Yuk Gabung di Gadgetren Sebagai Kontributor dan Raih Pendapatan Tambahan

Blogging

Kamu sering ada ide tulisan atau aktif menulis seputar teknologi? Kini kamu bisa menyalurkan tulisanmu di Gadgetren sebagai kontributor dan sekaligus dibayar.

Tulisan yang Dicari

Tulisan yang dibutuhkan oleh Gadgetren adalah tulisan yang berupa opini, cerita, inspirasi, pendalaman, atau investigasi kontributor tentang suatu topik di salah satu rubrik berikut: smartphone, aplikasi, game, laptop, desktop PC, dan gadget / aksesoris teknologi.

Tulisan yang Tidak Dicari

Untuk program kontributor saat ini, kami TIDAK mencari tulisan berikut ini:

  • Berita (contoh: peluncuran ponsel baru)
  • Tulisan informasional singkat (contoh: harga dan spesifikasi sebuah ponsel)
  • Tulisan review/impresi ponsel
  • Tutorial
  • Wawancara
  • Promosi layanan atau produk
  • Tulisan tentang perusahaan sendiri

Referensi Tulisan yang Dicari

Target Pembaca

Ketika membuat naskah tulisan, gunakan beberapa persona di bawah ini untuk membayangkan calon pembaca tulisan kamu. Tulisan bisa menargetkan salah satu atau lebih persona tersebut.

Persona Utama: Pekerja Arief

Arief adalah seorang pekerja kantoran dengan gaji mencukupi di Jakarta berumur 25 tahun yang sudah menikah. Sehari-hari ia pulang pergi dari rumahnya ke Bogor ke tempat kerjanya di area pusat Jakarta.

Selama di perjalanan kerja, ia aktif menggunakan ponsel Samsung Galaxy A50-nya untuk membaca berita dan tren terbaru di jejaring sosial. Sesampainya di kantor, ia menggunakan laptop ASUS Vivobook S13 bersamaan dengan ponselnya untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Persona Sekunder: Mahasiswa Andre

Andre adalah laki-laki dewasa umur 18 tahun yang sedang berada di awal masa perkuliahan. Untuk menunjang aktifitas sehari-hari dan perkuliahan, ia aktif menggunakan ponsel Xiaomi Redmi Note 6 dan laptop Acer Aspire 3.

Di waktu senggang, ia menggunakan ponselnya untuk bermain game, chatting dengan teman dan pacar, nonton YouTube, dan berjejaring sosial. Ponselnya juga ia gunakan ketika mendalami materi perkuliahan atau mencari jawaban tugas dari dosen. Untuk tugas kuliah yang lebih berat seperti membaca materi perkuliahan online dan mengetik tugas, ia menggunakan laptop Acer-nya.

Persona Sekunder: Ibu Rumah Tanggan Clarissa

Clarissa adalah seorang ibu rumah tangga berumur 30 tahun dengan 2 anak. Aktivitas sehari-harinya cukup sibuk dalam mengurus berbagai keperluan rumah tangga.

Untuk menunjang berbagai aktifitasnya seperti melihat resep masakan, membaca kabar hiburan terbaru, chatting dengan anggota keluarga lain, hingga mengabadikan momen bersama keluarga, ia menggunakan ponsel Oppo F11 Pro.

Syarat dan Ketentuan Naskah

Setiap naskah yang dibuat oleh kontributor harus mematuhi syarat dan ketentuan yang ada. Jika melanggar atau kualitas naskah tidak sesuai ekpsektasi maka naskahnya akan ditolak oleh tim editor dan tidak diberikan kompensasi.

Untuk syarat dan ketentuan naskah adalah sebagai berikut:

  • Naskah ditulis dalam sebuah dokumen Google Docs.
  • Naskah ditulis dengan gaya bahasa yang tidak kaku namun tetap menggunakan ejaan yang baik dan benar.
  • Kata serapan tidak perlu dibuat menjadi miring.
  • Jike menggunakan gambar di dalam naskah, gambar tersebut haruslah karya pribadi yang dapat disebarluaskan atau gambar yang berlisensi CC. Untuk gambar berlisensi CC bisa dicari di web semacam pixabay.com.
  • Lebar gambar harus 700 piksel dan tinggi gambar antara 350-450 piksel.
  • Naskah minimal harus terdiri dari 600 kata dan 9 paragraf (per parargraf maksimal 3 baris dengan format font bawaan Google Docs).
  • Naskah harus buatan sendiri (bukan plagiat) dan belum pernah dirilis di media mana pun baik media online maupun offline.
  • Naskah yang telah diterbitkan di Gadgetren akan menjadi hak milik Gadgetren.
  • Naskah tidak boleh dibuat sebagai ajang iklan semata untuk sebuah produk atau layanan.
  • Pastikan naskah dengan topik yang mirip belum pernah dirilis di situs Gadgetren.com sebelumnya.
  • Minimalisir typo. Typo yang terlalu banyak akan dikembalikan naskahnya ke kontributor untuk direvisi.

Keuntungan Kontributor

  1. Mendapatkan bayaran sebesar Rp250.000 untuk setiap naskah yang terbit di Gadgetren.
  2. Berpotensi untuk dimasukkan ke tim Gadgetren sebagai kontributor tetap.

Prosedur Pendaftaran Kontributor

Kirim email ke redaksi@gadgetren.com dengan format sebagai berikut:

Subject: [KONTRIBUTOR] Pendaftaran Kontributor Gadgetren

Body:
Nama Lengkap: ……….
Nomor Whatsapp: ……….
Kota Tempat Tinggal: ……….
Link Profil LinkedIn: ………. (opsional)
Link Naskah: ………. (dalam bentuk link Google Docs)

Kamu akan dikontak oleh tim redaksi Gadgetren jika naskahmu diterima atau ditolak oleh redaksi Gadgetren. Setelah kamu diterima sebagai kontributor Gadgetren, untuk naskah selanjutnya dapat mengirim langsung ke redaksi Gadgetren.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin pitching ide konten terlebih dahulu, silahkan mengirimkan pertanyaan atau pitching ide-nya melalui email ke redaksi@gadgetren.com

Tinggalkan Komentar