ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Aplikasi Berita

Google Search Semakin Pintar, Bisa Jawab Pertanyaan Kompleks

Google Search Semakin Pintar, Bisa Jawab Pertanyaan Kompleks

Gadgetren – Google dalam ajang konferensi developer I/O telah memperkenalkan pembaruan dari fitur Google Search yang kini bisa menjawab pertanyaan rumit.

Dengan mengandalkan AI generatif, Google Search menurut keterangan resmi Google dapat melakukan lebih dari yang pengguna bayangkan sehingga segala macam pertanyaan yang muncul di benak pengguna bisa terjawab lebih rinci.

Hal ini pun berkat adanya pembaruan model Gemini baru yang juga diumumkan pada Google I/O yang disesuaikan untuk Google Search. AI generatif pada Google Search menggabungkan kemampuan canggih dari Gemini.

Melalui pembaruan di Google Search ini, Google juga menghadirkan AI Overview yang memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban dengan cepat dalam satu waktu ketimbang mengumpulkan jawaban berkali-kali dengan banyak pencarian.

Dengan AI Overview, pengguna tak hanya mendapatkan hasil jawaban berupa ringkasan tentang topik yang mereka cari tetapi juga beserta tautan agar dapat dipelajari lebih lanjut. Google telah menguji coba ke pengguna terpilih untuk merasakan pengalaman tersebut.

AI Overview kini dapat dinikmati pengguna khusus untuk wilayah Amerika Serikat dan akan dirilis segera bertahap ke lebih banyak negara lainnya. AI Overview ke depannya juga akan memberikan pilihan jawaban berupa original, lebih ringkas, dan menjabarkannya secara lebih detail.

Selain mendapatkan jawaban lebih kompleks dari informasi, Google Search juga memungkinkan pengguna mendapatkan hasil jawaban dari pertanyaan rencana. Sebagai contoh membuat rencana makanan hingga liburan selama waktu yang ditentukan pengguna.

 AI-Overview

Untuk mencari ide baru, pengguna dapat mengobrol dengan Google Search menggunakan bantuan AI generatif layaknya bertukar pikiran dan akan membuat halaman hasil yang diatur oleh AI sehingga mudah dijelajahi.

Google Search kini tak hanya bisa digunakan melalui pencarian dengan kata-kata saja tetapi juga menggunakan video yang diambil dari perangkat handphone pengguna. Pengguna sering kali mengalami hal yang terjadi di sekitar dan lalu bertanya secara spontan dan mereka bisa mengambil video lalu Google akan memberikan jawaban dengan cepat.

Google Search menggunakan video akan segera tersedia untuk pengguna Search Labs dalam bahasa Inggris di wilayah Amerika Serikat dan pihaknya juga akan memperluas fitur ini ke lebih banyak wilayah lainnya secara bertahap.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar