Tekno

MediaTek Helio P35 Vs Qualcomm Snapdragon 665 – Mana yang Pas Buat Kelas Menengah?

MediaTek Helio P35 Vs Snapdragon 665 - Header

Gadgetren – Chipset menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat kita ingin membeli handphone baru karena akan mempengaruhi kemampuan dari perangkat secara mendasar.

Semakin ke sini, jenis chipset yang bisa dipilih pun semakin beragam. Berbagai macam perusahaan seperti Qualcomm dan MediaTek masih terlihat rajin menyegarkan lini produknya dengan berbagai macam teknologi baru.

Tak terkecuali di kelas menengah ke bawah. Kita dapat menemukan banyak sekali chipset yang menjadi andalan handphone-handphone di masa sekarang. Termasuk di antaranya adalah MediaTek Helio P35 dan Qualcomm Snapdragon 665.

Sekarang ini Helio P35 dan Snapdragon 665 akan kita jumpai di beberapa model handphone. Keduanya sama-sama layak untuk dipertimbangkan jika kita sedang mencari perangkat dengan kinerja lumayan.

Hanya saja, kedua chipset tersebut memang mempunyai spesifikasi yang sangat berbeda. Kamu yang sedang membandingkan perangkat dengan Helio P35 dan Snapdragon 665 bisa menyimak perbedaannya sebagai berikut.

Perbandingan MediaTek Helio P35 Vs Qualcomm Snapdragon 665

Perbedaan dari kedua chipset tersebut bisa dilihat mulai pada arsitektur inti yang digunakan. Helio P35 dalam hal ini masih menggunakan ARM Cortex-A53 berkecepatan hingga 2,3GHz sementara Snapdragon 665 sudah memakai Qualcomm Kryo 260.

Buat kamu yang belum tahu, Kryo 260 merupakan salah satu jenis inti kustom. Qualcomm secara khusus mengembangkannya berdasarkan ARM Cortex- A73 derivative dan Cortex-A53 derivative berkecepatan hingga 2,0GHz untuk Snapdragon 665.

Di atas kertas, Snapdragon 665 makanya bisa lebih bertenaga. Chipset menengah Qualcomm tersebut bakalan lebih bisa diandalkan untuk menangani berbagai macam tugas berat seperti dipakai bermain game.

Belum lagi, pemroses grafis yang diandalkan kedua chipset tersebut juga cukup berbeda. Helio P35 mempercayakan kemampuannya kepada IMG PowerVR GE8320 saat Snapdragon 665 mengandalkan Qualcomm Adreno 610.

Pengalaman pemakaian dari kedua chipset tersebut pun bisa semakin terasa berbeda jika melihat manufaktur yang digunakannya. Snapdragon 665 dibangun berdasarkan pabrikasi 11nm di mana sedikit lebih efisien jika dibandingkan Helio P35 dengan proses 12nm miliknya.

Modem Snapdragon 665 juga sedikit lebih mutakhir. Meski sama-sama mendukung LTE Cat.13 yang mempunyai kecepatan hingga 150Mbps untuk download, Qualcomm Snapdragon X12 LTE mengadopsi Cat.12 hingga 600Mbps di mana jauh lebih cepat daripada Cat.7 milik Helio P35 yang hanya mampu sampai 300Mbps untuk download.

Kemampuan fotografi dari kedua chipset tersebut juga cukup berlainan. Helio P35 hanya mendukung lensa ganda hingga 13MP atau tunggal 25MP sementara Snapdragon 665 yang mengandalkan Qualcomm Spectra 165 mampu mengakomodasi sampai 16MP atau 48MP untuk urutan serupa.

Tinggalkan Komentar