Tips dan Trik

Mulai Populer, Ini Cara Menggunakan NFC dan Mengaktivasinya

Gadgetren – NFC atau Near Field Communication merupakan teknologi protokol yang sudah dikembangkan antara era akhir tahun 1990-an hingga 2000-an.

NFC merupakan sebuah protokol yang dapat menghubungkan dua perangkat elektronik yang berada dalam jarak sangat dekat hingga mencapai 4 cm.

Seiring perkembangan zaman, NFC mulai banyak disematkan perusahaan teknologi pada handphone buatannya. Dengan hadirnya NFC, beragam handphone jadi dapat melakukan fungsi menarik mulai dari pengecekan atau pengisian e-money, transfer data, pembayaran digital, transportasi umum, dan masih banyak lagi.

Meskipun handphone sudah dibekali dengan sensor NFC, namun sebagian pengguna masih belum menyadari kalau NFC terkadang harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum bisa digunakan pada aktivitas sehari-hari karena memang belum umum untuk perangkat kelas menengah ke bawah.

Rata-rata NFC sendiri baru disematkan pada handphone atau perangkat mobile kelas atas karena memang menjadi salah satu fitur unggulan. Bahkan perusahaan teknologi saat ini sudah berani menyematkan sensor ini pada handphone kelas menengah untuk memikat lebih banyak orang dalam membeli produknya.

Pada saat pertama kali membeli dan mengatur sistem pada handphone, biasanya NFC sudah diaktifkan secara otomatis oleh produsen. Namun apabila NFC ini belum aktif, maka kamu dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan NFC

  1. Masuk ke homescreen handphone
  2. Selanjutnya, swipe atau sapu layar dari atas ke bawah hingga muncul Quick Menu
  3. Pilih tombol NFC dari jajaran menu yang ditampilkan
  4. Setelah aktif, maka kamu dapat langsung menggunakannya untuk berbagai kebutuhan
  5. Tentunya kamu juga membutuhkan aplikasi atau layanan yang mendukung

Untuk menggunakan NFC, kamu hanya perlu menempelkan perangkat seperti kartu e-money atau lainnya ke bagian belakang handphone kamu. Sebagai contohnya, kamu bisa melakukan transfer data antar handphone melalui protokol NFC seperti di bawah ini.

Transfer Data Lewat NFC

  1. Aktifkan sensor NFC pada kedua handphone
  2. Selanjutnya dekatkan bagian belakang kedua handphone untuk saling berhadapan
  3. Pada perangkat utama, pilih file yang akan dikirimkan
  4. Tekan tombol Share dan pilih Android Beam
  5. Nantinya perangkat kedua akan muncul menu permintaan penerimaan file
  6. Tekan Accept untuk memulai proses dan tunggu hingga selesai
  7. Tunggu proses pengiriman hingga selesai
  8. File akan tersimpan di handphone kedua

Transfer Data Lewat NFC

Sementara untuk e-money, kamu cukup install aplikasi seperti Tokopedia maupun eMoney dan menempelkan kartu di bagian belakang handphone untuk melakukan top-up maupun mengecek saldo seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Hal ini tentunya akan sangat membantu karena kini angkutan umum banyak yang sudah menggunakan kartu e-money untuk transaksi pembayarannya. Bahkan rata-rata Bank besar di Indonesia, seperti Mandiri, BNI, BCA, dan BRI sudah menyediakan kartu e-maoney sendiri yang bisa digunakan untuk berbagai jenis layanan transportaasi.

Tinggalkan Komentar