ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Aksesoris Berita

Biaya Layanan Seller Tokopedia Naik Hingga 10%, Ini Detailnya

Biaya Layanan Seller Tokopedia Naik Hingga 10%, Ini Detailnya

Gadgetren – Sebagai aplikasi khusus untuk para penjual, Tokopedia menghadirkan aplikasi Tokopedia Seller dan dikabarkan telah menetapkan peraturan baru untuk penyesuaian biaya layanan bagi penjual yang memiliki keanggotaan Power Merchant dan Power Merchant PRO.

Tokopedia melalui Tokopedia Seller menjadi wadah bagi penggunanya untuk dapat membuka toko online pada kanalnya sehingga mereka dapat bisa berjualan memasarkan produk-produk andalannya.

Penyesuaian biaya layanan baru ini berlaku sesuai kategori produk terjual di toko penjual masing-masing. Biaya layanan sendiri dikenakan pada setiap pesanan yang diselesaikan, berdasarkan persentase yang berbeda untuk setiap sub-kategori produk terjual.

Penyesuaian biaya layanan tersebut berlaku pada tanggal 16 September 2024. Perubahan penyesuaian biaya layanan ini berlaku untuk Seller Power Merchant dan Power Merchant PRO dengan penyesuaian biaya layanan mulai dari 1% hingga 10% sesuai kategori produk terjual.

Sebagai contoh untuk kategori elektronik, sebelum tanggal 16 September 2024 biaya layanan untuk kategori ini sebelumnya mulai dari 1.00% – 6.50% di mana ada kenaikan 3.50% dari 1% – 10%. Kemudian berlaku juga untuk kategori Lainnya.

Sementara untuk produk  Fashion, FMCG, dan Gaya Hidup biaya layanan sebelum tanggal 16 September 2024 mulai dari 4.00% – 6.50%. Setelah tanggal 16 September 2024 kategori tersebut biaya layanan mulai 4.25% – 10.00%.

Untuk perhitungannya sendiri biaya layanan dihitung berdasarkan harga per produk dikurangi diskon dari penjual. Biaya pengiriman dan diskon platform tidak termasuk ke dalam perhitungan biaya layanan.

 Tokopedia-Biaya-Layanan-Jual-Barang

Sementara bagi Seller Regular Merchant yang telah berubah status keanggotaan menjadi Power Merchant dan memiliki lebih dari 50 pesanan pada tanggal 1 Mei 2024 akan dikenakan biaya layanan Power Merchant.

Di samping itu, Tokopedia memberikan kesempatan berupa program terbatas mulai dari 1 Mei hingga 31 Desember 2024 berupa gratis biaya layanan untuk 50 order pertama yang dapat diikuti Seller baru yang buka toko terhitung sejak tanggal 1 Mei 2024 dan Regular Merchant yang berubah status keanggotaan menjadi Power Merchant dan belum mencapai 50 order pada 1 Mei 2024.

Seller Regular Merchant akan disetarakan menjadi Seller Power Merchant secara bertahap. Selama toko belum menjadi Power Merchant, Seller akan dikenakan biaya layanan baru jika telah memiliki lebih dari 50 order per tanggal 1 Mei 2024.

Untuk kategori 1 seller Reguler Merchant setelah transaksi ke- 50 dengan biaya layanan 3,8%. Kemudian kategori seller Reguler Merchant setelah transaksi ke- 50 dengan biaya layanan 3% dan seterusnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar