Tips dan Trik

iPhone Tercelup Air? Water Eject Bisa Jadi Solusinya!

Water Eject iPhone Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Water eject bisa menjadi solusi saat perangkat iPhone yang kamu gunakan tercelup ke dalam air karena perangkat tahan air pun tidak bisa mengeluarkan air yang masuk secara otomatis.

Mulai dari iPhone 7 ke generasi iPhone yang lebih baru, Apple memang telah menggunakan fitur tahan air seperti IP67 dan IP68 sebagai bentuk perlindungan tambahan pada lini perangkat buatannya itu.

Meski bisa mengantisipasi kerusakan komponen yang diakibatkan oleh zat cair, fitur ini sayangnya tidak bisa membantu pengguna mengeluarkan percikan-percikan sisa air yang masuk ke dalam sela-sela lubang speaker.

Sebagai akibatnya, pengguna tidak bisa secara langsung memutar musik atau berkas suara lain dengan sempurna setelah iPhone tercelup air. Suara yang dihasilkan oleh speaker-nya akan sedikit teredam.

Bersama iOS 12, Apple untungnya meluncurkan sebuah aplikasi bernama Shortcut yang bisa digunakan untuk membuat pintasan-pintasan perintah untuk tugas-tugas sederhana hingga kompleks agar dijalankan oleh iPhone.

Dengan fitur berbagi yang ada di aplikasi tersebut, kamu bisa menggunakan sebuah pintasan perintah bernama Water Eject yang dibuat oleh pengguna RoutineHub bernama Josh0678 untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam lubang speaker.

Pintasan ini secara sederhana bekerja dengan memberikan perintah kepada iPhone untuk memainkan nada tertentu selama sekitar sepuluh detik, menggetarkan air di dalam speaker sehingga keluar dari perangkat.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus menggunakan iOS 12 ke atas dengan aplikasi Shortcut yang sudah terpasang. Apabila hal tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa mengunjungi halaman konfigurasi pintasan Water Eject melalui perangkat itu.

Dari halaman yang sudah terbuka di aplikasi Shortcut, kemudian tekan tombol Get Shortcut. Apabila sudah selesai, buka bagian Library kemudian cari dan pilih pintasan dengan judul Water Eject. Jika kamu sudah terlalu banyak, pintasan baru biasanya akan muncul di bagian paling bawah daftar.

Kamu pun bisa membuat akses ke pintasan Water Eject secara lebih cepat dengan menambahkannya ke Siri. Dalam hal ini, kamu bisa menekan tombol menu lain (ikon titik tiga) atau melakukan force-press di bagian pintasan Water Eject.

Apabila halaman menu lain untuk Water Eject sudah terbuka, kamu bisa mengetuk ikon pengaturan yang terletak di pojok kanan atas halaman (di bawah tombol Done) lalu memilih opsi Add to Siri.

Selanjutnya, kamu harus menekan tombol rekam lalu mengucapkan frasa yang akan digunakan untuk mengaktifkan Water Eject atau menekan Type Phrase lalu menuliskan frasa tersebut. Jangan lupa untuk mengakhirnya dengan menekan tombol Done.

Sebagai alternatif lain, kamu pun bisa menambahkan pintasan Water Eject ke halaman Home Screen dengan menekan tombol Add to Home Screen yang terdapat di halaman pengaturan Water Eject (halaman yang sama dengan opsi Add to Siri).

Untuk langkah-langkah selanjutnya, kamu bisa menambahkan pintasan Watter Eject selayaknya menambahkan pintasan situs web ke halaman Home Screen dari aplikasi Safari.

Selain menggunakan pintasan ini, kamu pun bisa memanfaatkan pintasan serupa dari pengguna lain atau menggunakan aplikasi seperti Sonic buatan Von Bruno untuk mengeluarkan air dari lubang speaker.

Tinggalkan Komentar