Smartphone Tips dan Trik

Cara Membuat Video Apapun Menjadi Wallpaper di Handphone Android

Cara Membuat Video Menjadi Wallpaper di HP Android Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Handphone Android sudah menjadi salah satu perangkat kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari orang-orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Agar pengguna tidak bosan dengan tampilan layar dari handphone setiap harinya, para pengembang pun menghadirkan sistem wallpaper pada handphone Android.

Wallpaper sendiri merupakan sebuah gambar latar yang muncul di halaman homescreen sehingga kamu dapat menampilkan foto atau gambar kesukaan di handphone.

Biasanya kamu dapat menggunakan wallpaper statis dan bergerak yang sudah tersedia langsung di handphone, Theme Store, atau dari internet. Namun pastinya kamu ternyata juga bisa membuat video yang diambil sendiri menjadi wallpaper di handphone.

Meskipun saat ini banyak handphone yang bisa menggunakan foto untuk menjadi wallpaper, namun masih tidak bisa secara langsung menjadikan video sebagai wallpaper sehingga kamu membutuhkan aplikasi atau software khusus untuk bisa membuatnya terjadi.

Cara Membuat Video Menjadi Wallpaper di Android

  1. Unduh dan install aplikasi Video Wallpaper dari Google Play Store
  2. Jalankan aplikasi Video Wallpaper yang muncul di homescreen
  3. Pada halaman utama, kamu akan dihadapkan langsung pada pilihan video yang ada di Gallery handphone
  4. Pilih video yang akan dijadikan wallpaper sesuka hati kamu
  5. Masuk ke menu pengaturan Wallpaper mulai dari Turn on Audio, Scale to fit, Double tap to start/pause, dan tombol Set as launcher wallpaper
  6. Pilih pengaturan sesuai seleraVideo-Wallpaper-Part-1
  7. Saya sendiri menonaktifkan Turn on Audio dan memilih Scale to fit
  8. Tenekan tombol Set As launcher Wallpaper
  9. Kamu akan dihadapkan pada tombol Home Screen apabila hanya akan menerapkan di halaman home screen atau Home Screen & Lock Screen apabila ingin menerapkannya sekaligus di halaman lock screen
    Video Wallpaper Part 2
  10. Apabila kamu sudah memilih salah satu tombol tersebut, maka secara otomatis video akan menjadi wallpaper di handphone

Bisa dibilang proses membuat video menjadi wallpaper dengan menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh orang awam sekalipun. Sebagai catatan, fitur Turn on Audio pada aplikasi ini memungkinkan kamu dapat menghadirkan wallpaper bergerak dengan suara.

Sementara Scale to Fit akan membuat proporsi wallpaper pas dengan layar handphone. Namun kamu sebaiknya mengambil video dengan format Portrait agar benar-benar langsung pas dengan layar karena apabila menggunakan format Landscape, maka terkadang hasilnya menjadi gepeng atau terpotong.

Fitur Double Tap to start/pause hanya dapat dinikmati apabila kamu menggunakan aplikasi Video Wallpaper versi Premium. Namun apabila hanya untuk sebatas membuat video menjadi wallpaper di handphone, maka versi Gratis sudah sangat membantu.

Tinggalkan Komentar