Tips dan Trik

Cara Mudah Cek Informasi COVID-19 Lewat WhatsApp Biar Lebih Terjamin

Cek Infromasi COVID-19 WhatsApp Header

Gadgetren – Informasi terpercaya sangat dibutuhkan di tengah mewabahnya COVID-19 saat ini. Beberapa lembaga terkait untungnya sudah menyiapkan bot di layanan WhatsApp untuk mengantisipasinya.

Tidak bisa dipungkiri, mewabahnya COVID-19 membuat sebagian orang menjadi panik. Hal ini pun dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan pribadi dengan menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Karena hal ini, kita tak hanya perlu menjaga kebersihan dan menaati beberapa himbauan dari pemerintah saja melainkan juga harus bertarung dengan berita-berita bohong dalam menghadapi wabah COVID-19.

Adapun salah satu metode yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membatasi sumber informasi dengan hanya membaca informasi-informasi yang berasal dari lembaga atau organisasi resmi.

Apalagi dalam hal ini, mengakses informasi dari lembaga dan organisasi kini sangat mudah dilakukan. Kamu bahkan bisa melakukannya hanya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp sekalipun.

Bagi kamu yang belum tahu, Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, WhatsApp, dan Telkom Group belum lama ini telah meluncurkan layanan chatbot khusus yang menyediakan informasi terpercaya mengenai COVID-19.

Chatbot yang diberi nama covid19.go.id tersebut mengemas berbagai macam informasi yang berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ke dalam percakapan interaktif.

Kamu bisa mengakses layanan resmi dari pemerintah ini dengan mengirim pesan ke nomor 0811133399000. Pesan yang dikirim bisa berisi sapaan seperti halo, selamat pagi, selamat malam, dan lain sebagainya.

Cek Infromasi COVID-19 WhatsApp

Selaku lembaga kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) pun juga menyediakan layanan chatbot WhatsApp khusus COVID-19. Layanan bisa diakses dengan mengirimkan pesan berisi kata Hai ke +41798931892.

Hampir sama dengan covid19.go.id, layanan chatbot WHO ini juga menyediakan informasi terpercaya mengenai COVID-19. Hanya saja perlu diketahui, layanan chatbot ini masih tersedia dalam bahasa Inggris.

Selain kedua layanan chatbot tersebut, kamu juga bisa mendapatkan informasi terpercaya mengenai COVID-19 melalui chatbot U-Report Indonesia yang diluncurkan oleh lembaga UNICEF Indonesia.

Cara untuk mengaksesnya pun kurang lebih sama dengan kedua layanan sebelumnya, dimana kamu hanya perlu mengirimkan pesan berisi kata Corona ke nomor 08119004567 melalui aplikasi WhatsApp.

Dengan menggunakan ketiga layanan chatbot di atas, kita bisa sedikit terhindar dari banyaknya informasi yang salah. Namun perlu digaris bawahi, ketiga layanan tidak serta merta bisa memecah arus berita bohong yang semakin banyak.

Untuk itu kamu perlu menyaring informasi yang didapat, mengecek ulang kebenarannya, dan menyetop arus informasi tersebut dengan tidak membagikannya ke orang lain jika tidak bisa menemukan kebenarannya.

Tinggalkan Komentar