ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Bagi 2 Layar di HP Infinix dengan Fitur Split Screen

cara split screen di hp infinix Header

Gadgetren – Split Screen merupakan fitur yang telah umum dihadirkan pada ponsel berbasis Android masa kini, termasuk buatan dari Infinix.

Dengan menggunakan fitur Split Screen, kamu dapat membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar di ponsel Infinix. Misalnya saja menonton video YouTube sekaligus melakukan chat di WhatsApp.

Hal tersebut tentunya dapat membuat kamu dapat melakukan aktivitas lebih praktis berkat multitasking. Untuk saat ini belum terdapat gesture untuk mengaktifkan fitur Split Screen di ponsel Infinix sehingga kamu harus menyalakannya melalui fitur Recent Apps.

Cara Bagi 2 Layar di HP Infinix

  1. Dari halaman Home Screen, pilih aplikasi pertama yang ingin dibuka.
  2. Setelah aplikasi dibuka, tekan tombol Recent berikon tiga garis di bagian bawah layar.
  3. Pada halaman Recent App, tekan tombol More berikon tanda panah ke bawah di bagian atas thumbnail aplikasi pertama tadi.
  4. Pilih Split Screen yang berikon dua kotak bertumpuk.
  5. Selanjutnya, aplikasi pertama akan muncul pada bagian setengah layar atas.
  6. Kemudian, cari dan pilih aplikasi kedua yang ingin dibuka.
  7. Dua aplikasi pun akan muncul bersamaan dalam satu layar.

Perlu dicatat bahwa hanya beberapa aplikasi saja yang sudah mendukung fitur Split Screen sehingga biasanya akan memunculkan pesan Application does not support split-screen mode ketika aplikasi yang dibuka tidak mendukung fitur ini.

Pada saat ponsel dalam posisi portrait, maka akan aplikasi akan dibagi menjadi bagian atas dan bawah layar. Sementara jika ponsel dalam posisi lanskap, maka akan muncul di bagian kiri dan kanan layar.

Perubahan posisi aplikasi di layar yang terbagi dua akan terjadi secara otomatis agar pengguna dapat beraktivitas secara multitasking dengan nyaman pada ponsel Infinix tanpa perlu mengaturnya secara manual.

Sebenarnya fitur Split Screen sudah hadir secara bawaan sejak ponsel berbasis sistem operasi Android 7.0 Nougat muncul. Dengan seiring berjalannya waktu, fitur ini sudah menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada di ponsel berbasis Android.

Bahkan pada ponsel merek lain, Split Screen sudah dapat diaktifkan dengan menggunakan gesture atau gerakan menyapu di layar sehingga mempercepat proses pembagian dua layar.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar