontrol akan tersimpan dengan aman di iPhone dan tidak akan dibagikan ke Pihak Apple.

Namun sebagai ganti, fitur tersebut sayangnya memerlukan dukungan peranti keras yang cukup kuat. Makanya sangat wajar apabila tidak semua perangkat yang menjalankan iOS 18 mendukung pengoperasian dengan Eye Tracking.

Meskipun masih didukung oleh sistem iOS 18, beberapa model perangkat memang menawarkan dukungan peranti keras yang tergolong lawas. Fitur Eye Tracking makanya hanya tersedia mulai dari seri iPhone 12, iPhone SE 3, atau generasi yang lebih baru.

Selama sudah didukung, kita dapat menggunakan fitur Eye Tracking dengan sangat mudah. Kita dalam hal ini hanya perlu mengaktifkan setelannya terlebih dahulu di halaman pengaturan.

Cara Mengaktifkan Fitur Eye Tracking iOS 18

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Accessibility.
  • Pilih menu pengaturan Eye Tracking.
  • Aktifkan opsi Eye Tracking.
  • Lakukan kalibrasi dengan memfokuskan penglihatan pada pergerakan titik-titik di layar.

Setelah kalibrasi selesai, atur beberapa opsi lain seperti sensitivitas respons gerakan mata, Zoom on Keyboard Keys untuk memperbesar tampilan keyboard, hingga Dwell Control untuk menampilkan tombol virtual.

Berkaitan dengan Dwell Control, opsi ini umumnya akan diaktifkan secara otomatis setelah kita selesai mengatur Eye Tracking. Kita nanti bahkan akan diminta untuk mengintegrasikan dukungan ini dengan AssistiveTouch jika kita memakainya.

Pengoperasian dengan Eye Tracking pun sangat mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu menatap layar dengan jarak kurang lebih 30 cm lalu mengarahkan pandangan ke menu yang diinginkan. Fokuskan penglihatan ke menu selama beberapa detik untuk mengaktifkan atau memilihnya.

Hanya saja untuk menggulirkan layar, kita perlu memanfaatkan pintasan Scroll yang ada di dalam menu AssistiveTouch. Opsi ini akan muncul setelah kita mengintegrasikan Eye Tracking dengan fitur bawaan iOS tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar