ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Samsung Hadirkan Circle to Search dan Warna Baru untuk Galaxy A55 dan A35 5G

Samsung Hadirkan Circle to Search dan Warna Baru untuk Galaxy A55 dan A35 5G

Gadgetren –  Melalui perhelatan offline yang diselenggarakan di Jakarta, Samsung telah memperkenalkan kehadiran fitur Circle to Search dari Google untuk perangkat Galaxy A55 dan A35 5G di Indonesia.

Sebelumnya fitur Circle to Search dari Goolge ini hadir hanya pada seri flagship mereka. Sama seperti Circle to Search yang sudah ada sebelumnya, fitur ini pada kedua handphone kelas menengah tersebut juga dapat membantu pengguna mencari informasi yang tidak mereka ketahui dengan mudah.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna hanya perlu membuka aplikasi kamera pada kedua handphone tersebut. Lalu arahkan kamera ke objek tertentu di sekitar kamu. Kemudian ambil foto salah satu objek yang ingin diketahui dan lingkari bagian tersebut seperti objek tas, sepatu, makanan, bangunan, dan lainnya.

Setelah itu Galaxy AI akan bekerja dengan cepat memproses pencarian yang berkaitan dengan gambar tersebut. Kemudian informasi lengkapnya akan muncul secara cepat.

Fitur Circle to Search pada kedua handphone ini juga dapat mengidentifikasi tulisan pada papan atau banner yang kamu temui di jalan raya, lalu dapat menerjemahkan ke dalam bahasa yang kamu mengerti misalnya dari bahasa Cina ke Indonesia atau Inggris ke Indonesia.

Bersamaan dengan pengumuman hadirnya Circle to Search pada kedua handphone kelas menengahnya, Samsung juga turut membawa warna baru dari Galaxy A55 dan Galaxy A35 5G yakni Awesome Lemon. Warna ini melengkapi warna kedua perangkat tersebut yang telah dipasarkan yaitu warna Awesome Blue, Awesome Navy, dan Awesome Lilac.

Menurut Rizky Bunardi selaku MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia menyampaikan bahwa warna baru Awesome Lemon dihadirkan atas dasar meningkatkan tren untuk penjualan warna cerah untuk kedua handphone tersebut.

Awesome Lemon pada Galaxy A55 5G memiliki bingkai berbahan logam dan di bodi belakangnya terbuat dari kaca. Kemudian handphone ini juga menampilkan desain terbarunya bernama key Island yang menyerupai lekukan pada tombol power dan volume-nya.

 Circle-to-search-Galaxy-A55-Dan-A35-5G

Mengenai spesifikasinya, baik Galaxy A55 dan Galaxy A35 mengusung ukuran layar 6,6″ berpanel Super AMOLED yang memiliki resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) serta mendukung refresh rate 120Hz, dan tingkat kecerahan 1.000 nits.

Pada layar dan penampang bodi belakangnya, Galaxy A55 5G dilindungi Corning Gorilla Glass Victus. Sedangkan Galaxy A35 5G pada bagian depan dan belakangnya dilindungi Coring Gorilla Glass 5. Untuk bagian bingkai Galaxy A35 5G masih menggunakan bahan plastik polikarbonat.

Perform pacu keduanya berbeda, Galaxy A55 5G ditenagai oleh chipset Exynos 1480 (4nm) Octa-Core 2,75 GHz yang diklaim memiliki performa yang meningkat 1,32 kali dibandingkan dengan Galaxy A54 5G.

Sedangkan Galaxy A35 5G menggunakan chipset Exynos 1380 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz yang diklaim mempunyai peningkatan kinerja 1,15 kali dibandingkan dengan Galaxy A34 5G sebelumnya.

Soal fotografi, Galaxy A55 5G menggunakan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 12 MP, dan makro 5 MP. Sementara untuk kamera depannya beresolusi 32 MP.

 Samsung-Galaxy-A55-Dan-A35-5G-lemon-

Sementara Galaxy A35 5G menyediakan tiga kamera belakang mencakup kamera utama 50 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 5 MP. Kemudian kamera depannya memiliki resolusi mencapai 13 MP. Kedua handphone ini sama-sama didukung Super HDR Video, Nightography, dan OIS.

Sedangkan untuk kamera Galaxy A55 5G dapat merekam video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Handphone ini juga menyediakan AI ISP untuk proses pengeditan hasil foto seperti membuat foto fokus dengan belakang blur dan remaster, bahkan dapat membuat hasil foto menjadi stiker.

Baterai keduanya berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi pengisian daya 25W Fast Charging. Keduanya juga dibekali sertifikasi IP67 yang menandakan perangkat dapat bertahan dari debu dan air dengan kedalaman 1 meter dengan waktu maksimal 30 menit.

Selain itu tersedia fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna dapat  melakukan pembayaran digital maupun pengisian saldo kartu e-money. Keduanya turut didukung sistem keamanan Samsung Knox Vault yang dapat melindungi  hardware dari serangan. Ketika ada serangan Malware bisa dicegah dengan fitur autoblocker melalui Samsung Knox Vault.

Samsung juga turut memberikan 4 kali upgrade OS dan 5 tahun update security untuk kedua perangkat ini. Semua perangkat ini sudah menggunakan OneUI 6.1 berbasiskan Android 14. Keduanya juga dibekali dengan fitur biometrik yang terdiri dari sensor fingerprint di bawah layar dan Face Unlock.

 Samsung-Galaxy-A55-5G-paket-MLBB-

Selain itu, Samsung juga turut menghadirkan Galaxy Special Package untuk Galaxy A55 5G yang tersedia terbatas. Kemasan boks Galaxy A55 5G khusus ini tampil dengan desain gambar Mobile Legends Bang Bang yang menyediakan keuntungan tambahan berupa MLBB skin dan limited diamond offer, Gaming Headphone, Travel adaptor, dan Silicone Case.

Paket kemasan khusus Galaxy A55 5G menawarkan RAM 8GB dan penyimpanan 256 GB dalam varian warna Lemon dan Navy dengan harga banderol Rp6.299.000. Untuk warna Lemon, gaming headphone berwarna putih, sedangkan warna Navy gaming headphone berwarna putih.

Untuk Galaxy A55 5G warna Lemon dibanderol mulai Rp6.299.000, sedangkan Galaxy A35 5G dilepas mulai Rp4.999.000.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar