ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan realme 13 5G, Bermain Game Bisa Lebih Asyik!

Gadgetren – Seri realme 13 kedatangan anggota baru. Setelah versi 4G yang diluncurkan beberapa waktu lalu, realme memperkenalkan model 5G untuk melengkapi lini keluarga ponsel terjangkau ini.

Menariknya, realme 13 5G kini pun sudah tersedia di Indonesia. Kita dapat meminangnya dengan harga normal Rp3.799.000 dari berbagai marketplace rekanan realme maupun situs resmi perusahaan.

Disokong dengan teknologi jaringan yang lebih mumpuni, realme 13 5G tentu bisa menjadi alternatif di kelas menengah. Perangkat tersebut mempunyai beberapa keunggulan yang bisa dipertimbangkan.

Kelebihan realme 13 5G

1. Layar Beranimasi Tinggi

Berfokus pada kemampuan untuk bermain game, realme 13 5G hadir dengan dukungan layar beranimasi tinggi. Perangkat tersebut dilengkapi dengan panel yang mampu menangani pengaturan refresh rate hingga 120Hz.

Pengaturan refresh rate yang tinggi ini memungkinkan realme 13 5G mengakomodasi berbagai konten game secara lebih baik. Animasinya dapat ditampilkan dengan lebih mulus mengikuti setelan tertingginya.

Panel yang digunakan oleh realme 13 5G apalagi bukan hanya mendukung pengaturan refresh rate tinggi. Layarnya juga berukuran sangat luas di mana tercatat sudah membentang hingga 6,72 inci.

Layar realme 13 5G juga sudah mendukung penayangan gambar dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Jadi, tampilan konten tidak akan terlihat bergerigi meski ukuran panelnya sangat besar.

2. Konfigurasi Memori Menjanjikan

Dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 6300 yang menjanjikan kinerja unggulan, realme 13 5G memadukannya bersama RAM dan penyimpanan berkapasitas besar. Kita pun dapat mengandalkan perangkat tersebut untuk menangani berbagai macam aktivitas dengan lancar.

Dalam hal ini, realme 13 5G bahkan sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas hingga 12GB. Kita di sisi lain masih bisa mengekspansinya dengan tambahan memori virtual hingga 14GB jika dianggap masih kurang.

Dengan RAM berkapasitas besar, kita secara teknis dapat menjalankan berbagai aplikasi secara lebih lancar. Perangkat pun dapat digunakan untuk melakukan beberapa tugas bersamaan atau multitasking tanpa hambatan.

Berdasarkan klaim dari realme, perangkatnya bahkan dapat memuat aplikasi hingga 7 persen lebih cepat. Kita juga dapat menjalankan hingga 19 aplikasi di latar belakang secara bersamaan.

Sementara untuk penyimpanannya, realme 13 5G menawarkan media internal sebesar 256GB. Perangkat di kelasnya padahal umumnya hanya dilengkapi dengan kapasitas hingga 128GB.

Penyimpanan yang besar dari realme 13 5G ini memungkinkan kita menyimpan lebih banyak data dan aplikasi. Perangkat tersebut bahkan diklaim dapat menampung hingga 70 game, 900 episode serial televisi, atau 56.000 foto maupun lagu.

3. Kamera Berteknologi OIS

Meskipun tidak berfokus pada sektor fotografi, realme 13 5G sudah dilengkapi dengan dukungan kamera yang menarik. Perangkat tersebut tidak hanya menawarkan sensor beresolusi tinggi tetapi juga stabilisasi yang sangat baik.

Kelebihan dan Kekurangan realme 13 5G - 1

Perangkat yang dibanderol dengan harga Rp3 jutaan tersebut sudah dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization). Dikombinasikan bersama EIS (Electronic Image Stabilization), pengambilan gambar dan perekaman videonya bakal sangat stabil.

Kita pun dapat menghasilkan foto yang jelas dan tajam meskipun tanpa tripod atau monopod. Hasil rekaman videonya pun akan terlihat seperti tanpa guncangan meskipun ponsel dipegang secara tidak stabil.

Terlepas dari stabilisasinya, kamera realme 13 5G menawarkan pengambilan gambar beresolusi tinggi. Perangkat tersebut mempunyai sensor utama beresolusi 50MP dan depan 16MP.

4. Baterai Besar dengan Pengisi Daya Super Cepat

Keunggulan realme 13 5G juga terletak pada sektor dayanya. Perangkat yang dirancang khusus untuk bermain game tersebut sudah dipersenjatai dengan baterai berkapasitas besar.

Baterai perangkat tersebut secara teknis dapat menampung hingga 5.000mAh. Dikombinasikan bersama chipset yang mempunyai efisiensi 30 persen lebih baik dari sebelumnya, realme 13 5G pun dapat digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Kelebihan dan Kekurangan realme 13 5G - 2

Pengisi daya yang didukung oleh realme 13 5G di sisi lain juga sangat tinggi. Teknologi 45W Ultra Charge yang dipakainya diklaim hanya memerlukan waktu 6 menit untuk membuat perangkat dapat digunakan bermain game selama 1 jam.

5. Bodi Tangguh

Ketangguhan dari realme 13 5G juga menjadi salah satu keunggulan yang bisa dipertimbangkan. Perangkat tersebut dapat digunakan untuk beraktivitas tanpa khawatir akan cepat rusak.

Bodi perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan ArmorShell yang menawarkan struktur internal sangat kuat. Kerangka ini dirancang untuk memastikan ponsel akan tetap utuh meskipun tidak sengaja terjatuh.

Selain kerangka yang kuat, realme 13 5G juga dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu sebagai pelindung. Perangkat tersebut sudah memastikannya lewat sertifikasi IP64.

6. Bawa Fitur untuk Bermain Game Secara Lebih Menyenangkan

Dirancang untuk bermain game, berbagai fitur penunjang hadir pada realme 13 5G. Perangkat tersebut salah satunya dilengkapi dengan Stainless Steel Vapor Chamber seluas 2249mm².

Stainless Steel Vapor Chamber yang dipakainya akan membuat suhu perangkat terjaga dengan baik sehingga kinerjanya tetap stabil selama digunakan. Sistem pendingin ini bahkan diklaim mampu mengurangi panas pada chipset hingga 12°C.

Untuk menghadirkan pengalaman bermain game secara lebih menyenangkan, perangkat menengah tersebut kini juga sudah dilengkapi dengan GT Mode yang sebelumnya hanya tersedia untuk lini realme GT.

GT Mode dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perangkat dalam bermain game. Di dalamnya, terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan untuk personalisasi permainan.

Yang tak kalah menarik, perangkat terjangkau tersebut juga sudah dilengkapi dengan speaker stereo yang ditempatkan di sisi atas dan bawah. Suara yang dihasilkan pun akan membuat pengalaman bermain game terasa semakin lengkap.

Kekurangan realme 13 5G

1. Layar Masih IPS

Unggul dengan refresh rate dan ukurannya, layar realme 13 5G sayangnya terasa kurang sempurna. Perangkat tersebut soalnya hanya menggunakan panel IPS dengan tingkat kecerahan sampai 580nits.

Padahal dengan harga yang serupa, beberapa perangkat sudah mengusung panel AMOLED yang mempunyai produksi gambar lebih baik. Kecerahan maupun kontras dari layar IPS umumnya akan kalah jika dibandingkan dengannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar