Berita

Facebook Rilis Messenger Kids di Indonesia! Aplikasi Chat Untuk Anak-anak

Messenger Kids Logo

Gadgetren – Setelah beberapa tahun menghadirkan aplikasi khusus chat (Messenger) di smartphone, Facebook akhirnya meluncurkan aplikasi Messenger Kids untuk lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

Berbeda dengan Messenger, aplikasi Messenger Kids ini ditujukan untuk membantu anak-anak terhubung dengan teman-temannya di seluruh Indonesia maupun dunia. Hari ini pengguna smartphone di beberapa negara sudah bisa mengunduh aplikasi ini.

Namun khusus para orang tua di Indonesia baru bisa mengunduh aplikasi ini mulai akhir pekan di Google Play Store untuk smartphone Android dan Apple App Store untuk perangkat iOS.

Messenger Kids sendiri merupakan aplikasi perpesanan dan video chat yang dapat membantu anak-anak terhubung dengan teman-teman dan keluarganya dalam cara yang menyenangkan serta dapat diawasi oleh para orang tua.

Messenger Kids Interface

Sebagai bagian dari pencegahan penyebaran virus Corona, banyak sekolah ditutup dan masyarakat melakukan pembatasan sosial. Bahkan pemerintah Indonesia pun sudah memberikan himbauan bahwa masyarakat dapat melakukan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah.

Messenger Kids memungkinkan para orang tua di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi dalam membantu anak-anaknya terhubung dengan teman-teman dan keluarga, namun tetap memberikan pengawasan yang optimal kepada mereka.

Erin Egan selaku Facebook Chief Privacy Officer, Policy mengatakan bahwa Messenger Kids dapat memberikan tempat bagi anak-anak untuk dapat terhubung dengan banyak orang dalam pengawasan orang tua.

Saat membangun aplikasi ini, Facebook bekerja sama dengan orang tua, organisasi di bidang anak dan orang tua, advokat keamanan dan privasi anak, dan pakar perkembagan anak di seluruh dunia untuk memahami apa yang dibutuhkan orang tua dan anak-anak dalam aplikasi perpesanan.

Orang tua dapat memantau aktivitas anak di Messenger Kids dengan menggunakan Parent Dashboard di aplikasi Facebook yang mempunyai fitur sebagai berikut ini:

  • Melihat dengan siapa anak-anak berinteraksi dan seberapa sering
  • Melihat foto dan video yang dibagikan di Messenger Kids
  • Melihat kontak yang diblokir oleh anak mereka ataupun laporan yang dibuat
  • Menghapus atau melaporkan foto atau video yang kurang pantas bagi anak-anak
  • Melihat perangkat yang digunakan anak untuk mengakses Messenger Kids
  • Mengeluarkan akun anak-anak mereka dari perangkat manapun
  • Mengunduh informasi anak-anak mereka di Messenger Kids, seperti bagaimana pengguna
    dewasa dapat mengunduh informasi mereka di Facebook

Dengan fitur yang ditawarkan ini, orang tua dapat mengawasi anak-anaknya ketika berinterasi di aplikasi Messenger Kids dengan pengguna lain. Menurut kamu, apakah ini aplikasi yang bermanfaat untuk digunakan oleh anak-anak?

Tinggalkan Komentar