ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tekno

Bedanya Micro SDHC dan SDXC, Mirip Tapi Berbeda!

Bedanya Micro SD HC dan XC - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sebelum membeli MicroSD atau SD Card, kita perlu memastikan standar kartu yang kompatibel dengan perangkat terlebih dahulu supaya nanti dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika standar kartu berbeda dengan perangkat, ada kemungkinan MicroSD atau SD Card tidak dapat digunakan. Penyimpanan eksternal tersebut bahkan kadang-kadang tidak akan bisa diakses walaupun hanya sekadar untuk membaca data di dalamnya.

Secara umum, kini ada dua standar kartu yang sering digunakan. Keduanya adalah SDHC dan SDXC yang sama-sama tersedia untuk MicroSD maupun SD Card tetapi mempunyai sejumlah perbedaan mendasar yang penting untuk diperhatikan.

SDHC

SDHC mempunyai kepanjangan kata Secure Digital High Capacity. Standar kartu yang diperkenalkan pada tahun 2006 ini merupakan versi lebih mutakhir dari standar kapasitas SD (Secure Digital) atau SDDC (Secure Digital Standard Capacity).

Bentuk dan rangkaian yang digunakan sangat identik dengan SDSC. Hanya saja, SDHC menawarkan standar kapasitas yang lebih besar di mana meningkat dari maksimal 2GB menjadi 2GB hingga 32GB.

Teknologi yang digunakan pun sangat berbeda dari SDSC. Secara mendasar, SDHC salah satunya menggunakan format FAT32 yang membuatnya mampu mengakomodasi penyimpanan dengan kapasitas lebih besar.

SDXC

Berasal dari kata Secure Digital eXtended Capacity, SDXC merupakan standar kartu yang lebih baru dari SDHC. Peningkatan yang paling terlihat terletak pada kapasitasnya di mana standar ini mendukung penyimpanan mulai dari 32GB sampai 2TB.

SDXC secara khusus mengadopsi format exFAT yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menghadirkan volume penyimpanan data berkapasitas besar maupun menangani berkas-berkas berukuran lebih dari 4GB.

Yang sangat menarik, perangkat-perangkat yang mendukung SDXC umumnya bisa menggunakan kartu penyimpanan dengan standar SDHC. Hanya saja sayangnya tidak berlaku sebaliknya.

Kartu SDXC hanya mendukung perangkat-perangkat dengan standar yang sama atau lebih tinggi. Kita tidak dapat menggunakannya pada ponsel, kamera, atau perangkat yang hanya kompatibel dengan SDHC.

Penting untuk diperhatikan, kapasitas maksimal yang didukung perangkat juga berbeda satu sama lainnya. Kita juga perlu mempertimbangkan hal ini sebelum membeli kartu SDXC.

Selain itu, kartu dengan standar SDXC biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada SDHC. Hal ini selaras dengan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.