ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tablet

Bedanya Redmi Pad Pro dan Xiaomi Pad 6, Bukan Hanya Layar Saja!

Redmi Pad Pro Vs Xiaomi Pad 6 - Header

Gadgetren – Redmi Pad Pro dan Xiaomi Pad 6 sama-sama bisa menjadi pilihan menarik saat kita memerlukan sebuah tablet untuk beraktivitas dengan banderol harga di kisaran Rp4 jutaan.

Keduanya sama-sama tersedia dengan RAM 8GB dan penyimpanan sebesar 256GB. Namun secara khusus, Redmi Pad Pro hanya dibanderol dengan harga Rp4.299.000 sementara Xiaomi Pad 6 sampai Rp4.999.000.

Dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh, keduanya memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Kita pun dapat memakainya sebagai bahan pertimbangan untuk memilih tablet yang pas dengan kebutuhan.

Perbedaan Redmi Pad Pro Vs Xiaomi Pad 6

Dibanderol dengan harga lebih terjangkau, Redmi Pad Pro menariknya dilengkapi dengan layar berukuran lebih besar. Perangkat tersebut mempunyai panel seluas 12,1 inci saat Xiaomi Pad 6 hanya sampai 11 inci.

Meskipun begitu, spesifikasi yang digunakan oleh Xiaomi Pad 6 memang terkesan lebih premium. Resolusi layar Redmi Pad Pro misalnya hanya mendukung hingga 2560 x 1600 piksel saat saudaranya bisa menangani sampai 2880 x 1800 piksel.

Layar Redmi Pad Pro juga hanya mendukung pengaturan refresh rate hingga 120Hz saja. Sedikit lebih rendah daripada Xiaomi Pad 6 yang secara teknis dapat menangani animasi gambar sampai 144Hz.

Sama-sama disokong dengan sertifikat cahaya biru rendah, Redmi Pad Pro sedikit lebih unggul dengan beberapa sertifikat tambahan dari TÃœV Rheinland. Termasuk di antaranya mencakup sertifikat Bebas Kedipan dan Penyesuaian Ritme Sirkadian.

Redmi Pad Pro Vs Xiaomi Pad 6 - 1

Redmi Pad Pro

Beralih ke dapur pacu, kemampuan dari kedua perangkat tersebut juga sedikit berlainan. Xiaomi Pad 6 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 870 yang mana secara teknis lebih bertenaga dibandingkan Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 milik Redmi Pad Pro.

Snapdragon 7s Gen 1 memang mempunyai arsitektur dan manufaktur yang lebih mutakhir. Hanya saja saat diuji dengan memakai AnTuTu versi 10, chipset ini hanya mampu mengumpulkan skor di kisaran 600ribuan sementara Snapdragon 870 dengan inti lebih cepat bisa menembus lebih dari 700ribuan.

Ditambah lagi, Xiaomi Pad 6 juga mempunyai konfigurasi memori yang lebih mumpuni. Perangkat tersebut sudah memakai RAM LPDDR5 dan UFS 3.1 yang lebih mutakhir ketimbang RAM LPDDR4x dan UFS 2.2 pada Redmi Pad Pro.

Kamera depan dari kedua perangkat tersebut memang mempunyai spesifikasi yang serupa. Namun untuk kamera utamanya, Xiaomi Pad 6 mempunyai dukungan lebih tinggi karena sudah beresolusi sampai 13MP saat Redmi Pad Pro hanya 8MP.

Redmi Pad Pro Vs Xiaomi Pad 6 - 2

Xiaomi Pad 6

Keunggulan Xiaomi Pad 6 di sektor kamera juga semakin terlihat jelas pada kemampuan perekaman videonya. Perangkat tersebut mampu merekam hingga 4K @30fps sementara Redmi Pad Pro hanya sampai 1080p @30fps.

Selaras dengan dimensi bodinya, kedua perangkat tersebut juga memiliki kapasitas baterai yang cukup berbeda. Redmi Pad Pro menawarkan hingga 10.000mAh di mana lebih besar daripada Xiaomi Pad 6 yang hanya 8.840mAh.

Antarmuka pengisian daya dan transfer datanya sama-sama menggunakan USB Type-C. Namun, versi yang digunakan berbeda di mana Redmi Pad Pro masih memakai USB 2.0 sementara Xiaomi Pad 6 mengandalkan USB 3.2 Gen 1 yang mempunyai kemampuan lebih baik.

Yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan, Redmi Pad Pro masih dilengkapi dengan jack audio 3,5mm serta pemasangan kartu MicroSD sampai 1,5TB. Kedua dukungan ini sudah absen dari Xiaomi Pad 6.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.