ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Merekam Layar Ada Suara di HP OPPO

Cara Merekam Layar Ada Suara di HP OPPO Header

Gadgetren – Selain screenshot, ColorOS pada ponsel OPPO telah menyediakan fitur bawaan Screen Recording untuk mempermudah kamu dalam merekam tampilan layar.

Dengan menggunakan Screen Recording, kamu mengabadikan momen dan konten yang terdapat pada layar ponsel secara interaktif dalam bentuk video sehingga gambarnya bergerak.

Sementara itu, kamu juga dapat melakukan pengaturan suara ikut terekam sehingga hasilnya dapat lebih menyeluruh dan tidak senyap.

Cara Merekam Layar Ada Suara di HP OPPO

  1. Cari dan pilih area yang akan dimulai sebagai permulaan permukaan layar.
  2. Sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari.
  3. Pada saat Quick Settings muncul, tekan tombol Screen Recording.
  4. Kemudian tekan tombol Sound berikon speaker atau Settings berikon gerigi (tergantung versi ColorOS).
  5. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Record System Sound atau Record microphone Sound.
  6. Setelah sumber suara ditentukan, mulai rekam dengan menekan tombol Record berikon bulat merah.
  7. Tekan tombol Stop berikon kotak merah untuk menghentikan rekaman jika sudah selesai.
  8. Kamu dapat melihat hasil video Screen Recording di aplikasi Gallery atau File Manager

Perlu dicatat bahwa Record System Sound akan mengizinkan suara sistem ponsel ikut terekam seperti suara dari aplikasi, menu, video yang ditonton, lagu yang diputar, game yang dimainkan, dan lainnya.

Sedangkan Record microphone sound memungkinkan sumber suara dari luar ponsel yang terdeteksi oleh mikrofon ikut terekam seperti suara kamu, suara dari perangkat lain, dan lainnya.

Lewat fitur ColorOS, kamu diizinkan untuk memilih salah satu sumber suara tersebut atau bisa menggunakan keduanya tergantung kebutuhan kamu.

Misalnya saat membuat video tutorial, kamu dapat mengaktifkan dua sumber suara sekaligus dimana suara dari ponsel untuk memberitahukan langkah-langkah yang terdapat pada aplikasi yang dijalankan dan suara kamu untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Selain dapat mengatur suara, sebenarnya kamu juga dapat menentukan kualitas hasil video dari Screen recording mulai High (1080p, 16 Mbps), Medium (720p, 8 Mbps), Low (480p, 4 Mbps), dan Custom.

Apabila memlih Custom, kamu dapat dengan bebas menentukan kombinasi resolusi dan bitrate dari hasil video perekaman layar. Selain itu, kamu juga dapat menentukan frame rate, seperti 60fps, 30fps, 24fps, 15fps, atau Dynamic.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.