ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Ganti Nama Hotspot iPhone Biar Lebih Mudah Dikenali!

Cara Ganti Nama Hotspot di iPhone - Header

Gadgetren – Agar lebih mudah dikenali dari perangkat lain, kita kadang-kadang perlu mengganti SSID untuk Personal Hotspot yang dibagikan menggunakan iPhone dengan nama yang lebih personal.

Selain mengatur kata sandi dengan susunan karakter yang rumit, mengganti SSID seharusnya termasuk pengaturan dasar yang perlu dilakukan saat kita mau mengaktifkan Personal Hotspot di perangkat iPhone untuk pertama kali.

Sayangnya, sebagian orang mungkin akan sedikit kebingungan saat perlu melakukan hal tersebut. Pengaturan untuk Personal Hotspot di perangkat iPhone soalnya tidak memuat opsi untuk mengganti SSID secara langsung.

Cara Mengganti Nama Hotspot iPhone

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian General.
  • Pilih menu pengaturan About.
  • Ketuk kolom Name.
  • Hapus nama yang digunakan sebelum dengan menekan tombol X di sebelah kanan.
  • Masukkan nama baru yang ingin digunakan.
  • Jika sudah selesai, tekan Done.

Meskipun tidak memuat opsi untuk mengganti nama SSID Personal Hotspot secara langsung, bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Perangkat iPhone tetap menyediakan setelan khusus untuk kebutuhan tersebut.

Namun berbeda dengan ponsel-ponsel berbasis sistem Android, kita perlu mengganti nama perangkat itu sendiri jika ingin mengubah SSID Personal Hotspot yang dibagikan iPhone. Kita tidak bisa melakukannya secara terpisah.

Perlu diingat bahwa mengganti nama perangkat iPhone tidak hanya berpengaruh pada SSID Personal Hotspot. Penamaan beberapa fungsi lain juga akan berubah mengikutinya. Termasuk di antaranya untuk setelan Bluetooth maupun AirDrop.

Tidak hanya itu, pengaturan nama baru yang diterapkan juga akan mengubah identitas perangkat. Komputer atau layanan iCloud nantinya akan mengenali iPhone terkait dengan menggunakan penamaan tersebut.

Setelah mengganti nama perangkat dengan apa yang kita inginkan, SSID akan menggunakan nama yang sama. Kita selanjutnya hanya perlu mengaktifkan pengaturan Personal Hotspot iPhone agar bisa ditemukan dari perangkat lain.

Untuk mengamankan sambungan, jangan lupa mengganti kata sandi melalui halaman pengaturan Personal Hotspot. Lakukan secara teratur untuk menghindari pembajakan akses dari perangkat yang tidak diinginkan.

Dalam hal ini, pastikan untuk menggunakan kata sandi yang benar-benar aman. Apple secara khusus menyarankan kita untuk memakai minimal delapan karakter yang menggabungkan huruf besar, huruf kecil, angka, hingga beberapa simbol yang didukung.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.