ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Lihat Spesifikasi HP Android Buat Memastikan Kemampuannya!

Cara Lihat Spesifikasi HP Android - Header

Gadgetren – Kemampuan sebuah ponsel Android dipengaruhi oleh berbagai dukungan teknis mulai dari chipset, RAM, media penyimpanan, kamera, baterai, hingga sistem operasi yang digunakan.

Saat ingin menjalankan aplikasi dan game dengan lancar, kita pun perlu menggunakan perangkat dengan dukungan teknis yang baik. Ponsel setidaknya harus mempunyai spesifikasi sesuai persyaratan minimal layanan yang ingin dijalankan.

Mengecek spesifikasi teknis ponsel Android untungnya cukup mudah untuk dilakukan. Dengan demikian, kita tak perlu khawatir saat ingin memastikan apakah sebuah perangkat mampu menjalankan aplikasi yang diinginkan atau tidak.

Cara Lihat Spesifikasi HP Android

  • Buka halaman Settings.
  • Gunakan fitur penelusuran untuk mencari menu About phone atau About device.
  • Ketuk menu tersebut setelah selesai.
    Cara Lihat Spesifikasi HP Android - 1
  • Spesifikasi perangkat akan ditampilkan.
  • Ketuk menu yang sesuai untuk melihat spesifikasi lebih lengkap.
    Cara Lihat Spesifikasi HP Android - 2

Untuk melihat spesifikasi sebuah ponsel Android, kita salah satunya dapat membuka halaman About phone atau About device di pengaturan. Setiap model perangkat sayangnya memerlukan langkah-langkah yang sedikit berlainan.

Melalui halaman About phone atau About device, kita umumnya sudah dapat melihat informasi mengenai chipset, kapasitas RAM, media penyimpanan internal, versi Android, nomor pembuatan peranti lunak, kernel, hingga IMEI.

Apabila informasi yang ditampilkan masih dirasa kurang lengkap, melihat spesifikasi sebuah ponsel Android dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Kita salah satunya dapat menggunakan AIDA64, Inware, CPU-Z, atau Device Info HW.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  • Download salah satu aplikasi pengecek spesifikasi Android.
  • Buka aplikasi tersebut setelah terpasang.
  • Ketuk kategori yang dilihat.
    Cara Lihat Spesifikasi HP Android - 3
  • Ketuk tombol yang sesuai jika aplikasi meminta izin untuk mengakses piranti keras tertentu.
    Cara Lihat Spesifikasi HP Android - 4
  • Jangan lupa memilih Allow, While using the app, atau Only this time sesuai kebutuhan.
  • Cek spesifikasi sesuai kebutuhan.

AIDA64, Inware, CPU-Z, atau Device Info HW bisa diunduh secara gratis dari Google Play Store. Keempat aplikasi tersebut memungkinkan kita mengecek informasi mengenai peranti keras maupun lunak sebuah ponsel Android secara lebih lengkap.

Selain untuk memastikan apakah perangkat dapat menjalankan sebuah aplikasi atau tidak, melihat spesifikasi juga dapat dilakukan ketika ingin membeli ponsel Android. Ini berlaku terutama untuk perangkat-perangkat bekas pakai atau second.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.