ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tablet

11 Kelebihan dan Kekurangan itel VistaTab 30, Tablet Murah yang Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan itel VistaTab 30 - Header

Gadgetren – Tidak hanya di industri ponsel, itel kini juga unjuk kebolehan di pasar tablet. Anak perusahaan Transsion Holdings ini telah memperkenalkan sebuah perangkat bernama VistaTab 30.

Tablet baru tersebut mempunyai spesifikasi yang cukup menarik selayaknya berbagai ponsel buatan itel yang sudah meluncur sebelumnya. Dengan banderol harga kurang dari Rp2 juta, VistaTab 30 menawarkan berbagai keunggulan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Tersedia dalam satu varian memori, perangkat tersebut secara khusus sudah dapat dibeli dengan harga Rp1.879.000. Kamu yang masih ragu-ragu untuk meminangnya dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan itel VistaTab 30

1. Layar Luas dan Tajam

VistaTab 30 hadir dengan layar berukuran sangat besar sebagai salah satu keunggulannya. Tablet kelas entri tersebut membawa panel berjenis IPS yang secara teknis membentang hingga seluas 11 inci.

Dengan layar berukuran besar, kita tentu dapat melihat berbagai konten dengan lebih nyaman. Gambar yang ditampilkan oleh VistaTab 30 apalagi tetap akan terjelas karena panelnya sudah mendukung tampilan hingga sampai Full HD+ (1920 x 1200 piksel).

Untuk pemakaian di kondisi terang maupun gelap, layar VistaTab 30 juga sudah bisa diandalkan. Panel IPS yang digunakan oleh perangkat tersebut diklaim oleh pihak itel mampu mengakomodasi tingkat kecerahan hingga 450nits.

2. Baterai Besar

Di balik bodinya yang lebar, dukungan daya yang ditawarkan oleh VistaTab 30 pun cukup mumpuni untuk mengerjakan berbagai kebutuhan. Perangkat tersebut bakal mampu bertahan lama apa pun aktivitas yang dikerjakan.

Secara teknis, perangkat tersebut mempunyai baterai yang mampu menampung daya hingga kapasitas 7.000mAh. Terhitung lebih besar ketimbang baterai dari beberapa tablet dengan harga serupa.

Berdasarkan keterangan produk yang diungkapkan oleh itel, baterai VistaTab 30 nantinya dapat bertahan hingga selama 8 jam untuk bermain game, 15 jam untuk menonton video, atau bahkan 29 hari dalam mode siaga.

3. Mendukung Koneksi Seluler

Yang tak kalah menarik, perangkat tablet itel tersebut juga dilengkapi dengan dukungan untuk memasang kartu SIM. Kita dapat memanfaatkannya untuk mengakses layanan internet meskipun maksimal hanya sampai jaringan 4G.

Perlu diingat bahwa jaringan 4G pun sudah sangat mumpuni untuk pemakaian saat ini. Setidaknya kita bisa tersambung ke layanan internet dengan lancar tanpa perlu bergantung pada ketersediaan jaringan WiFi.

Terlebih lagi, dukungan koneksi seluler yang tersedia di VistaTab 30 juga tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet. Kita juga bisa memakainya untuk melakukan panggilan telepon biasa seperti ponsel jika diperlukan.

4. Bawa Dukungan Penyimpanan yang Baik

Meskipun dibanderol dengan harga sangat terjangkau, tablet tersebut menariknya sudah dilengkapi dengan dukungan penyimpanan yang sangat baik. Pihak itel menyebut bahwa VistaTab 30 menggunakan teknologi UFS.

Penggunaan teknologi UFS ini perlu diapresiasi. Bukan hanya karena menawarkan kemampuan transfer data yang cepat, tetapi juga karena di rentang harganya kebanyakan perangkat masih mengandalkan eMMC yang lebih lambat.

Dukungan penyimpanan di VistaTab 30 apalagi juga tergolong sangat luas. Perangkat tersebut hadir dengan media internal berkapasitas 128GB yang secara teknis sudah mampu menampung banyak aplikasi maupun data.

5. Bodi Aluminium

Keunggulan VistaTab 30 juga dapat dilihat dari material bodinya. Perangkat tersebut mempunyai bingkai maupun penutup belakang berbahan aluminium yang terasa ringan meskipun cukup kokoh untuk pemakaian.

Seperti kebanyakan tablet, bodi VistaTab 30 menggunakan desain serba datar. Terdapat dua pilihan warna yang dapat dipertimbangkan di mana meliputi Deep Grey yang cenderung terlihat keabu-abuan dan Sky Blue yang kebiru-biruan.

6. Sudah Memakai Speaker Ganda

Sebagai penunjang dalam menikmati hiburan, itel juga sudah menyematkan speaker ganda pada VistaTab 30. Masing-masing diletakkan secara terpisah di bagian atas dan bawah perangkat.

Speaker ganda yang digunakan VistaTab 30 juga mendukung suara stereo. Ini mengartikan bahwa perangkat dapat memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih realistis dan mendalam.

Kekurangan itel VistaTab 30

1. Tidak Ada Jack Audio

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli perangkat tersebut adalah absennya dukungan jack audio 3,5mm. Tidak seperti tablet pada umumnya, VistaTab 30 tidak menyediakan lubang untuk memasang perangkat suara kabel ini.

Jika ingin mendengarkan musik atau menonton video melalui perangkat suara, kita pun perlu menggunakan kabel tambahan. Kita selain itu juga dapat memanfaatkan TWS atau headphone nirkabel yang kini harganya semakin terjangkau untuk banyak kalangan.

2. Pengisian Bakal Lama

Membawa baterai berkapasitas besar, dukungan pengisian pada VistaTab 30 sayangnya juga tergolong kurang mumpuni. Perangkat tersebut soalnya hanya dilengkapi dengan teknologi berdaya 10W.

Proses pengisian di VistaTab 30 tentu memerlukan waktu yang sangat lama. Apabila memutuskan untuk membeli perangkat tersebut, kita makanya perlu menyiapkan waktu khusus untuk mengisi daya seperti saat tidur di malam hari supaya tidak mengganggu aktivitas di siang hari.

3. Tidak Ada Earpiece

Panggilan telepon di VistaTab 30 juga hanya dapat dilakukan dengan menggunakan speaker utamanya. Hal ini dikarenakan perangkat tersebut tidak membawa earpiece atau speaker khusus untuk menelepon.

4. Jaminan Pembaruan Tidak Diketahui

Jaminan pembaruan untuk VistaTab 30 juga tidak diketahui. Pihak itel belum mengungkapkan sampai berapa banyak pembaruan yang akan diterapkan ke perangkat tersebut maupun durasi peningkatan untuk keamanannya.

Kabar baiknya, perangkat tersebut sudah langsung menjalankan Android 14 secara bawaan. Antarmuka sistem yang digunakan juga terlihat lebih bersih dibandingkan itelOS yang digunakan pada berbagai ponsel itel.

5. Masih Widevine L3

Meskipun dilengkapi dengan layar berukuran luas dan speaker stereo yang dapat menghadirkan pengalaman terbaik dalam menikmati hiburan, VistaTab 30 sayangnya hanya mendukung teknologi Widevine L3.

Bagi kamu yang belum tahu, Widevine L3 merupakan level terendah dari sistem pengelolaan hak digital Google. Perangkat yang mendukungnya hanya akan bisa menampilkan video dari layanan seperti Netflix, Amazon Prime Video, atau Disney+ Hotstar dengan resolusi hingga 420p.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.