ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

AMD Rilis Prosesor Ryzen Baru dengan Arsitektur Zen 5 yang Semakin Tangguh Untuk AI

AMD Rilis Prosesor Ryzen Baru dengan Arsitektur Zen 5 yang Semakin Tangguh Untuk AI

Gadgetren – Pada ajang Computex 2024 di Taiwan, AMD telah mengumumkan sejumlah produk baru melalui prosesor seri Ryzen AI 300 yang didukung neural processor unit (NPU) untuk akselerasi artificial intelligence (AI).

Prosesor seri Ryzen AI 300 disebut memiliki NPU baru dengan kekuatan pemrosesan AI 50 TOPS yang diklaim tiga kali lipat lebih kuat dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor ini dibangun menggunakan arsitektur XDNA 2 dan didukung arsitektur Zen 5.

Selain itu prosesor seri Ryzen AI 300 memiliki 12 CPU core dan 24 thread serta menyediakan memori L3 cache yang diklaim 50% lebih banyak dibandingkan prosesor dengan arsitektur Zen 4. Dengan mesin AI khusus, prosesor ini disebut dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas dengan menangani beban kerja AI lokal secara efisien untuk menghasilkan konten dan mengoptimalkan alur kerja.

Prosesor ini dirancang untuk laptop tipis dan ringan yang menawarkan kinerja tinggi untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game dan produktivitas pengguna. Prosesor seri Ryzen AI 300 juga ditemani prosesor grafis seri Radeon 800M yang dirancang untuk memberikan framerate lancar untuk menghadirkan pengalaman bermain game tinggi untuk judul game populer dan berat.

Dengan dukungan AI, laptop yang menggunakan prosesor seri Ryzen AI 300 diklaim dapat fokus memberikan privasi, keamanan, dan lebih responsif kepada pengguna sekaligus menawarkan daya tahan baterai yang tahan lama dan ketangguhan untuk menjalankan gaming handheld ketika bepergian.

Untuk produktivitas, prosesor ini disebut dapat menunjang aktivitas multitasking intensif, gaming imersif, dan pembuatan konten profesional sehingga memudahkan pengguna dalam menangani tugas-tugas berat dengan mudah.

Model tertinggi seri Ryzen AI 300 ialah Ryzen AI 9 HX 370 yang menyediakan boost frekuensi hingga 5.1 GHz dengan total cache 36MB, dan kartu grafis Radeon 890M. Sedangkan model kedua ialah Ryzen AI 9 365 yang memiliki boost frekuensi hingga 5.0GHz dengan total cache 34MB, dan kartu grafis Radeon 880M. Keduanya menawarkan TDP 15-54W.

 Tabel-AMD-Ryzen-AI-300

Bersamaan dengan pengumuman seri Ryzen AI 300, AMD juga turut memperkenalkan prosesor seri Ryzen 9000 untuk PC desktop yang juga didukung arsitektur Zen 5. Prosesor seri Ryzen 9000 menyajikan keunggulan untuk gameplay yang mulus dan frame rate yang tinggi di berbagai judul game.

Selain itu, juga ditujukan untuk pembuat konten profesional mulai dari pemodelan dan desain 3D hingga animasi dan visualisasi produk. Prosesor ini diklaim dapat menawarkan kinerja single-thread dan multi-thread yang memungkinkan pengguna dapat mendesain, merender, dan melakukan iterasi lebih cepat dari sebelumnya.

AMD-Ryzen-9000-Series

Prosesor tertinggi dalam seri ini adalah Ryzen 9 9950X yang diklaim sebagai prosesor desktop konsumen tercepat di dunia. Varian tersebut memiliki 16 CPU Core dan 32 thread serta mendukung boost frekuensi hingga 5.7GHz, total cache 80MB, kompatibel dengan PCle Gen 5 dan menawarkan TDP hingga 170W.

Jack Huynh selaku senior vice president dan general manager dari Computing and Graphics Group AMD menyampaikan bahwa menyoroti bahwa prosesor baru ini menghadirkan performa APU tercepat dan NPU paling bertenaga di dunia serta menggandakan performa aplikasi 16-bit tanpa mengorbankan akurasi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar