ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Aplikasi Berita

Google Meet Kini Bisa Buat Catatan Meeting dengan AI

Google Meet Kini Bisa Buat Catatan Meeting dengan AI

Gadgetren – Google dikabarkan telah mengumumkan fitur terbarunya bernama “Take notes for me” pada Google Meet. Fitur yang berbasis AI ini secara otomatis dapat mencatat diskusi maupun presentasi selama rapat online.

Fitur ini tersedia untuk pelanggan Google Workspace tertentu sehingga tidak semua pelanggan atau pengguna Google bisa merasakan fitur “Take notes for me”. Fitur ini akan dapat digunakan saat pengguna mengakses Google Meet di komputer atau laptop, dan untuk saat ini hanya mendukung bahasa Inggris.

Fitur “Take notes for me” akan digulirkan secara bertahap hingga 15 hari yang dimulai pada tanggal 27 Agustus 2024 dengan perkiraan penyelesaian pada tanggal 10 September 2024.

Untuk kriteria pelanggan yang dapat menikmati fitur ialah pelanggan Google Workspace dengan add-on layanan Gemini Enterprise, Gemini Education Premium, dan AI Meetings & Messaging. Selain pengguna dengan layanan add-on tambahan tersebut yang dapat mengakses, admin perusahaan juga dapat menikmati fitur “Take notes for me”.

Fitur “Take notes for me” dirancang untuk memudahkan pengguna yang melakukan video meeting dengan Google Meet untuk dapat bisa mencatat hasil rapat, presentasi maupun diskusi sehingga bisa mendapatkan rangkuman tanpa ada yang tertinggal.

Saat diaktifkan, fitur tersebut akan secara otomatis mengambil catatan rapat di Google Docs dan menyimpannya ke Google Drive pemilik rapat. Jika pengguna tertinggal selama rapat, menariknya, fitur ini dapat memberikan ringkasan rapat terakhir atau “Summary so far”.

Pengguna juga dapat mengirim email dengan tautan rangkuman setelah rapat. Email ini ditujukan kepada penyelenggara rapat dan siapa pun yang mengaktifkan fitur tersebut. Jika pengguna juga mengaktifkan rekaman dan transkrip rapat, rekaman dan transkrip tersebut akan ditautkan dalam dokumen catatan.

Setelah rapat, dokumen catatan yang telah dirangkum juga akan dilampirkan ke acara kalender tempat peserta internal organisasi pengguna dapat mengaksesnya. Dokumen catatan dapat disimpan di folder drive pemilik rapat dan akan mengikuti kebijakan penyimpanan Meet yang telah dikonfigurasikan oleh perusahaan pengguna atau admin.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar