ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Mudah dan Instan!

Gadgetren – Bersama pembaruan iOS 18, Apple memperkenalkan sejumlah fitur baru untuk iPhone. Termasuk salah satu di antaranya adalah fitur untuk menyembunyikan sekaligus mengunci aplikasi.

Dengan hadirnya fitur baru tersebut, kita kini dapat melindungi privasi secara lebih baik. Aplikasi yang disembunyikan apalagi tidak akan muncul di hasil penelusuran, notifikasi, saran, hingga histori panggilan.

Di sisi lain, kita dapat menggunakan fitur tersebut untuk menyembunyikan aplikasi secara lebih mudah dibandingkan sebelum-sebelumnya. Kita pun tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Menyembunyikan Aplikasi iPhone

  • Pastikan pembaruan iOS 18 sudah terpasang.
  • Cari aplikasi yang ingin disembunyikan dari layar utama.
  • Ketuk dan tahan aplikasi tersebut.
  • Pilih opsi Require Face ID.
  • Ketuk tombol Hide and Require Face ID.

Setelah di sembunyikan, aplikasi akan dipindahkan ke Hidden folder. Kita dapat mengaksesnya dengan menggulirkan layar utama ke kanan sampai membuka halaman App Library. Folder umumnya akan terletak di bagian paling bawah.

Selain terbatas untuk perangkat-perangkat yang menjalankan iOS 18, fitur menyembunyikan aplikasi sayangnya juga hanya dapat digunakan pada layanan-layanan pihak ketiga. Kita tidak dapat memakainya untuk aplikasi buatan Apple.

Untuk aplikasi-aplikasi buatan Apple, kita hanya dapat menguncinya. Opsi akan berubah menjadi Require Face ID saja alih-alih Hide and Require Face ID seperti aplikasi dari pihak ketiga.

Fitur untuk menyembunyikan dan mengunci aplikasi iPhone tersebut pun tidak akan tersedia untuk beberapa aplikasi bawaan. Termasuk di antaranya seperti Camera maupun Settings.

Jika ingin menyembunyikan aplikasi bawaan Apple, kita pun dapat memanfaatkan fungsi Remove from Home Screen yang sudah tersedia sejak pembaruan iOS 14. Langkah-langkahnya pun tak kalah mudah untuk dilakukan.

Menggunakan Remove from Home Screen

  • Dari layar utama, cari aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Ketuk dan tahan aplikasi tersebut.
  • Pilih menu Remove App.
  • Ketuk opsi Remove from Home Screen.

Sama seperti menggunakan fitur Hide and Require Face ID, aplikasi-aplikasi yang disembunyikan dengan cara ini juga dapat diakses melalui App Library. Kita hanya saja bisa langsung menemukannya di folder biasa.

Menariknya, metode ini juga bisa menjadi alternatif untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat iPhone yang tidak mendukung iOS 18. Walaupun kemampuannya memang tidak sekuat menggunakan fitur Hide and Require Face ID.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar