ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membuat Slide Instagram Nyambung yang Lebih Kreatif

Cara Membuat Slide Instagram Nyambung Header

Gadgetren – Belakangan ini akun personal maupun akun profesional di Instagram banyak yang membuat postingan Feed di Instagram nyambung dalam arti tidak terpisah masing-masing foto tapi satu foto dibagi menjadi beberapa bagian.

Slide Instagram yang terhubung secara visual memiliki beberapa fungsi seperti untuk pemasaran, branding, dan kreativitas karena akan terlihat berbeda dari biasanya.

Untuk membuat slide Instagram yang nyambung seperti carousel post dengan gambar yang terlihat saling terhubung, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Slide Instagram Nyambung

  1. Buat gambar yang ingin kamu posting.
  2. Pastikan ukurannya besar karena akan dipecah menjadi beberapa bagian.
  3. Contohnya untuk Feed Instagram, kamu buat gambar dengan resolusi 3240 x 1080 piksel (untuk 3 slide).
  4. Unduh aplikasi Panorama Crop Pano Cut di Google Play Store atau Apple App Store.
  5. Buka aplikasi setelah terpasang.
  6. Pilih menu Panorama.
  7. Pilih foto yang ingin dipotong-potong.
  8. Kemudian pilih potongan antara 2  hingga 10 bagian sesuai kebutuhan. IG Foto Slide
  9. Jika sudah, ketuk di bagian Preview di pojok kanan atas layar.
  10. Lalu ketuk bagian Photo.
  11. Ketuk bagian Save di pojok kanan atas.Foto-Slide-IG
  12. Keluar dari aplikasi Panorama Crop dan buka aplikasi Instagram.
  13. Ketuk ikon tanda + atau plus di bawah layar untuk mengunggah foto tersebut.
  14. Ketuk Post dan pilih foto secara berurutan.
  15. Ketuk Next.
  16. Tulis caption dan hashtag.
  17. Tambah lokasi, tag, musik, dan lainnya.
  18. Ketuk Share di bagian bawah untuk membagikan.

Ukuran standar gambar persegi dari Feed adalah 1080 x 1080 piksel sehingga kamu perlu membuat lebarnya sebanyak potongan foto yang diinginkan. Misal seperti sebelumnya tiga bagian berarti dikali tiga menjadi 3240 piksel.

Jika ada teks, pastikan agar tidak terpotong di antara slide atau atur sedemikian rupa agar terlihat baik saat digeser. Dengan begitu, kamu bisa membuat slide Instagram yang terlihat nyambung dan menarik perhatian.

Slide Instagram yang nyambung memungkinkan kamu dapat menceritakan sebuah cerita secara visual dengan lebih menarik. Jadi dapat digunakan untuk menguraikan produk, layanan, atau alur cerita dengan lebih mendetail yang terbagi dalam beberapa slide.

Desain yang menarik dan terhubung menunjukkan profesionalisme dan perhatian terhadap detail sehingga dapat meningkatkan citra di mata audiens. Selain itu biasanya mendapatkan engagement yang lebih tinggi karena pengguna lain cenderung menggeser untuk melihat slide berikutnya.

Desain yang nyambung akan memicu rasa penasaran, membuat pengguna lebih mungkin untuk melihat semua slide. Secara keseluruhan, teknik ini dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam membangun brand awareness, meningkatkan engagement, dan menyampaikan pesan dengan cara yang lebih kreatif.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.