ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Laptop / PC

Laptop Acer Swift Go 14 AI dengan Prosesor Snapdragon Sudah Bisa Dibeli, Ini Harganya

Laptop Acer Swift Go 14 AI dengan Prosesor Snapdragon Sudah Bisa Dibeli, Ini Harganya

Gadgetren – Setelah menghadirkan laptop Copilot+ PC Swift Go 14 AI dengan prosesor seri Intel Core Ultra, kini Acer kembali merilis laptop Copilot+ PC lainnya melalui Swift Go 14 AI yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon X Plus.

Laptop baru ini tengah dijual melalui program pre order hingga tanggal 27 September 2024 mendatang yang dibanderol dengan harga Rp16.999.000. Pembeli dapat memesannya melalui e-commerce yang menjadi partner resmi Acer di Tokopedia.

Selama periode pemesanannya, pembeli akan mendapatkan penawaran menarik berupa diskon Rp2 juta sehingga laptop tersebut menjadi harga Rp14.999.000, gratis akses Microsoft PC Game Pass 3 bulan, Free Microsoft Office 365 Basic selama 1 tahun, dan 100 GB Onedrive.

Setiap pembeliannya juga turut menyediakan sistem operasi Windows 11 Home dan Office Home Student 2021. Selain itu, laptop ini juga didukung dengan garansi sparepart selama 2 tahun, garansi servis selama 3 tahun, serta 1 tahun Acer Accidental Damage Protection yang mencakup layanan prioritas dan perlindungan terhadap kerusakan tidak sengaja.

Sebagai laptop Copilot+ PC, Swift Go 14 AI menggunakan varian prosesor Qualcomm Snapdragon X Plus X1P-42-100 yang dibekali Neural Processing Unit (NPU) dengan Qualcomm AI Engine untuk menyediakan kemampuan komputasi cerdas dan juga fitur-fitur mutakhir.

Fitur-fitur Copilot+ PC pada Swift Go 14 AI hadir disebut akan dapat memudahkan dan mempercepat tugas-tugas pengguna sehari-hari baik pada penggunaan sistem perangkat hingga aplikasi berbasis AI.

Sebagai contoh fitur-fitur AI dapat mempercepat proses kreatif pengguna melalui aplikasi-aplikasi populer seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Davinci, Luminar Neo, GIMP, dan Stable Diffusion.

 Acer-Swift-Go-14-AI-dibuka

Di atas kertas, prosesor Qualcomm Snapdragon X Plus X1P-42-100 yang memiliki 8 cores dengan kecepatan maksimal hingga 4.0 GHz disebut mampu memberikan performa AI hingga 45 TOPS. Prosesor tersebut juga didukung prosesor grafis Adreno dengan kecepatan hingga 1.7 TFLOPs.

Untuk membaca data dengan cepat, laptop baru ini menggunakan RAM LPDDR5X dual channel berkapasitas 16GB dan penyimpanan internal SSD NVMe Gen4 1TB. Laptop ini diklaim dapat berjalan dengan suhu yang tetap adem karena bagian hardware didukung sistem pendinginan TwinAir yang dilengkapi dengan kipas ganda.

Sistem pendinginannya ini disebut dapat menjaga suhu hingga 10% lebih dingin dalam berbagai kondisi. Sementara baterainya berkapasitas 65 Whr yang diklaim dapat digunakan hingga seharian dalam sekali pengisian daya.

Menariknya, laptop Swift Go 14 AI memiliki tombol khusus Copilot+ PC yang terletak di sebelah kanan tombol Alt pada keyboard. Kemudian menyediakan Lighting Icon yang ada di bagian touchpad. Ikon pencahayaan tersebut akan menyala ketika NPU sedang bekerja melakukan pemrosesan komputasi dengan bantuan AI.

 Acer-Swift-Go-14-AI-nyala

Touchpad juga telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass yang tahan terhadap goresan. Secara fisik laptop Swift Go 14 AI dengan Snapdragon memiliki bobot 1,32 kg dengan ketebalan 1,79cm yang menjadikan ringan dan ramping.

Layarnya berukuran 14,5” berpanel IPS yang memiliki resolusi WUXGA serta mendukung refresh rate hingga 120Hz, dan Color Gamut 100% sRGB. Pengguna dapat memanfaatkan webcam kamera QHD yang tersemat di atas layar untuk membuka telekonferensi video.

Agar meeting video berjalan lancar, tersedia fitur pendukung Acer PurifiedView 2.0 yang menawarkan beragam fitur AI canggih seperti resolusi video yang lebih tajam. Lalu Automatic Framing yang dapat membuat posisi wajah pengguna berada di tengah layar dalam rapat virtual.

Selanjutnya fitur Acer User Sensing yang akan mendeteksi ketika pengguna sedang berada di depan laptop atau menjauh dari laptop. Kamera webcam juga dilengkapi dengan privacy shutter sehingga pengguna dapat menutup kamera ketika dibutuhkan untuk privasi penggunaan.

 Acer-Swift-Go-14-AI-samping-kanan

Saat meeting video, suara yang dihasilkan ketika berkomunikasi juga dapat terdengar jernih dengan tiga mikrofon bawaan dan bantuan AI Noise Cancellation yang dapat meredam suara bising di sekitar pengguna.

Sistem audio pada laptop ini telah mendukung sertifikasi DTS X Ultra dan Snapdragon Sound (Lossless Audio) untuk menghasilkan suara yang terasa lebih hidup.

Konektivitas pada laptop terbilang lengkap mulai dari 2x USB 3.2 Type A Gen 1, 2x USB-C (USB 4.0), audio Combo Jack, dan HDMI to USB-C. Terakhir menyediakan WiFi 7 untuk koneksi internet yang ngebut, Bluetooth 5.4, dan Bluetooth LE Audio.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar