ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

ASUS Rilis Zenbook S 16, Copilot+ PC dengan Bodi Ringkas!

ASUS Zenbook S 16 UM5606

Gadgetren – ASUS memperkenalkan sejumlah perangkat Copilot+ PC pada acara Always Incredible yang digelar dalam ajang Computex 2024, termasuk ASUS Zenbook S 16 (UM5606) sebagai salah satunya.

Laptop baru dari lini keluarga ASUS Zenbook ini kembali hadir dengan desain ringkas yang menjadi rumah dari AMD Ryzen AI 9 HX 370, yakni sebuah prosesor AI yang menawarkan TDP hingga 28W dan menjanjikan kinerja NPU hingga 50 TOPS.

Dengan kemampuannya, prosesor Ryzen AI 9 HX 370 memungkinkan Zenbook S 16 bersaing dengan jajaran produk Copilot+ PC yang semula masih didominasi oleh perangkat-perangkat berprosesor Qualcomm.

Prosesor tersebut apalagi dipasangkan bersama penyimpanan SSD PCIe 4.0 x4 berkapasitas hingga 2TB serta RAM LPDDR5x dengan opsi hingga 32GB. Konfigurasi memori mumpuni untuk bekerja dan beraktivitas dengan lancar.

ASUS Zenbook S 16 UM5606

Satu poin penting dari peningkatan yang ditawarkan oleh Zenbook S 16 terletak pada ketipisan bodinya. Perangkat ini mempunyai ketebalan 1,1 cm dengan bobot sekitar 1,5 Kg yang membuatnya cukup ringkas dan ringan untuk dibawa ke mana-mana.

Material bodinya menggunakan bahan eksklusif bernama Ceraluminum yang menggabungkan keindahan dan nuansa keramik dengan kekuatan alumunium. Untuk pilihan warnanya tersedia Scandinavian White yang terlihat elegan atau Zumaia Gray yang canggih.

Mengikuti perubahan desain bodinya, Zenbook S 16 kini menggunakan sistem termal baru. Pihak ASUS memadukan antara 3D Vapor Chamber yang tipis, lapisan grafit, kipas pendingin ganda, serta desain ventilasi menghadap ke atas di bagian keyboard.

ASUS Zenbook S 16 UM5606

Menggunakan desain NanoEdge bezels seperti pendahulunya, Zenbook S 16 mengemas panel berukuran 16 inci dengan rasio layar ke bodi hingga 90 persen. Tampilan gambarnya mendukung resolusi sampai 3K dengan pengaturan refresh rate hingga 120Hz.

Layar Zenbook S 16 sudah mendapat sertifikasi dari TÜV untuk tingkat paparan cahaya biru rendah serta bebas kedipan. Artinya, layarnya mempunyai perlindungan yang baik untuk kesehatan mata sehingga dapat digunakan secara nyaman.

Empat buah speaker yang digunakan pada Zenbook S 16 sudah disetel oleh Harman Kardon. Terdapat juga teknologi Dolby Atmos yang mampu meningkatkan pengalaman audio multidimensi pada perangkat ini.

ASUS Zenbook S 16 UM5606

Fitur privasi pada Zenbook S 16 menggunakan teknologi FHD AiSense IR camera yang mendukung Windows Hello, Adaptive Lock and Dimming, dan Windows Passkeys untuk mengamankan data dari luar. Sementara dari dalam, perangkat ini sudah dilengkapi prosesor keamanan Microsoft Pluton.

Zenbook S 16 siap menemani rutinitas seharian penuh dengan baterai 78 Wh. Soket lengkap yang terdiri dari dua USB 4.0, USB 3.2 Type-A, HDMI, jack audio, hingga card reader serta dukungan dari WiFi 7 dapat membantu aktivitas dengan lancar.

Sayangnya, belum ada informasi lebih mendetail mengenai harga dari Zenbook S 16 untuk wilayah Indonesia. Namun sebagai gambaran, perangkat ini tersedia secara global dengan harga 1.399USD atau sekitar Rp22,8 jutaan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar