ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Ini 4 Tips Menggunakan Fitur-Fitur Baru di Galaxy Z Flip5 dan Fold5

Samsung-Galaxy-Z-Flip-layar-depan.

Gadgetren – Melalui lini foldable terbarunya yakni Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5, Samsung telah memberikan empat pembaruan fitur yang akan memanjakan penggunanya. Khususnya untuk Galaxy Z Flip 5 kini didukung dengan layar kedua berukuran lebih besar dari sebelumnya.

Kemudian untuk Galaxy Z Fold 5 menawarkan teknologi lipatan yang lebih canggih lagi dari sebelumnya sehingga pengguna pun dapat merasakan sensasi handphone lipat dengan layar yang tampak sama sekali tanpa cela.

Dengan teknologi barunya tersebut fitur-fitur di dalamnya juga memiliki pembaruan yang dapat membantu pengguna beraktivitas apalagi ketika menggunakan handphone dengan membuka aplikasi dan fungsi-fungsi lainnya.

Pihak Samsung menyebutkan ada empat pembaruan penting pada Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 untuk diketahui pengguna maupun bagi kamu yang baru berencana ingin membeli handphone lipat tersebut. Empat pembaruan ini tentunya akan memberikan pemahaman baru yang lebih baik saat menggunakan kedua perangkat ini.

Layar Kedua yang Lebih Besar 

Samsung-Galaxy-Z-Flip-Samsung-Labs.

Galaxy Z Flip 5 memiliki layar kedua dengan ukuran lebih besar dari generasi sebelumnya yakni 3,4 inci. Layar keduanya itu juga bisa dioperasikan dalam mode flex window atau dilipat ke dalam. Dengan layar yang besar pengguna pun dapat mengelola aktivitas mereka melalui berbagai aplikasi seperti membalas chat, cek agenda, bikin konten selfie, hingga streaming konten digital.

Menariknya di layar kedua, pengguna juga dapat memunculkan berbagai aplikasi dan widget. Untuk menambahkan aplikasi cukup mengakses fitur lanjutan  pada menu pengaturan dan memilih Labs. Nantinya pengguna bisa mengaktifkan berbagai aplikasi seperti Google Messages, WhatsApp, YouTube, Netflix, hingga Google Maps di Cover Screen.

Sementara untuk menambahkan widget cukup menggeser layar ke kiri hingga muncul ikon tanda +. Bila pengguna ingin menambahkan widget lebih banyak maka cukup masuk ke menu pengaturan, pilih layar depan, dan pilih widget. Di sini pengguna pun dapat mengaktifkan atau menonaktifkan widget.

Fitur Multitasking Lebih Baik

Samsung-Galaxy-Z-Fold-5-Multi-Window

Galaxy Z Fold 5 kini dibekali dengan ragam fitur multitasking lebih lengkap seperti taskbar, hidden pop-up, dan multi window. Dengan taskbar memungkinkan pengguna bisa menyimpan hingga 4 recent apps untuk akses cepat ke lebih banyak aplikasi yang sering digunakan.

Untuk mengaktifkannya cukup sekali ketuk melalui menu display yang bisa kamu temukan di pengaturan. Sedangkan fitur hidden pop-up berfungsi untuk menampilkan maupun menyembunyikan floating apps dengan cepat.

Untuk menyalakan fitur hidden pop-up pengguna cukup masuk ke fitur lanjutan dan menu Labs pada menu pengaturan. Lalu pilih aktifkan ‘Multi window for all apps’. Jika sudah aktif maka bisa memindahkan aplikasi dengan metode drag and drop menu yang ada di taskbar ataupun edge panel pada bagian sisi samping layar.

Terakhir ialah fitur multi window yang memungkinkan pengguna bisa mengakses dua tampilan sekaligus dalam satu layar. Pengguna bisa membuka pilihannya dari bagian atas layar ataupun menggunakan swipe gesture dua jari kamu pada layar ke arah kanan, kiri, ataupun bawah.

Flex Mode Pada Layar Galaxy Z Fold 5

Samsung-Galaxy-Z-Fold-5-Flex-mode-panel

Fitur Flex mode pada panel Galaxy Z Fold 5 memungkinkan pengguna dapat berselancar di layar tanpa hambatan. Dengan lipatan layar setengah layaknya laptop, pengguna dapat menonton konten dengan gambar yang jernih.

Untuk mengakses fitur Flex mode bisa melalui touchpad pada toolbar. Lalu pilih menu Advanced Features, kemudian pilih menu Labs dan aktifkan Flex Mode Panel. Pengguna juga dapat mengatur trackpad pada pilihan general management di settings untuk menyalakan multi-finger gestures.

Dengan begitu pengguna bisa mengelola konten dengan beberapa pilihan seperti informasi konten yang sedang diakses, tombol rewind atau forward for 10 sec, adjustable toolbar, hingga mini control.

FlexCam dan Dual Preview 

Samsung-Galaxy-Z-Flip-Dual-Preview

Pada Galaxy Z Flip5 memiliki mode kamera Dual Preview yang dapat merekam secara bersamaan dengan kamera belakang dan depan. Dual Preview dapat digunakan bersamaan dengan mode FlexCam yang diaktifkan.

Setelah itu, pengguna bisa dengan mudah melihat hasil foto yang akan dijepret dari layar kedua Galaxy Z Flip 5. Fitur ini akan membantu pengguna yang sedang ingin membuat konten seorang diri seperti vlogging atau untuk diunggah ke TikTok, Reels, dan lainnya.

Harga Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 di Indonesia

Empat pembaruan fitur tersebut bisa langsung kamu coba pada  Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 yang bisa dibeli secara langsung di situs belanja resmi Samsung.com/id maupun e-commerce resmi dan gerai retail terdekat. Galaxy Z Flip 5 dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.999.000 sedangkan Galaxy Z Fold 5 dilepas dengan harga mulai dari Rp24.999.000.

Untuk dapat menjajal langsung sebelum membeli kamu juga bisa merasakan pengalamannya di Galaxy Studio di  Central Park Mall Jakarta pada 6-10 September 2023, Delipark Mall Medan pada 20-24 September 2023, Botani Square Mall Bogor pada 20-24 September 2023, dan BEC Mall Bandung pada 27 September-1 Oktober 2023.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar