ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

TKDN Ungkap Eksistensi Samsung Galaxy A03, Segera Meluncur ke Indonesia?

Samsung-Galaxy-A03-Global.

Gadgetren – Di penghujung tahun 2021 tampaknya Samsung akan segera memboyong handphone entri level terbaru ke Indonesia yang bernama Galaxy A03.

Sebelumnya Samsung telah meluncurkan Galaxy A03 Core secara global pekan lalu dan kini Galaxy A03 telah muncul dalam daftar sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di bawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dengan begitu handphone ini bisa dikatakan sudah mendapat restu agar segera dipasarkan di Indonesia. Adapun sertifikasi TKDN menjadi syarat utama untuk setiap produk handphone baru yang akan dijual di Indonesia agar terdaftar dalam jaringan 4G LTE sehingga kelak bisa digunakan dengan lancar dan terutama secara hukum merupakan produk legal yang berkontribusi membayar pajak negara.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren, Galaxy A03 telah tercatat dalam daftar TKDN Kemenperin dengan nomor sertifikat 11061/SJ-IND.8/TKDN/11/2021 yang dipublikasikan pada tanggal 26 November 2021.

Galaxy A03 terdaftar dengan nomor merek dan tipe SAMSUNG SM-A035F. Handphone ini telah mendapatkan nilai TKDN sebesar 37.30%. Dengan nilai sudah di atas 30%, Galaxy A03 telah melampaui persyaratan sebagai produk yang layak dijual di Indonesia.

Menurut situs resmi Samsung, Galaxy A03 mengusung layar dengan bentang 6,5 inci yang menampilkan desain Infinity-V serta mendukung resolusi HD+. Secara fisik bodinya memiliki dimensi 164,2 x 75,9 x 9,1mm dan menawarkan tiga varian warna yang meliputi Black, Blue, dan Red.

Dari segi performa, Galaxy A03 mengandalkan chipset Octa-Core yang tidak disebutkan namanya. Namun chipset ini berisi komponen CPU mencakup 2×1,6Ghz dan 6×1,6GHz.

Chipset tersebut ditemani dengan tiga pilihan kapasitas RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB, RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB, serta RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

TKDN-Samsung-Galaxy-A03.

Di sektor fotografi Galaxy A03 menggunakan konfigurasi dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48 MP dengan aperture f/1.8 dan lensa kedalaman 2 MP dengan aperture f/2.4. Kemudian lensa depan mempunyai resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2.

Baterainya berkapasitas 5.000 mAh dan belum dilengkapi fitur pengisian cepat. Meskipun begitu, handphone ini telah diberikan fitur pendukung penting lainnya seperti konektivitas berupa WiFi, Bluetooth, jaringan 4G LTE, dan Dolby Atmos.

Walaupun kehadirannya sudah dikonfirmasi oleh TKDN, hingga kini pihak Samsung belum memberikan informasi lebih mengenai tanggal dan waktu peluncuran Galaxy A03 di Indonesia. Galaxy A03 diperkirakan dibanderol dengan harga murah karena seperti seri Galaxy A0 sebelumnya di Indonesia yang telah dipasarkan dilepas dengan harga 1 jutaan rupiah.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar