Tips dan Trik

Cara Membuat Google Form di Handphone Untuk Formulir Soal Atau Lainnya

Cara Membuat Google Form di HP Header

Gadgetren – Google Form merupakan platform buatan Google yang memungkinkan kamu dapat membuat kuisoner atau formulir digital dengan beberapa langkah mudah.

Bahkan Google Form ini dapat digunakan oleh awam sekalipun karena tampilan antarmukanya yang sederhana. Meskipun begitu, pilihan bentuk pertanyaan yang hadir pada platform ini pun sangat lengkap mulai dari pilihan ganda, isian, dropdown, checkbox, tanggal, dan masih banyak lagi.

Semakin mulai populer digunakan dalam dunia pendidikan, sebagian orang ternyata masih bingung mengenai cara membuat Google Form di HP karena biasanya dilakukan melalui laptop atau PC. Bagi kamu yang ingin tahu cara membuatnya, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Google Form di HP

  1. Buka aplikasi Browser (Chrome, Firefox, Safari, Opera, dan lainnya)
  2. Pada halaman Address Bar di browser, ketik https://docs.google.com/forms
  3. Login dengan menggunakan akun Gmail atau Google
  4. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada halaman pembuatan Google Form
  5. Kamu dapat memberikan judul formulir lengkap dengan deskripsi, membuat pertanyaan, dan menentukan jenis pertanyaanCara Membuat Google Form di HP Langkah 1
  6. Setiap satu pertanyaan, kamu dapat mengisi judul pertanyaan, jenis pertanyaan, dan keterangan yang dibutuhkan
  7. Apabila ingin membuat pertanyaan baru, maka pilih tombol Add Question berlambang tanda + di dalam lingkaran yang berada di bagian kiri bawah layar
  8. Tambahkan pertanyaan sebanyak yang kamu inginkan
  9. Setelah pertanyaan selesai dibuat, maka tekan tombol Send berlambang tanda panah ke kananCara Membuat Google Form di HP Langkah 2
  10. Pilih cara apa yang akan digunakan untuk mengirimkan formulir yang sudah jadi kepada orang lain
  11. Kamu bisa menggunakan email, menyebarkan link, atau melakukan embed pada situs atau jejaring sosial
  12. Nantinya penerima cukup membuka link yang telah diberikan dan akan langsung diarahkan kepada formulir tersebut

Sebagai catatan, mengirimkan formulir melalui email terbilang cukup praktis karena kamu dapat mengirimkan ke banyak email sekaligus sehingga bisa mendapatkan link untuk mengisi formulir secara bersamaan.

Mengirimkan formulir dengan menyebarkan link pun bisa dibilang fleksibel karena dapat melalui jejaring sosial, aplikasi chat, SMS, dan masih banyak lagi. Apabila kamu memiliki situs kantor atau pribadi, maka dapat juga menyematkan Google Form dengan menggunakan kode embed yang dapat diambil pada halaman Send Form.

Saat penerima membuka link Google Form, maka akan secara otomatis langsung dihadapkan pada halaman formulir yang telah dibuat. Setelah penerima mengisi dan mengirimkan isi formulir, maka secara otomatis datanya akan tersimpan di Google Sheet.

Nantinya kamu dapat mencetak data-data yang sudah tersimpan dalam format Google Sheet. Selain itu, data tersebut juga bisa diunduh dengan format .xls atau .xlsx agar lebih mudah untuk dibuka di aplikasi pengolah data lain, seperti Microsoft Excel.

Tinggalkan Komentar