ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Kenapa Jaringan IndiHome Bisa Tiba-Tiba Menjadi Lemot?

Kenapa IndiHome Lemot - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Masalah koneksi internet yang tiba-tiba berubah menjadi lemot memang bisa melanda siapa saja. Kita sebagai pengguna layanan IndiHome pun dapat termasuk di dalamnya.

Jaringan internet memang dipengaruhi oleh berbagai macam hal teknis mulai dari yang bisa kita kontrol hingga tidak. Jika kualitas dari salah satunya menurun, maka akan diikuti oleh perlambatan kecepatan akses yang dapat kita nikmati.

IndiHome yang menyediakan berbagai macam layanan digital mulai dari telepon, internet, hingga televisi interaktif pun juga demikian. Jaringan yang dimilikinya tak luput dari perubahan berbagai macam aspek teknis tersebut.

Ketika kecepatan akses di jaringan IndiHome melambat, kita karenanya bisa mengecek beberapa aspek tersebut terlebih dahulu. Jangan lupa bahwa sebagian di antaranya pun dapat kita kontrol sehingga cukup memungkinkan untuk sekaligus mengatasi masalahnya.

Kenapa Jaringan IndiHome Bisa Lemot?

Melebihi FUP

Sama seperti layanan internet unlimited secara umum, IndiHome pun menawarkan jaringan dengan FUP (Fairly Usage Policy) atau batas pemakaian wajar untuk memberikan kenyamanan yang setara bagi seluruh pelanggan.

Dengan adanya batas pemakaian wajar ini, kita tidak bisa menggunakan layanan semau kita seperti asal download file berukuran besar terus-menerus melainkan juga perlu memperhatikan kenyamanan pelanggan lain yang sama-sama membutuhkan.

Jika batas pemakaian wajar sudah terpenuhi, kecepatan akses internet bakal disesuaikan menjadi lebih rendah seperti ketentuan yang ada. Kita bahkan mungkin akan merasakannya menjadi sangat lemot meski sebenarnya sudah cukup untuk mengakses sejumlah layanan.

Mengecek sisa kuota FUP di layanan IndiHome untungnya mudah. Ditambah lagi, kita pun dapat memanfaatkan berbagai macam paket Speed on Demand yang dapat menambah kecepatan akses internet untuk sementara waktu.

Perangkat Bermasalah

Kita mungkin sering diminta untuk memuat ulang router saat menghubungi pihak IndiHome. Hal itu sebenarnya bukan asal-asalan tetapi untuk memastikan bahwa perangkat dalam kondisi prima sehingga mampu menangani kebutuhan pengguna.

Sama seperti handphone atau komputer, router juga melakukan proses komputasi sederhana supaya dapat mengelola pemakaian internet dari para pengguna. Perangkat pun dapat menjadi semakin berat seiring berjalannya waktu jika kita jarang menyegarkannya.

Kenapa IndiHome Lemot - Router[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Proses menyegarkan router dapat dilakukan dengan cara memuat ulang perangkat. Kinerjanya nanti akan kembali menjadi lebih ringan sehingga mampu menangani pendistribusian internet secara lebih baik.

Namun perlu diingat bahwa hal ini belum tentu berhasil apalagi jika router ternyata benar-benar sudah mengalami penurunan kinerja akibat faktor usia. Kita ada baiknya melaporkan masalah ke pihak IndiHome untuk memastikan sekaligus mendapatkan penggantinya.

Terlalu Banyak Pengguna

Bandwidth termasuk salah satu aspek teknis yang bakal berpengaruh pada kecepatan akses internet. Semakin besar maka semakin banyak pengguna yang bisa menggunakan jaringan secara bersama-sama tanpa mengalami penurunan kualitas.

Hanya saja dengan bertambahnya pengguna, kecepatan internet bisa semakin lambat karena akan membuat arus pertukaran data semakin padat. Belum lagi jika beberapa di antaranya mengakses berkas berukuran besar seperti streaming atau download.

Pihak IndiHome sebenarnya mempunyai rekomendasi khusus tentang jumlah perangkat untuk setiap bandwidth yang ditawarkan. Jadi cukup wajar internetnya bisa mengalami penurunan kecepatan jika pemakai melebihi batas.

Penempatan Router Kurang Pas

Sepengetahuan saya, pengaturan jaringan WiFi yang digunakan di layanan IndiHome kebanyakan masih menggunakan teknologi 2,4GHz yang mana secara teori rawan mengalami gangguan dari perangkat-perangkat sekitar.

Penempatan router karenanya akan sangat berpengaruh. Jika diletakkan di dekat benda-benda yang memancarkan gelombang 2,4GHz maka akan mudah terjadi interferensi dan menyebabkan kecepatan menjadi tidak stabil.

Memang Sedang Gangguan

Yang cukup menjengkelkan adalah ketika masalah IndiHome lemot terjadi karena memang layanan sedang gangguan. Saat hal ini berlangsung, kita soalnya hanya bisa menunggu dan mencari koneksi internet alternatif yang lain.

Untungnya mengecek IndiHome sedang gangguan sangat mudah untuk dilakukan. Kita bisa bertanya langsung melalui layanan IndiHome Care maupun menyimak kanal berita dari media-media populer.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar