ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Begini Cara Mengatasi Aplikasi Tiba-Tiba Berhenti di Handphone Samsung

Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung Header

Gadgetren – Aplikasi yang tiba-tiba berhenti saat sedang digunakan tentu dapat menimbulkan masalah baru bagi para pengguna handphone, termasuk mereka yang memakai handphone buatan Samsung.

Meskipun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang para pengguna perangkat anyar, masalah ini untungnya biasa terjadi pada handphone-handphone yang sudah lama digunakan tetapi kurang mendapat pemeliharaan sistem secara rutin.

Hanya saja, penyebab kenapa aplikasi bisa berhenti secara tiba-tiba sangat beraneka ragam mulai dari aplikasi yang tidak sesuai, sistem operasi sudah usang, memori penyimpanan penuh, kapasitas RAM yang menipis, hingga peranti keras yang sudah aus atau rusak.

Pengguna yang ingin handphone-nya dapat kembali beroperasi secara normal tentu harus berusaha untuk menyelesaikan berbagai macam penyebab di atas. Untuk melakukannya, masing-masing pengguna memerlukan langkah yang berbeda.

Jika menggunakan handphone di lini Samsung Galaxy, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan ini. Secara runtut, kamu bisa mengikutinya dalam ulasan berikut.

Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti Tiba-tiba di Handphone Samsung

Muat Ulang Handphone

  1. Tekan tombol Power selama beberapa saat
  2. Pilih Power Off untuk mematikan perangkat
  3. Tunggu sampai bergetar atau perangkat benar-benar mati
  4. Setelah itu, tahan tombol Power sekali lagi sampai logo Samsung muncul

Jika aplikasi membuat handphone mengalami crash dan freezing, maka matikan dengan cara menekan tombol Power dan Volume Down selama kurang lebih tujuh detik. Umumnya, perangkat akan memuat ulang secara otomatis dengan cara ini.

Memuat ulang handphone dapat kamu tempuh sebagai langkah pertama dalam mengatasi aplikasi yang suka berhenti. Dengan melakukannya, perangkat Samsung akan menjadi lebih segar untuk menangani berbagai macam proses yang dibutuhkan oleh aplikasi.

Namun kadang-kadangmemuat ulang handphone saja tidak cukup untuk mengobati permasalahan ini. Jika masih sering kambuh, kamu dapat mencoba menghapus data dan cache aplikasi yang menumpuk.

Bersihkan Data dan Cache Aplikasi

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke menu Apps
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 1
  3. Cari dan pilih aplikasi yang mengalami permasalahan
  4. Klik bagian Storage
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 2
  5. Tekan tombol Clear Data atau Clear Cache sesuai dengan apa yang dibutuhkan
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 3

Agar dapat bekerja dengan lebih baik, aplikasi menyimpan data dan cache ke dalam memori penyimpanan handphone. Namun saat sudah tidak sesuai, berkas-berkas di dalamnya justru dapat menimbulkan masalah, termasuk aplikasi yang berhenti secara tiba-tiba sehingga perlu dibersihkan.

Langkah ini pun dapat ditempuh untuk mengosongkan memori penyimpanan perangkat yang notabene juga dapat menjadi penyebab aplikasi berhenti tiba-tiba saat kapasitasnya sudah penuh.

Kosongkan Ruang Penyimpanan Internal

  • Pindahkan foto, video, musik, hingga dokumen ke penyimpanan lain seperti komputer atau cloud
  • Hapus data-data yang tidak perlu melalui aplikasi pengelola file
  • Pasang memori penyimpanan eksternal berukuran besar (sesuai kemampuan handphone) dan pindahkan data ke dalamnya
  • Ubah penyimpanan default semua aplikasi ke memori penyimpanan eksternal

Saat penyimpanan penuh, aplikasi akan kesulitan untuk mencari data-data yang dibutuhkan sehingga sebagai akibatnya tidak dapat beroperasi secara normal dan bisa-bisa berhenti begitu saja.

Oleh karena itu, kamu sebenarnya perlu membersihkan memori penyimpanan internal secara rutin meskipun aplikasi masih berjalan normal seperti biasa. Beberapa tips di atas mungkin bisa sedikit membantu untuk melakukannya.

Selain menggunakan beberapa tips di atas, kamu dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai untuk membersihkan memori penyimpanan internal perangkat.

Hapus atau Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Terpakai

  1. Buka daftar aplikasi yang terinstal di perangkat
  2. Cari aplikasi yang ingin dihapus
  3. Tekan ikon aplikasi saat sampai menu lainnya muncul
  4. Klik opsi Uninstall atau Disable
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 4

Menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak sering dipakai (terutama dengan layanan di belakang layar) juga dapat menekan pemakaian RAM sehingga beban perangkat akan berkurang dan sistem bisa beroperasi dengan lebih lancar.

Memperbarui aplikasi juga bisa menjadi salah satu solusi untuk permasalahan ini karena kadang-kadang layanan di dalamnya membutuhkan data-data terbaru yang ada dari versi anyar untuk bekerja.

Perbarui Aplikasi

  1. Buka Google Play Store atau Samsung Galaxy Store
  2. Gunakan fitur penelusuran untuk mencari aplikasi
  3. Buka halaman produk aplikasi jika sudah ketemu
  4. Klik Update
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 5

Apabila masih tetap bermasalah, maka selanjutnya kamu dapat mencoba untuk memasang ulang aplikasi terkait. Takutnya, instalasinya ada yang korup sehingga menjadi pemicu permasalahan ini.

Install Ulang Aplikasi

  1. Hapus aplikasi seperti ulasan sebelumnya
  2. Setelah selesai, muat ulang handphone
  3. Kunjungi halaman produk aplikasi di Google Play Store atau Samsung Galaxy Store
  4. Pasang kembali aplikasi tersebut
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 6

Kesalahan sistem akibat beberapa bug yang muncul dari sistem operasi lawas juga dapat menyebabkan sejumlah permasalahan seperti gagalnya aplikasi untuk bekerja secara normal. Untuk menyelesaikan hal ini, pengguna kadang kala hanya perlu memasang pembaruan untuk sistem operasi.

Pasang Pembaruan Sistem Operasi

  1. Akses halaman Settings
  2. Buka menu Software update atau System updates sesuai yang tertera di dalam perangkat
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 7
  3. Ketuk Download and install, Download updates manually, atau Check for system updates
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 8
  4. Pasang sesuai dengan instruksi yang muncul di layar jika ada pembaruan
  5. Tunggu prosesnya selesai

Berbagai macam masalah yang timbul di handphone (termasuk aplikasi yang gagal bekerja atau berhenti) juga sering diakibatkan oleh kesalahan sistem operasi karena rusak, virus, atau malware.

Salah satu cara yang bisa ditempuh jika ini terjadi adalah mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Namun penting diingat, metode tersebut akan menghapus semua hal dari handphone seperti data, aplikasi hingga setelan yang telah dibuat.

Atur ke Setelan Pabrik

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Buka bagian General Management
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 9
  3. Pilih menu Reset
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 10
  4. Klik opsi Factory data reset
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 11
  5. Selanjutnya, cari dan pilih tombol Reset
    Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Samsung - 12

Apabila setelah mencoba beberapa metode di atas permasalahan belum selesai, coba untuk membawa perangkat ke tukang servis terdekat untuk melakukan pengecekan secara lebih lanjut.

Bawa ke Tempat Servis

Berbagai macam metode di atas merupakan cara menyelesaikan permasalahan di sisi peranti lunak. Oleh karena itu, jasa perbaikan bisa mengambil jatah di tahap selanjutnya untuk melihat apakah ada kesalahan komponen keras atau tidak untuk memastikannya.

Untuk berharga-jaga, jangan lupa menyiapkan sejumlah dana ketika membawa perangkat ke jasa perbaikan. Siapa tahu permasalahan hanya dapat terobati dengan mengganti salah satu komponennya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar