ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

Acer Rilis Laptop Swift 14 AI dengan Dukungan PC Copilot+

Acer-Swift-14-AI-Lifestyle

Gadgetren – Acer bekerja sama dengan Microsoft dan Qualcomm meluncurkan laptop AI pertamanya yang bernama Swift 14 AI dengan dukungan PC Copilot+.

Laptop berbasis Windows 11 ini menghadirkan pengalaman penggunaan dengan teknologi AI untuk membantu menyelesaikan beragam tugas berat.

Mengenai harga dan ketersediaan Swift 14 AI akan diumumkan lebih lanjut oleh Acer dan akan dijual melalui acerid.com. Swift 14 AI menjadi Copilot+ PC pertama dari Acer yang hadir dengan desain sasis aluminium yang tipis dan ringan.

Bobotnya sekitar 1,36kg dengan ketebalan 15.9mm. Swift 14 AI mendukung fitur AI di Windows 11 seperti Recall, Cocreator di Paint, Live Captions, Windows Studio Effects, dan Auto Super Resolution.

Lebih lanjut, fitur Recall memungkinkan pengguna menemukan konten dengan mudah berdasarkan petunjuk sedangkan Live Captions menyediakan teks otomatis dan terjemahan real-time dari video.

Kemudian Cocreator dapat membantu pengguna membuat gambar dan teks AI menggunakan petunjuk visual atau tertulis. Lalu Auto Super Resolution dapat meningkatkan resolusi grafis dan refresh rate game secara real-time.

Sementara Windows Studio Effects mampu meningkatkan kondisi pencahayaan dan menghilangkan kebisingan selama panggilan video.

Laptop baru ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm seri Snapdragon X  dengan dukungan NPU terintegrasi yang disebut dapat menghasilkan 45 TOPS. Laptop Swift 14 AI diklaim mampu memberikan performa tinggi sekaligus daya tahan baterai yang tahan lama.

Salah satu model yang sudah diungkap ialah Swift 14 AI (SF14-11) yang ditenagai Qualcomm Snapdragon X Elite X1E-78-100 yang memiliki 12 CPU Core dengan kecepatan hingga 3.4 GHz. Prosesor tersebut juga terhubung dengan NPU AI Engine Qualcomm Hexagon.

Acer-Swift-14-AI

Prosesornya turut dipadukan dengan GPU Qualcomm Adreno hingga 3,8 TFLOPS. Selain itu dilengkapi dengan RAM LPDDR5X-8533 berkapasitas hingga 32 GB dan penyimpanan SSD NVMe PCIe Gen 4 hingga 1 TB.

Soal tampilan, laptop Swift 14 AI tebar pesona dengan layar IPS  14,5″ yang memiliki resolusi WQXGA, refresh rate 120 Hz, dan 100% sRGB. Terdapat webcam IR beresolusi QHD 1440p yang dibekali dengan tiga mikrofon dan privacy shutter.

Laptop Swift 14 AI juga  menyediakan login biometrik dengan Windows Hello pada kamera webcam. Engsel laptop ini mendukung rotasi 180° untuk fleksibilitas penggunaan sehingga memungkinkannya dapat diputar dalam bentuk rebahan untuk presentasi maupun diskusi pekerjaan.

Material laptop yang telah mendapatkan sertifikasi EPEAT Gold untuk kepatuhan terhadap kriteria keberlanjutan ini disebut menggunakan material plastik PCR dan kemasan yang dapat didaur ulang 100%.

Untuk konektivitas tersedia Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4. Selain itu memiliki port yang lengkap seperti dua port USB Type-C yang didukung DisplayPort dan USB charging, dua port USB 3.2 Gen 1 Type-A, serta HDMI 1.4.

Laptop ini juga membawa DTS X Audio dan menyediakan dual speakers dengan smart app. Baterainya berkapasitas 75 Whr yang dilengkapi pengisian daya cepat dan diklaim dapat menawarkan hingga 16 jam pemakaian.

Laptop ini pun disebut dapat menyetel video hingga 26 jam dan browsing internet hingga 18 jam. Di samping mendukung PC Copilot+, laptop ini juga menyediakan tombol pintasan Copilot Key, AcerSense, Experience Zone, tombol AcerSense key, dan Acer PurifiedVoice 2.0.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar