ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

NVIDIA Rilis Layanan Baru untuk Mempercepat Penerapan AI di Jepang dan Taiwan

NVIDIA Rilis Layanan Baru untuk Mempercepat Penerapan AI di Jepang dan Taiwan

Gadgetren – Berbagai negara di dunia kini semakin fokus pada konsep sovereign AI, yaitu di mana suatu negara mengembangkan dan mengendalikan sistem kecerdasan buatan mereka sendiri dengan memanfaatkan data, bahasa, dan budaya lokal.

Contohnya di Jepang, perusahaan AI Preferred Networks telah mengembangkan model AI khusus untuk bidang kesehatan yang dilatih dengan data medis Jepang yang unik, bernama Llama3-Preferred-MedSwallow-70B. Model ini dilaporkan meraih skor tertinggi pada ujian nasional kedokteran di Jepang.

Di Taiwan, Rumah Sakit Chang Gung Memorial yang terkemuka telah menciptakan AI Inference Service (AIIS) untuk mengintegrasikan semua aplikasi Large Language Model (LLM) mereka dalam sistem rumah sakit.

Dengan menggunakan Llama 3-Taiwan 70B, mereka berhasil meningkatkan efisiensi staf medis garda depan dengan bahasa medis yang lebih mudah dipahami oleh pasien.

Untuk mendukung perkembangan AI ini, NVIDIA mengumumkan empat layanan mikro baru dari NVIDIA NIM, serangkaian alat yang memudahkan para pengembang dalam menggunakan dan menerapkan teknologi AI.

Layanan mikro ini mendukung berbagai model populer yang disesuaikan dengan kebutuhan regional, serta meningkatkan interaksi pengguna dengan memberikan pemahaman dan respons yang lebih baik berdasarkan bahasa lokal dan budaya.

Contohnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Llama-3-Swallow-70B dilatih dengan data bahasa Jepang sementara Llama-3-Taiwan-70B dilatih dengan data bahasa Mandarin. Kedua model ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peraturan dan adat istiadat lokal.

Dengan layanan mikro baru dari NVIDIA NIM ini, para pengembang dapat membuat copilot, chatbot, dan asisten AI dengan LLM yang disimpan secara native di lingkungan bisnis, pemerintahan, atau universitas.

Saat ini layanan mikro ini tersedia dalam NVIDIA AI Enterprise dan bisa dicoba secara gratis. NVIDIA sendiri belakangan ini terlihat semakin fokus pada pengembangan dunia AI, baik untuk konsumen umum melalui kartu grafis mereka maupun untuk tingkat negara dan korporat.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar