ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 5G, Tak Hanya Tahan Banting!

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 5G - Header

Gadgetren – Resmi meluncur di Indonesia, OPPO Reno12 5G hadir dengan berbagai keunggulan. Perangkat tersebut makanya sangat layak untuk dipertimbangkan jika kita sedang memerlukan sebuah ponsel baru.

Di Indonesia, OPPO Reno12 5G secara khusus tersedia dalam dua varian memori. Kita dapat meminang perangkat tersebut dengan dana mulai dari Rp6.999.000 melalui berbagai saluran penjualan daring maupun luring OPPO.

Banderol harganya memang relatif tinggi untuk sebagian orang. Namun jika melirik berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada pada perangkat tersebut, mungkin kita akan merasa bahwa hal itu sangat wajar.

Kelebihan OPPO Reno12 5G

1. Bodi Tangguh

Dimulai dari keunggulannya, OPPO Reno12 5G mempunyai bodi yang sangat tangguh. Perangkat tersebut bakalan cocok untuk mereka yang memerlukan ponsel dengan keandalan tinggi untuk berbagai skenario pemakaian.

Disebut dengan All-Round Armour, bodi OPPO Reno12 5G dirancang agar tahan terhadap benturan, debu, air, hingga penuaan. OPPO menggunakan desain dan berbagai material tangguh untuk memastikan perangkat dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pada bagian depan, mereka menggunakan Corning Gorilla Glass 7i yang diklaim mempunyai keandalan tinggi. Lapisan kaca pelindung ini tidak akan mudah tergores, retak, atau bocor sehingga layar akan tetap aman selama pemakaian.

Kerangka bodi OPPO Reno12 5G memakai material high-strength alloy. Bahan yang dikembangkan secara khusus agar dapat setingkat dengan material aerospace ini akan memastikan bahwa perangkat tidak akan mudah penyok atau bengkok.

Untuk melindungi komponen-komponen yang ada di dalamnya, OPPO Reno12 5G juga dilengkapi dengan Struktur Sponge Bionic. Peredam guncangan dan bantalan yang ditambahkan akan memberikan perlindungan ekstra saat perangkat terjatuh atau terbentur.

Tidak hanya sampai di situ, bodi yang ditawarkan oleh OPPO Reno12 5G semakin tangguh dengan hadirnya sertifikasi IP65. Perangkat setidaknya masih bisa tetap aman saat terjatuh ke wastafel, terkena tumpahan minuman, atau kehujanan.

2. RAM dan Penyimpanan Luas

Dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy, OPPO Reno12 5G juga menawarkan RAM dan penyimpanan internal yang sangat luas. Perangkat tersebut makanya sudah sangat memadai untuk menangani berbagai macam kebutuhan di masa sekarang.

OPPO Reno12 5G dalam hal ini mempunyai RAM LPDDR4x berkapasitas sebesar 12GB. Sementara untuk media penyimpanan yang digunakan, OPPO Reno12 5G tersedia mulai dari kapasitas 256GB.

Yang sangat menarik, media penyimpanan yang digunakan oleh OPPO Reno12 5G juga lebih mutakhir ketimbang seri pendahulunya. Perangkat tersebut kini sudah memakai teknologi UFS 3.1.

Selain itu, perangkat tersebut juga masih dilengkapi dengan dukungan untuk memasang kartu MicroSD tidak seperti ponsel-ponsel menengah atas secara umum. Kita pun tidak perlu khawatir jika OPPO Reno12 5G sudah mulai kehabisan ruang penyimpanan.

3. Baterai Besar dengan Pengisian Cepat

Keunggulan dari OPPO Reno12 5G juga dapat dilihat dari sektor daya. Perangkat tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan baterai besar yang mana secara teknis berkapasitas sampai 5.000mAh.

Baterai besar OPPO Reno12 5G dapat membuat siklus pemakaian harian perangkat menjadi lebih lama. Bahkan dalam klaimnya, perangkat bisa bertahan sampai 25 hari saat dibiarkan menyala dalam mode siaga.

Menemani baterainya yang besar, OPPO Reno12 5G di sisi lain juga dilengkapi dengan teknologi SUPERVOOC 80W. Dukungan ini dapat mempersingkat waktu pengisian daya sehingga perangkat bisa digunakan lebih cepat.

Teknologi SUPERVOOC 80W memungkinkan baterai OPPO Reno12 5G terisi hingga penuh hanya dalam kurun waktu 46 menit. Jika sedang terburu-buru, dukungan ini bisa membuat perangkat bertahan sampai 6,12 jam untuk menonton video hanya dengan pengisian selama 10 menit.

Kita pun tidak perlu cemas kesehatan baterai perangkat akan cepat menurun karena pengisian cepat. Berdasarkan klaimnya, baterai OPPO Reno12 5G akan berfungsi seperti baru bahkan setelah empat tahun pemakaian.

4. Bawa Sejumlah Fitur AI

Sama seperti ponsel-ponsel yang meluncur di masa sekarang, OPPO Reno12 5G juga memperkenalkan sederet fitur AI sebagai keunggulan. Sebagian di antaranya hadir sebagai penunjang kemampuan fotografi.

Dalam hal ini, kita bisa menemukan mulai dari AI Eraser 2.0 yang dapat menghapus obyek mengganggu, AI Clear Face dan AI Best Face untuk menghasilkan foto grup maupun selfie dengan tampilan setiap wajah yang sempurna, hingga AI Smart Image Matting 2.0 dan AI Studio untuk mengedit foto agar tampil lebih menarik.

Bukan hanya pada sektor fotografi, OPPO Reno12 5G juga mempunyai sejumlah fitur AI yang dapat membantu pengguna agar lebih produktif. Termasuk di antaranya meliputi AI Recording Summary yang dapat meringkas rekaman suara, AI Clear Voice untuk mengurangi kebisingan sekitar saat kita menelepon, atau AI Toolbox yang dapat membantu mengelola tulisan.

Kekurangan OPPO Reno12 5G

1. Lensa Telefoto Kini Absen

Disokong lensa utama dan depan dengan resolusi yang tidak banyak berubah, OPPO Reno12 5G kini membawa dukungan yang lebih sedikit. Perangkat tersebut tidak lagi dilengkapi dengan lensa telefoto sebagai penunjang.

Ketidakhadiran lensa telefoto ini tentu sangat disayangkan. Meskipun perangkat OPPO Reno12 5G masih bisa menangani pengambilan gambar dengan obyek berjarak cukup jauh, tetapi kualitasnya bakalan kalah jika dibandingkan saat kita menggunakan lensa khusus.

2. Dukungan Pembaruan Standar

Saat sejumlah manufaktur berlomba-lomba untuk menghadirkan dukungan pembaruan berdurasi panjang, OPPO masih menggunakan sistem yang standar dimana OPPO Reno11 hanya akan mendapatkan dua kali update mayor.

Kabar baiknya, peningkatan patch keamanan untuk perangkat tersebut kini diperpanjang hingga empat tahun. Selain itu, OPPO juga telah melengkapi perangkat dengan antarmuka ColorOS 14 terbaru yang berjalan di atas sistem Android 14.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.