ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A25 5G, Fiturnya Menarik!

Samsung Galaxy A25 5G - Feature

Gadgetren – Galaxy A25 5G merupakah ponsel 5G kelas menengah Samsung yang hadir dengan fitur dan spesifikasi menarik.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp3.999.000, ponsel yang satu ini menawarkan layar Supera AMOELD dengan refresh rate tinggi. Dukungan kamera besar pun turut dihadirkan pada perangkat ini.

Galaxy A25 5G juga sudah memiliki sensor NFC (Near Field Communication). Selain memiliki performa bertenaga di kelasnya, perangkat ini juga diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal.

Kelebihan Samsung Galaxy A25 5G

1. Desain Simpel dan Kekinian

Samsung Galaxy A25 5G - Desain

Samsung berusaha menghadirkan bahasa desain dari seri Galaxy A masa kini pada Galaxy A25 5G dengan menghilangkan ornamen-ornamen yang tidak perlu dan menonjolkan esensi desain dengan tata letak kamera yang bersih, profil ramping, dan pola unik.

Bisa dibilang Galaxy A25 5G mempunyai elemen desain khas dari seri Galaxy A saat ini seperti sudut membulat dan halus dengan tata letak lensa kamera belakang linear yang disusun secara vertikal.

Untuk menambah desainnya menjadi menarik dan kekinian, Galaxy A25 5G hadir dengan tiga varian yang terdiri dari Black Blue, Blue, dan Yellow. Tentunya hal ini memberikan keleluasaan untuk memilih ponsel ini sesuai dengan selera warna yang diinginkan.

2. Layar yang Memanjakan Mata

Samsung Galaxy A25 5G - Layar

Pada bagian depan ponsel ini sudah dilengkapi layar 6,5 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan konten yang luas secara terang dan jernih.

Tingkat kecerahan puncak 1.000 nits memungkinkan mata dapat melihat konten pada layar walaupun sedang berada di bawah terik matahari. Samsung mengklaim bahwa layar Galaxy A25 5G mampu menampilkan konten 174% lebih cerah dan 130% lebih jernih dibandingkan ponsel generasi sebelumnya.

Terdapat juga Vision Booster yang dapat membuat layarnya mampu menampilkan konten lebih jelas lagi ketika kamu sedang berada di bawah pencahayaan outdoor. Berkat refresh rate 120Hz, layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game dengan halus.

Layar dari perangkat ini sudah tersertifikasi Eye Care Display sehingga mampu menyaring Blue Light dengan optimal. Menonton film dan serial terbaru di platform streaming jadi tidak bikin mata kamu cepat lelah.

3. Lancar Untuk Aplikasi dan Game

Samsung Galaxy A25 5G - Jaringan 5G

Samsung Galaxy A25 5G dilengkapi dengan chipset Exynos 1280 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz yang mampu menghadirkan performa bertenaga di kelasnya sehingga dapat menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar.

RAM 8 GB didaulat untuk menangani aktivitas multitasking yang hadir pada Galaxy A25 5G. Terdapat juga fitur RAM Plus yang memungkinkan sistem dapat meminjam kapasitas kosong penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 8 GB.

Hadir dengan dua varian, ponsel dijual dengan harga Rp3.999.000 untuk penyimpanan internal 128 GB dan Rp4.399.000 untuk penyimpanan internal 256 GB

Berkat modem yang hadir di chipset Exynos 1280, Samsung Galaxy A25 5G dapat mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 2,3 Gbps.

4. Daya Tahan Lama dan 25W Fast Charging

Samsung Galaxy A25 5G - Baterai 5000mAh

Berkat penggunaan baterai 5.000mAh, Samsung Galaxy A25 5G diklaim mampu bertahan selama 19 jam untuk mengakses internet, 21 jam untuk menjalankan video secara nonstop, 38 jam untuk telepon, atau 124 jam untuk memutar lagu.

Dengan daya tahan selama itu, ponsel ini akan dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Dukungan fitur 25W Fast Charging memungkinkan pengisian daya baterai dapat berjalan dengan sangat cepat.

5. Kamera Utama 50 MP

Samsung Galaxy A25 5G - Kamera

Perangkat ini hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Kamera utamanya telah memiliki dengan Optical Image Stabilization sehingga membuatnya mampu menghasilkan foto maupun video yang jelas walaupun kamu dalam kondisi bergerak.

Kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dengan area yang luas secara cepat dan instan. Sementara kamera makronya dapat digunakan untuk membidik objek dari jarak sangat dekat.

Terdapat fitur AI Image Enhancer yang dapat meningkatkan kualitas hasil foto dari kamera Galaxy A25 5G menjadi lebih menarik. Sementara fitur Object Eraser dapat membantu untuk menghilangkan berbagai unsur mengganggu seperti keberadaan orang lain, bayangan, maupun pantulan, pada foto yang dihasilkan.

Kamera depan dari ponsel ini memiliki resolusi 13 MP yang cukup lumayan untuk menghasilkan foto selfie, wefie, maupun vlog. Kamera depannya juga dapat dimanfaatkan untuk Face Unlock maupun video call.

6. Sudah One UI 6 Berbasiskan Android 14

Samsung Galaxy A25 5G - OS Update

Sejak pertama kali diaktifkan, Samsung Galaxy A25 5G sudah menggunakan One UI 6 berbasiskan Android 14 yang mempunyai fitur keamanan baru yang disebut Auto Blocker. Fitur ini akan memproteksi perangkat dan data dari instalasi aplikasi ilegal, memeriksa malware, dan memblokir aktivitas berbahaya.

Samsung juga menghadirkan Samsung Knox Vault, untuk memberikan tingkat perlindungan yang tinggi terhadap informasi pribadi, saat terjadi gangguan pada komponen. Misalnya saat ponsel kamu dibongkar atau mengalami gangguan gara-gara suhu dan tegangan (voltage).

Untuk keamanan dan kenyamanan kamu, Samsung menjanjikan bahwa Galaxy A25 5G akan mendapatkan peningkatan sistem operasi hingga empat generasi dan pembaruan keamanan selama lima tahun.

7. Fiturnya Lengkap

Samsung Galaxy A25 5G - Stereo

Dengan NFC (Near Field Communication), kamu dapat dengan mudah untuk melakukan pembayaran digital maupun mengecek atau mengisi saldo kartu e-money langsung dari ponsel.

Terdapat dua speaker dengan dukungan Dolby Atmos pada ponsel ini yang dapat menghasilkan suara stereo yang lantang pada konten yang ditampilkan mulai dari video atau film, game, dan lagu sehingga membuatnya menjadi lebih hidup.

Untuk memudahkan pengguna, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint yang berada di bagian pinggir tepatnya tombol Power. Dukungan port USB Type-C, Wi-Fi 5, Bluetooth 5,3m GPS, Glonass, Beidou, Galileo, QZSS, dan port jack audio 3,5mm pun sudah dihadirkan pada perangkat ini.

Kekurangan Samsung Galaxy A25 5G

1. Menggunakan Poni Waterdrop

Samsung Galaxy A25 5G - Waterdrop

Menjadi ponsel dengan harga lebih dari Rp3,8 juta, justru Samsung Galaxy A25 5G masih menggunakan poni berbentuk waterdrop di bagian atas layarnya yang digunakan untuk menyimpan kamera depan.

Hal ini membuat desain dari Samsung Galaxy A25 5G terasa kurang modern. Padahal ponsel dari merek kompetitor di kisaran harga yang sama sudah menggunakan punch hole pada bagian atas layarnya.

Tentunya ini sangat disayangkan karena membuat Galaxy A25 5G sekilas jadi terlihat kurang menarik dari tampilan luarnya karena ponsel dengan poni waterdrop memberikan kesan seperti ponsel kelas bawah dengan harga yang tergolong murah.

2. Tidak Termasuk Adaptor Charger

Kamera-Samsung-Galaxy-A25-5G

Sebagian besar ponsel seri Galaxy A dan S lainnya termasuk Galaxy A25 5G tidak dilengkapi dengan adaptor charger di dalam dus penjualannya. Hal ini membuat kamu harus membelinya adaptornya secara terpisah.

Tentunya ini menjadi sebuah hal yang tidak praktis ketika kamu tidak memiliki adaptor charger. Selain itu, kamu juga harus merogoh kocek yang lumayan untuk membeli lagi adaptor charger dengan fitur 25W Fast Charging.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar