ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Kompres Video di CapCut Agar Ukuran Lebih Kecil

Gadgetren – Di aplikasi CapCut, kamu dapat edit video untuk keperluan tertentu misalnya untuk diunggah ke YouTube, TikTok, dan Instagram dalam beragam ukuran rasio.

Sementara itu apabila video memiliki data yang terbilang terlalu besar, maka kamu bisa mengompres video tersebut di CapCut sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

Dengan begitu akan mempercepat proses unggah, menghemat ruang penyimpanan, mengurangi konsumsi data, dan mempercepat proses rendering.

Cara Kompres Video di CapCut

  • Buka Aplikasi CapCut di ponsel kamu.
  • Buat atau Impor Proyek Video dengan mengetuk ikon +.
    new-project
  • Pilih video yang ingin kamu kompres dari galeri ponsel.
  • Edit Video dengan memotong footage, menambahkan filter, atau melakukan editing lainnya.
  • Ketuk tombol Ekspor yang biasanya ada di pojok kanan atas layar.
  • Di layar ekspor, kamu akan melihat opsi untuk mengatur resolusi dan frame rate.
  • Semakin rendah resolusinya, semakin kecil ukuran file video.
  • Misalnya jika awalnya 1080p, kamu bisa turunkan menjadi 720p atau 480p.
    resolution-capcut
  • Kurangi juga frame rate hingga 24fps jika ingin paling kecil.
    frame-rate-capcut
  • Ketuk Ekspor untuk menyimpan video.

Proses ini akan mengompres video dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan pengaturan resolusi maksimal. Setelah video diekspor, ukuran file video akan lebih kecil dari versi aslinya karena penurunan resolusi dan frame rate.

Perlu diingat selain ukuran yang lebih kecil, kualitas video akibat kompres juga akan menurun tergantung pada pengaturan yang diterapkan. Di CapCut, kamu bisa menyesuaikan pengaturan resolusi hingga 480p dan 24 frame rate untuk yang paling rendah.

Platform seperti Instagram dan TikTok sering kali memiliki batasan ukuran video yang bisa unggahan. Dengan mengompres video, kamu bisa memastikannya tidak melebihi batas ukuran dan dapat diunggah dengan cepat tanpa mengurangi banyak kuota.

Selain itu, video yang sudah dikompres lebih efisien untuk berbagi melalui platform media sosial atau aplikasi pesan instan karena ukurannya lebih kecil.

Hal ini juga bisa mempermudah pemutaran di perangkat dengan spesifikasi rendah atau jaringan internet yang tidak stabil. Kompresi video di CapCut terbilang praktis karena bisa membuat video sekaligus melakukan kompresi dalam satu aplikasi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar