ASUS TUF Gaming F15
Rekomendasi Handphone

Ini 7 HP RAM 8GB di Tahun 2023 Biar Multitasking Lancar

Rekomendasi HP RAM 8GB - Header

Gadgetren – Agar dapat melakukan multi-tasking atau mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dengan lebih lancar, kita memerlukan sebuah ponsel dengan RAM berkapasitas besar.

RAM yang mempunyai kepanjangan kata Random Access Memory soalnya bertanggung jawab untuk menangani data-data yang perlu digunakan oleh CPU (Central Processing Unit) dalam bekerja seperti menjalankan aplikasi atau layanan.

Tanpa kapasitas yang besar, manajemen RAM pada sebuah ponsel akan melakukan pengelolaan data yang ketat. Sistem tersebut akan terus menulis dan menghapus data secara bergantian agar semua tugas dapat dikerjakan di mana mekanismenya bisa berbeda-beda untuk setiap manufaktur.

Lalu sebagai akibatnya, pemrosesan data pun memerlukan waktu yang lebih lama di mana akan cukup berpengaruh pada pengalaman pemakaian pengguna. Kita mungkin akan merasa layanan berjalan tersendat-sendat atau perpindahan antar aplikasi kurang mulus.

Kabar baiknya di tahun 2023 ini banyak ponsel meluncur dengan dukungan RAM berkapasitas besar yang dipasarkan cukup terjangkau. Sebagian di antaranya bahkan memuat lebih dari 8GB sehingga dapat menjadi alternatif jika memerlukan perangkat untuk multitasking.

1. Infinix HOT 30i

Rekomendasi HP RAM 8GB - 1

Infinix HOT 30i menjadi ponsel paling murah yang bisa dipertimbangkan saat kita memerlukan perangkat untuk multitasking. Meskipun hanya dibanderol dengan kisaran harga RP1.449.000 di Tokopedia, kita sudah bisa menemukan RAM 8GB di dalamnya sebagai salah satu keunggulan yang dimilikinya.

Kita pun tak perlu khawatir dengan kemampuan komputasi dari perangkat ini. Infinix HOT 30i soalnya juga sudah dilengkapi chipset MediaTek Helio G37 (12nm) yang mampu dipacu dengan frekuensi hingga 2,3GHz sebagai dapur pengolahan datanya sehingga tetap dapat secara seimbang menemani kapasitas RAM yang besar tersebut.

Meskipun hadir sebagai ponsel kelas entri, Infinix HOT 30i pun menariknya juga sudah membawa layar IPS LCD HD+ berukuran 6,6 inci yang mendukung refresh rate hingga 90Hz. Animasi gambar saat bermain game atau menonton video pun bakal terasa lebih mulus dibandingkan dengan layar 60Hz.

2. TECNO SPARK 10 Pro NFC

Rekomendasi HP RAM 8GB - 2

Membuka harga Rp2 jutaan, TECNO SPARK 10 Pro NFC yang memperkenalkan diri pada bulan Maret 2023 kemarin juga dapat menjadi alternatif pilihan selanjutnya jika mencari dengan kriteria ini. Ponsel ini juga meluncur dengan RAM berkapasitas 8GB untuk memanjakan para pengguna.

Dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp2.099.000 di Tokopedia, TECNO SPARK 10 Pro NFC menawarkan MediaTek Helio G88 (12nm) hingga 2,0GHz yang mana sudah punya performa cukup menjanjikan. Terdapat dua opsi media penyimpanan yang bisa dipilih dalam hal ini yaitu 128GB dan 256GB.

Sektor kamera pun menjadi salah satu keunggulannya. Di bagian depan, TECNO Mobile sudah menyematkan lensa beresolusi 32MP yang mana lebih tinggi dari sejumlah ponsel sekelasnya. Sementara di belakang terdapat kamera 50MP yang didukung oleh sensor AI.

3. Redmi Note 12

Rekomendasi HP RAM 8GB - 3

Jauh di atasnya, Redmi Note 12 juga mempunyai model dengan opsi RAM dengan berbagai pilihan di mana salah satunya berkapasitas 8GB yang siap memanjakan para pengguna produktif yang kerap melakukan multitasking. Hanya saja kita perlu mengeluarkan dana sekitar Rp2.999.0000 jika melihat harganya di Tokopedia.

Redmi Note 12 menjadi ponsel baru Xiaomi pada tahun ini yang mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) berkecepatan hingga 2,8GHz yang cukup bisa diandalkan dalam keseharian. Salah satu keunggulannya terletak pada baterai berkapasitas 5.000mAh yang ditunjang pengisian daya 33W.

Selain itu, ponsel menengah ini juga mempunyai layar yang menarik karena sudah memakai panel AMOLED Full HD+ yang mampu menampilkan animasi gambar hingga 120Hz. Kameranya pun sudah menggunakan sistem multilensa yang terdiri dari sensor 50MP, sudut lebar 8MP, dan makro 2MP.

4. IQOO Z7x 5G

Rekomendasi HP RAM 8GB - 4

Sebagai opsi lainnya, kita juga dapat mempertimbangkan IQOO Z7x 5G yang meluncur dengan RAM 8GB sebagai bagian dari dapur pacunya. Ponsel yang dibangun berdasarkan Qualcomm Snapdragon 695 5G (6nm) hingga 2,2GHz ini bisa dipinang mulai dari kisaran Rp3.299.000 di Tokopedia.

Yang menarik dari ponsel menengah IQOO ini adalah teknologi pengisian dayanya. Meskipun dijual kurang dari Rp4 juta, IQOO Z7x 5G nyatanya sudah dilengkapi dengan dukungan 80 Watt Flash Charge yang mampu mengisi baterai 6.000mAh miliknya hingga 50 persen dalam waktu 25 menit saja.

Di samping itu, IQOO Z7x 5G juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat meningkatkan pengalaman saat bermain game. Termasuk di antaranya meliputi 5-layer Liquid Cooling System, layar 120Hz, 4D Game Vibration, maupun Full-sensor Gaming Control untuk menjamin pengalaman bermain yang nyaman.

5. POCO X5 5G

Rekomendasi HP RAM 8GB - 5

POCO X5 5G yang ikut meluncur di rentang harga Rp3 jutaan juga mempunyai model dengan RAM berkapasitas 8GB. Kita pun bisa mempertimbangkan ponsel berbasis Snapdragon 695 5G ini jika memerlukan perangkat yang mampu menangani berbagai macam kebutuhan.

Ponsel dari submerek milik Xiaomi ini mempunyai sejumlah keunggulan yang ditawarkannya di mana salah satunya termasuk sektor layar. POCO X5 5G soalnya sudah dilengkapi dengan panel Super AMOLED Full HD+ yang mendukung tingkat kecerahan sampai 1.200 nit dan mampu menampilkan animasi hingga 120Hz.

Fitur yang ditawarkan oleh perangkat ini juga terbilang cukup lengkap seperti teknologi pengisian daya 33W, sertifikat IP53, hingga IR Blaster yang menjadi ciri khas ponsel besutan Xiaomi. Hanya saja kita perlu mengeluarkan dana kurang lebih Rp3.999.000 untuk meminang model RAM 8GB dari Tokopedia.

6. IQOO Z7 5G

Rekomendasi HP RAM 8GB - 6

Jika mempunyai dana lebih banyak, kita juga tidak boleh mengesampingkan IQOO Z7 5G yang juga turut rilis pada Tahun 2023. Lini ponsel buatan submerek vivo ini tersedia dengan RAM berkapasitas mulai dari 8GB yang dibanderol kurang lebih seharga Rp4.299.000 di Tokopedia.

Sedikit lebih unggul ketimbang IQOO Z7x 5G adiknya, ponsel ini meluncur dengan chipset Qualcomm Snapdragon 782G (6nm) yang mampu dipacu hingga 2,7GHz. Kinerja IQOO Z7 5G makanya sangat bisa diandalkan termasuk untuk bermain game berat sekalipun jika diinginkan.

Perangkat menengah ini pun menariknya sudah meluncur dengan teknologi pengisian daya 120W yang mana sangat cepat. Berdasarkan hasil pengujian internal mereka, dukungan tersebut mampu mempersingkat proses mengisi baterai 5.000mAh milik IQOO Z7 5G hingga 50 persen hanya dalam waktu 9 menit.

7. Redmi 12 Pro 5G

Rekomendasi HP RAM 8GB - 7

Versi Pro dari lini keluarga Redmi Note 12 juga tak kalah menarik untuk dipertimbangkan bagi kita yang memerlukan ponsel dengan RAM berkapasitas 8GB. Hanya saja perangkat ini tersedia dengan kisaran harga Rp4.599.000 di Tokopedia yang mana sudah mulai cukup relatif mahal.

Mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 1080 (6nm) hingga 2,6GHz, Redmi Note 12 Pro 5G pun menawarkan pengalaman pemakaian yang tak kalah menyenangkan. Ponsel ini apalagi juga dilengkapi dengan layar P-OLED 6,67 inci yang mendukung refresh rate hingga 120Hz dan fitur Dolby Vision.

Kamera utama dari ponsel ini juga tergolong sangat menarik karena sudah memakai sensor Sony IMX766 50MP yang dikombinasikan dengan lensa sudut lebar 8MP dan makro 2MP untuk menunjang berbagai skenario fotografi. Baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh yang diusungnya juga sudah mendukung pengisian hingga 67W yang mana cukup kompetitif.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar