ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Lapor Penutupan Jalan di Google Maps Agar Ada Peringatan

Lapor Penutupan Jalan di Google Maps Header

Gadgetren – Google Maps telah menjadi aplikasi peta populer yang banyak digunakan oleh pengguna ponsel pintar untuk mengetahui berbagai lokasi yang diinginkan.

Selain itu, Google Maps mampu membantu dalam menentukan rute perjalanan dari lokasi awal berada ke lokasi tujuan dengan petunjuk arah, jarak tempuh dengan berbagai kendaraan, hingga marka simbol yang membantu agar kamu tidak tersesat.

Ada kalanya kamu menemukan penutupan jalan pada saat melakukan perjalanan sehingga harus memilih jalan lain. Supaya membantu orang lain agar tidak mengalami kendala yang sama, kamu pun dapat melaporkan penutupan jalan di Google Maps.

Cara Lapor Penutupan Jalan di Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel.
  2. Login akun Google kamu di aplikasi Google Maps.
  3. Pada kolom Search Here, pilih lokasi tujuan yang ingin kamu kunjungi.
  4. Setelah muncul menu pop-up lokasi tujuan, tekan tombol Directions.
  5. Kemudian rute lokasi awal ke lokasi tujuan akan ditampilkan.
  6. Pada menu pop-up jarak tempuh, tekan tombol Start berikon panah ke atas untuk mengaktifkan fitur Navigation.
  7. Selanjutnya lakukan perjalanan menuju lokasi tujuan.
  8. Apabila menemukan penutupan jalan, sapu menu pop-up estimasi dari bawah ke atas dengan satu jari.
  9. Pilih menu Add a report berikon +.
  10. Pilih opsi Lane closure.
  11. Setelah selesai dilaporkan, maka Google akan memeriksa kembali apakah jalan tersebut sedang ditutup.
  12. Google akan menampilkan simbol bahwa jalan ditutup jika laporan sesuai dengan fakta di lapangan.

Pilihan opsi Lane Closure dapat digunakan ketika kamu ingin memberitahukan di Google Maps bahwa jalan yang sedang dilalui ditutup. Apabila laporan telah disetujui, maka akan muncul simbol Lane Closure untuk memperingati orang-orang yang melalui ingin jalan tersebut.

Semakin banyak pengguna ponsel melaporkan melalui aplikasi Google Maps bahwa jalanan yang sedang dilalui sedang ditutup maka semakin cepat laporan diproses oleh pihak Google. Sayangnya fitur untuk melaporkan penutupan jalan tidak tersedia Google Maps versi web.

Selain itu, terdapat juga pilihan untuk memberikan laporan Crash yang menyatakan bahwa telah terjadi kecelakaan mobil di jalan yang dilalui. Sementara opsi Slow down untuk menandakan bahwa jalanan sedang padat sehingga mobil berjalan dengan pelan.

Untuk opsi Construction dapat digunakan ketika kamu menemukan jalan yang dilalui sedang dilakukan perbaikan atau pembangunan dan Stalled Vehicle menandakan ada kendaraan yang sedang terhenti di jalan tersebut.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.